Lompat ke konten

Mengenal Tarian untuk Pesta Pernikahan

Tarian pernikahan atau wedding dance hanya dilakukan dengan mempelai wanita dan pria berdansa dilanjutkan dengan masing-masing mempelai berdansa dengan orang tua masing-masing pula. Mempelai wanita dengan sang ayah dan mempelai pria dengan sang ibu. Tarian tersebut menjadi simbol perjalanan baru kedua mempelai akan segera dimulai.

Mungkin, bagi Anda yang melakukan pernikahan internasional, tarian tersebut masih dilakukan hingga saat ini. Namun kini, ragam wedding dance sudah sangat banyak dan pengantin sudah mulai bebas ingin melakukan hal apapun di pernikahan mereka termasuk dengan menari. Saat ini, wedding dance lebih massive, yakni menari yang tidak hanya dilakukan oleh kedua mempelai tapi juga bisa dilakukan beramai-ramai dengan semua tamu undangan. Bahkan tak jarang calon pengantin menyewa dancer profesional untuk membuat pernikahan mereka lebih unik dan seru. Anda sebagai mempelai juga bisa menari dengan berbagai macam tarian mulai dari menari KPop bersama bridesmaid dan groomsmen hingga menari zumba dengan mengajak seluruh tamu undangan hingga tarian yaang bernuansa adat sekalipun.

Perkembangan wedding dance sekarang ini tidak hanya dilakukan oleh pegantin internasional saja. Banyak juga pengantin yang melakukan pernikahan dengan adat tradisional menyelipkan tarian-tarian unik ini di pernikahan mereka. Jangan salah, mereka semua melakukan tarian tersebut masih mengenakan gaun atau baju adat tradisional masing-masing.

Untuk melakukan atraksi ini, Anda membutuhkan musik yang bisa mendukung demi memeriahkan acara pesta pernikahan Anda. Karena tarian yang dilakukan juga tidak sekadar berdansa romantis, Anda bisa memilih lagu-lagi dengan beat musik yang lebih cepat. Pilihlah musik yang kekinian atau musik yang sering diputar di radio-radio saat ini.

Dalam pemilihan lagu pengiring tarian, Anda juga tidak bisa sembarangan memilih lagu atau musik karena tidak semua musik dengan beat cepat bisa Anda jadikan musik pengiring tarian. Pilih juga lagu yang memiliki makna tertentu agar tarian bisa menjadi penggambaran cinta Anda ke pasangan. Selain itu, musik yang dipilih harus sesuai dan cocok dengan pengantin wanita dan prianya.

Lagu atau musik jadul sebenarnya masih sangat bisa Anda jadikan sebagai musik pengiring tarian. Apalagi musik tersebut cocok dan Anda sangat menyukainya. Hanya saja, perlu membuat tariannya menjadi tarian yang kekinian saja.

Tahukah kamu meskipun tarian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian tradisi pernikahan namun tidak semua tarian tradisional bisa ditarikan pada sebuah pesta pernikahan loh? Hanya tarian tertentu saja yang bisa.

  • Tari Pagar Pengantin
    Para pengantin yang mengusung adat Palembang, bersiaplah untuk belajar terlebih dahulu. Salah satu tradisi yang wajib dilakukan mempelai wanita Palembang adalah menari.
    Tarian ini cukup sakral dan momentual bagi mempelai, karena sebagai simbol kedewasaan seorang dara yang siap melepas masa lajang menuju ke jenjang perkawinan. Selain menggelar Tari Pagar  Pengantin, sebagai hiburan juga disajikan
  • Tari Gending Sriwijaya.
    Tari Saronde Gorontalo memiliki tari khas untuk menyambut tamu-tamu kehormatan. Ada Tari Saronde, Tisi Daa, Tari Bunga, Tari Polopali, Tari Danadana, Zamrah dan masih banyak lagi.
  • Tari Burung Merak
    Tarian ini dipertunjukkan saat resepsi pernikahan Sunda untuk menyambut kehadiran pasangan berjalan menuju pelaminan. Selain tarian ini, pernikahan adat Sunda biasanya diiring juga dengan alat musik kecapi dan suling.
  • Tari Gambyong
    Dalam paket pernikahan Jakarta adat Jawa, suguhan tarian-tarian di depan panggung pelaminan telah menjadi tradisi budaya yang berlangsung berabad-abad silam khususnya dalam pernikahan kerajaan atau keraton. 
    Tari Gambyong dan tari Karosih merupakan dua jenis tari Jawa yang lazim disuguhkan dalam resepsi pernikahan pengantin Jawa.


Selain menambah keseruan, menari di penikahan ini juga membuat pernikahan Anda semakin hangat karena setiap orang bisa membaur dan menari bersama. Selain mendapatkan keseruan, hal ini juga akan menjadi salah satu momen yang tidak akan bisa Anda lupakan.  Untuk melancarkan keseruan ini dalam pernikahan anda, jangan salah pilih vendor tentunya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *