Lompat ke konten

Menikah Tanpa Resepsi?? Yuk Baca Dulu Artikel Ini

Apakah mungkin melakukan pernikahan tanpa resepsi? Pertanyaan ini mungkin pernah melintas di benak Anda. Jawabannya tentu saja mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, apalagi disaat masa pandemi seperti ini, semuanya pasti bisa terjadi. Anda pun pasti bisa memiliki konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi namun tetap indah dan berkesan. Asalkan dipersiapkan dengan baik, konsep pernikahan seperti apapun pasti bisa diwujudkan, atau kalian juga bisa memilih paket akad nikah Surabaya dari berkah group yang lengkap dengan jasa cateringnya.

Pernikahan adalah sebuah momen penting dalam hidup seseorang. Namun, tidak semua orang berharap pernikahannya diselenggarakan secara mewah dengan pesta besar-besaran. Ada sebagian orang yang berharap pesta pernikahannya berlangsung sederhana bahkan tanpa pesta resepsi. Tapi sebelumnya kalian perlu mengetahui dan mempertimbangkan 4 hal dibawah ini sebelum kalian memutuskan menikah tanpa resepsi.

  1. Menjadi bahan pembicaraan orang 
    Di Indonesia, resepsi menjadi suatu hal yang biasa ditemui di setiap acara pernikahan. Saat kamu melangsungkan pernikahan tanpa resepsi, orang-orang akan bertanya-tanya kenapa pernikahanmu tak seperti orang biasanya.  Karena itulah, kamu harus mempersiapkan diri untuk menjadi bahan pembicaraan orang.
  2. Tidak bisa mengundang banyak orang
    Karena tidak menyelenggarakan resepsi, pernikahanmu hanya akan dihadiri orang-orang terdekatmu seperti keluarga, dan juga sahabat dekat. Hal ini juga akan membuat teman-temanmu yang tidak diundang merasa sedih dan kecewa.
  3. Menghemat biaya pernikahan 
    Tanpa adanya resepsi, biaya pernikahanmu akan lebih hemat. Kamu tidak perlu memesan makanan, minuman, atau cendera mata untuk banyak tamu.  Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung, karena pernikahan bisa digelar di rumah.
  4. Acara pernikahan lebih intim 
    Karena tamu undangan yang hadir sedikit dan merupakan anggota keluarga yang dekat denganmu, acara pernikahan akan menjadi lebih intim. ‚Äč

Menyusun Konsep Sederhana Pernikahan Tanpa Resepsi

Menikah tanpa melangsungkan pesta resepsi sangat mungkin untuk dilakukan ketika kalian memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal diatas, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyusun konsep pernikahan tanpa resepsi. Berikut adalah beberapa inspirasi konsep pernikahan sederhana yang dilangsungkan tanpa resepsi:

Hanya Akad Nikah

Anda tak perlu menyelenggarakan pesta resepsi, cukup dengan melakukan akad nikah. Banyak pasangan yang memutuskan untuk melakukan akad nikah saja. Bahkan ada juga yang memilih melakukan akad nikah di KUA tanpa perlu menyediakan lokasi dan dekorasi.

Jika Anda tetap ingin menikah dengan dokumentasi yang indah, Anda bisa melangsungkan akad nikah di lokasi tertentu. Siapkan dekorasi yang indah untuk venue akad nikah Anda. Anda bisa mengundang beberapa tamu untuk menyaksikan akad nikah dan berfoto bersama Anda.

Makan Malam Keluarga

Acara resepsi bisa diganti dengan makan malam keluarga yang hangat dan sederhana. Daripada menggelar pesta resepsi yang mewah dan melelahkan, lebih baik mengadakan acara makan malam bersama keluarga dekat. Pilih restoran dengan suasana yang nyaman agar acara makan malam bisa semakin berkesan.

Tak perlu mengundang banyak orang, cukup mengundang anggota keluarga dan teman terdekat. Biaya yang dikeluarkan untuk makan malam keluarga juga tentunya akan lebih hemat dibanding menggelar pesta resepsi. Selain sebagai bentuk syukuran karena sudah menikah, acara makan malam ini juga bisa menambah kedekatan antar anggota keluarga.

Acara Teman

Banyak pasangan memilih tidak mengadakan resepsi dan mengadakan acara teman. Disebut acara teman karena acara ini hanya mengundang teman-teman kedua pengantin. Acara teman biasanya diadakan di tempat biasa yang sekiranya nyaman dan suasananya seperti acara kumpul-kumpul biasa.

Acara teman diadakan untuk memberi tahu kepada teman-teman Anda bahwa Anda sudah menikah. Saat acara teman ini Anda bisa seru-seruan dengan teman-teman. Karena cenderung santai, maka Anda dan pasangan bisa mengenakan pakaian santai begitu juga dengan teman-teman yang datang.

Membagikan Bingkisan ke Tetangga

Banyak orang menyelenggarakan resepsi pernikahan karena merasa gengsi. Biasanya ada rasa tidak enak pada tetangga atau teman jika tidak melangsungkan pesta resepsi pernikahan. Tenang, untuk menghindari rasa tidak nyaman ini Anda bisa mengirimkan bingkisan kepada tetangga-tetangga Anda.

Kirimkan bingkisan makanan atau kue kepada para tetangga. Jangan lupa sertakan juga selembar kertas atau kartu yang berisi informasi bahwa Anda dan pasangan telah menikah. Tuliskan ucapan permohonan maaf karena tidak mengadakan pesta resepsi apapun.

Ganti dengan Pengajian

Ganti acara resepsi pernikahan menjadi acara yang lebih sederhana. Anda bisa mengganti acara resepsi menjadi acara pengajian di rumah. Acara ini bisa dianggap sebagai acara syukuran setelah menikah. Itulah tadi beberapa pilihan konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi yang bisa Anda jadikan referensi. 


Menikah tanpa resepsi bukanlah sebuah masalah besar. Anda tetap tidak akan kehilangan momen berharga pernikahan Anda meskipun tidak menggelar resepsi. Mencoret acara resepsi juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran untuk menikah sehingga bisa ditabung untuk kebutuhan yang lain. Gimana?? sudah terbayang konsep menikah tanpa resepsi ?? jika kalian belum siap, kalian bisa memilih paket pernikahan Surabaya lengkap dengan catering dan gedungnya nih, supaya ga bikin kalian bimbang menikah lagi.. yuuk wujudkan konsep pernikahan impianmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *