Lompat ke konten

Hal Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Dekorasi Pernikahan

Wedding atau pernikahan merupakan hal sakral mungkin menjadi pengalaman sekali seumur hidup bagi seseorang. Peristiwa Wedding atau pernikahan  ini adalah peristiwa yang tidak akan terlupakan sampai kapan pun dan setiap orang ingin agar pesta Wedding atau pernikahan nya kelihatan sangat menarik.

Salah satu hal yang paling penting dalam Wedding atau pernikahan selain memilih katering pernikahan Surabaya adalah memilih dekorasi yang tepat bagi kedua insan yang akan mengarungi bahtera baru kehidupan. Setiap pasangan pun menginginkan hal yang berbeda dengan konsep Dekorasi Wedding atau Pernikahan yang unik dan berkesan. Hampir semua calon pasangan pengantin ingin memperlihatkan yang terbaik dan berbeda dalam memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan.Y a, memilih dekorasi yang tepat bisa menciptakan suasana yang sakral juga hikmat.

Nah berikut tips memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan supaya pesta pernikahan Anda akan berkesan di tahun 2021 ini:

Pilihlah Tema Pernikahan Anda

Yang paling pertama dan utama iyalah sebelum melakukan tahap apapun sebaiknya tentukan terlebih dahulu tema memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan yang Anda inginkan, khususnya memilih dekorasi pelaminan. Apakah Anda mau dekorasi pernikahan yang bersifat tradisional, Internasional ataupun perpaduan keduanya. Warna tema dominan pun patut untuk diperhatikan dan diputuskan sebelum menemui jasa dekor agar memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan terasa lebih sempurna. Jangan lupa untuk memberi tahu warna pakaian pengantin agar serasi dengan pelaminan.

Pesta Pernikahan Outdoor Atau Indoor?

Putuskan apakah pesta Wedding atau pernikahan akan digelar di outdoor atau indoor. Apabila Anda memilih Wedding atau pernikahan  indoor maka perhatikan tinggi langit-langit ruangan supaya bisa dicocokkan dengan dekorasi pelaminan di dalam acara Wedding atau pernikahan anda. Anda yang memilih pesta resepsi Wedding atau pernikahan  outdoor harus menyiapkan segala sesuatu hal yang bisa mengantisipasi cuaca yang bisa saja berubah seperti tenda. Lakukanlah survei lokasi tempat acara Wedding atau pernikahan  agar Anda bisa menyesuaikan tema dekorasi Anda dengan venue outdoor.

Memilih Dekorator Yang Tepat

Selesai Anda menentukan tema pernikahan dan tempat, Anda bisa memilih decorator untuk Wedding atau pernikahan yang tepat bagi Anda yang sesuai dengan budget Anda juga. Anda bisa berdiskusi dengannya tentang memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahann untuk bagian pelaminan, tempat makan, standing flower dan sebagainya.

Bunga Segar Atau Bunga Tiruan

Tergantung pada budget Wedding atau pernikahan  Anda. Jika Anda memiliki budget Wedding atau pernikahan  yang cukup, Anda bisa membeli bunga segar bahkan bunga import yang kualitasnya lebih bagus untuk Wedding atau pernikahan anda. Namun, untuk menghemat sedikit sebaiknya jangan membeli bunga segar ketika hari natal, hari ibu atau valentine‚Äôs day. Namun, jika Anda ingin yang murah, Anda bisa memilih bunga tiruan saja. Hal ini akan memangkas anggaran Wedding atau pernikahan Anda sampai dengan 35%.

Lihat Sketsa Dekorasi

Supaya impian Anda terwujud dalam hal memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan yang bisa diaplikasikan dengan benar, sebaiknya Anda meminta dan melihat sketsa dekorasi kepada dekorator  Wedding atau pernikahan yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda akan tahu berapa banyak meja dan kursi yang dibutuhkan, pergola, karpet merah dan yang lainnya yang dibutuhkan dalam Wedding atau pernikahan. Anda pun bisa mengira-ngira seperti apa pesta Wedding atau pernikahan Anda nantinya. Dengan sketsa tersebut juga bisa menjadi bukti kalau-kalau pada hari H, Dekorasi Wedding atau Pernikahan yang telah disepakati tidak sesuai.

Begitulah tips memilih Dekorasi Wedding atau Pernikahan yang telah kami jelaskan secara rinci. Sekarang tinggal Anda dan pasangan yang menentukan. Sesederhana apa pun sebuah acara pernikahan, pasti selalu ada dekorasi. Dekorasi memang tidak bisa dipisahkan dan memegang peran yang penting untuk membangun suasana. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui tips dekorasi pernikahan untuk menambah pengetahuan dasar saat bertemu dengan vendor.

Dekorasi yang tepat bisa mengubah gedung sederhana menjadi sangat indah. Anda tidak perlu mendekor semua celah dan ceruk agar terlihat berkesan. Fokus saja pada elemen-elemen dasar dekorasi pernikahan, seperti di bawah ini:

  • Pintu masuk
    Terdapat beberapa alternatif menghias pintu masuk, tergantung dari tempat acara. Jika Anda menikah di gedung pernikahan, maka Anda bisa menggunakan pintu gedung pernikahan, membuat gapura atau gerbang kecil, atau hanya meletakkan dua vas bunga di sisi kiri dan kanan. Anda bisa hias dengan bunga, pita, karangan bunga, atau elemen lainnya. Pastikan agar tidak terlihat datar.
  • Jalan setapak menuju pelaminan
    Saat Anda dan pasangan berjalan menuju ke pelaminan, Anda akan melewati jalan setapak (aisle). Jalan setapak yang paling sering ditemukan adalah karpet merah bertabur bunga. Potongan kayu juga bisa jadi dekorasi yang cantik jika Anda menikah di kebun. Pastikan jalan setapak tersebut tidak kosong.
  • Pelaminan
    Pelaminan menjadi titik pusat di setiap resepsi pernikahan. Banyak para ahli dekor yang menyarankan untuk meluangkan dana dengan porsi yang lebih besar untuk pelaminan. Pelaminan akan menjadi fokus utama dari acara dan menjadi latar belakang dari setiap foto, oleh karena itu harus dibuat secantik mungkin.
  • Tempat makan VIP
    Jika Anda mengadakan pesta makan sambil duduk, maka hiasan di tengah-tengah meja adalah sebuah kewajiban. Bahkan jika Anda membuat pesta jamuan sambil berdiri (standing party), hiasan di tengah meja diperlukan untuk tamu VIP dan meja makan keluarga. 
  • Pencahayaan
    Pencahayaan masuk ke dalam tips dekorasi pernikahan yang tidak boleh dilupakan. Pencahayaan yang baik dapat memperkuat suasana dan membuat tempat dan dekorasi terlihat lebih hidup.  Meski Anda mengadakan acara di luar ruangan, pencahayaan tetap diperlukan, terutama jika dilakukan di malam hari. Jangan lupa untuk menghitung area yang membutuhkan lampu tambahan, karena ini akan memengaruhi anggaran Anda. Konsultasikan peralatan lampu yang dibutuhkan kepada ahlinya.
  • Photo booth
    Momen acara pernikahan biasanya jadi ajang teman-teman atau keluarga berkumpul. Mereka pasti tidak ingin melewatkan momen kebersamaan ini dengan berfoto. Anda bisa tim dekorasi untuk membuat photo booth di dekat pintu kedatangan. Sediakan fotografer dengan kamera polaroid atau printer sehingga foto bisa dicetak saat itu juga.
  • Dekorasi katering
    Tips terakhir dekorasi pernikahan juga termasuk pada peletakkan katering dan ornamen dari katering pernikahan , seperti seperti kombinasi antara meja panjang, bulat, dan kotak. Ini juga harus dipikirkan agar meja tidak memenuhi ruangan, terlihat serasi, serta tamu dapat berjalan dengan lancar.

Itulah ulasan lengkap bagaimana cara memilih dekorasi untuk pesta pernikahan. Jika Anda tidak mau ribet atau tidak salah pilh, kalian bisa menggunakan paket pernikahan Surabaya dari Berkah Group, karena selain lengkap dan murah berkah group memiliki banyak pilihan dekorasi pernikahan dari mulai yang sederhana, kekinian hingga yang paling mewah untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *