Lompat ke konten

Virtual Wedding – Akad dan Resepsi Pernikahan Online

Resepsi pernikahan memanglah bagian dari suatu pernikahan, tidak lengkap rasanya jika kita melangsungkan pernikahan tanpa adnya perayaan atau resepsi pernikahan. Akan tetapi sayangnya ditengah pandemi covid 19 ini memang melangsungkan resepsi pernikahan tidak bisa dilangsungkan, dikarenakan adanya pembatasan sosial dalam pengumpulan massa yang berlangsung pada resepsi pernikahan. Akibanynya banyak vendor-vendor pernikahan saat ini yang mati suri tidak beraktifitas lebih dari 3 bulan lamanya .

Berkah Group salah satu vendor pernikahan dan catering di Surabaya juga ikut merasakan dampaknya akibat pandemi covid-19 ini. Banyak calon pengantin yang sudah merencanakan pernikahannya di tahun ini juga terpaksa memundurkan acaranya hingga waktu yang belum bisa di pastikan. Oleh karena atas dasar itulah, berkah group bekerjasama dengan para vendor-vendor relasi di Surabaya menyelenggarakan konsep baru yakni virtual wedding di Surabaya, dengan konsep akad dan resepsinya. Konsep akad + resepsi pernikahan virtual ini memanglah yang pertama kali di Indonesia. Sebelumnya konsep virtual wedding yang di langsungkan adalah konsep akad virtual.

Telah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang simulasi virtual wedding di Indonesia ditengah pandemi covid-19 ini. Dengan memanfaatkan platform aplikasi video conference yang populer di dunia yakni zoom cloud meeting, berkah group mencoba membuat konsep akad dan resepsi digital dengan melakukan video conference dengan para tamu undangan . Dengan dukungan lisensi zoom pro yang mampu menampung hingga 1000 participant untuk video conference membuat pihak manten dapat bertatap muka secara langsung dengan para tamu undangan via digital.

Adapun konsep resepsi yang ditampilkan tidak jauh berbeda dengan resepsi pada umumnya, dimana prosesi pernikahan akan tetap dilakukan seperti biasa dan di liput secara langsung oleh tim video yang akan disiarkan secara live melalui aplikasi zoon tersebut. Tentunya dalam hal ini pihak tim akan bertindak sebagai hosting yang akan menampilkan siaran dari prosesi resepsi tersebut. Dalam prosesi ini juga ditampilkan vendor vendor pernikahan yang terkait dengan acara resepsi seperti mc, band, dan pihak wedding organizer. Prosesi virtual ini juga akan disiarkan langsung pada platform instagram dan facebook customer jika mereka menginginkannya. Nah, penasaran seperti apa prosesi virtual wedding hasil kerjasama berkah group (PT. Berkah Catering Nusantara) bekerjasaama dengan para vendor-vendor pernikahan di Surabaya ?? simak liputannya berikut.

Konsep Pernikahan Virtual Pertama di Surabaya

Dalam menjalankan simulasi virtual wedding ini berkah group bekerja tidak sendirian, melalui unit bisnisnya yakni berkah catering dan berkah enterprise kami merangkul beberapa vendor pernikahan terkemuka di Surabaya seperti MUA & Gown : Rani Agus & Miss Deny , Venue : Barn Event Hire Surabaya, Foto & Video : Caldera Cinematic & Mojave Cinemedia . Acara pernikahan virtual ini sendiri berlangsung di salah satu venur pernikahan yang sedang kekinian di Surabaya yakni di Barn Event Hire – Bukit Golf Surabaya. Nah kalian penasaran kan dengan dekorasi nya?? cek dokumentasi berikut ini

Dengan konsep dekorasi yang modern minimalis tapi tetap elegant membuat persiapan acara simulasi pernikahan virtual ini semakin marak. Nah, kemudian kami mengawalinya dengan konsep akad secara virtual . Dengan tetap mengedepankan protokol-protokol kesehatan tentunya prosesi akad virtual ini berlangsung seperti akad pada umumnya. Adapun protokol kesehatan yang kami lakukan adalah, memkai masker, faceshield, sedia hand sanitizer dan juga semprotan desinfectan.  Prosesi akad ini juga disiarakan secara live melalui platform zoom cloud meeting dan juga instagram dari kami. Para pihak keluatga dan tamu undangan vip juga bisa menyaksikan melalui big screen yang kami sediakan di acara. Tentunya pembatasan untuk tamu yang hadir juga kita lakukan dimana total vendor dan pihak keluatga yang hadir dalam simulasi ini tidak lebih dari 50 orang, dan juga kami memfasilitasi dengan masker serta hand sanitizer

Kemudian setelah prosesi akad selesai, lanjut dengan prosesi resepsi, dimana saat resepsi berlangsung juga di siarkan secara langsung melalui platform zoom, instagram dan juga big screen. Tamu undangan yang tergabung melalui participant zoom juga bisa melihat prosesi tersebut secara langsung. Tidak hanya itu saja, kami juga menyediakan frame saat peliputan, dimana dalam frame tersebut tercantum mempelai yang menikah, dan juga akun rekening jika tamu undangan ingin transfer angpau ke pengantin. Nah bagaimana kilasan liputannya kalian bisa lihat di dokumentasi berikut ini

Nah itu dia kilasan liputan tentang pernikahan virtual yang kami lakukan hari ini, tentu saja dokumentasi diatas bukanlah dokumentasi hasil jepretan dari tim dokumentasi kami, melainkan dari kamera ponsel dari tim berkah group sendiri. Nah bagaimana soal cateringnya?? dalam hal ini berkah group melalui unit bisnisnya yakni berkah catering membuat menu dan kemasan khusus yang berupa hampers yang akan di kirimkan ke tamu undangan nantinya.

Nasi Kotak Hampers Virtual Wedding Surabaya

Nah jika kalian lihat pada gambar diatas merupakan contoh konsumsi dalam virtual wedding ini, yang nantinya konsumsi akan kami kirimkan bersama dengan souvenir dan dikemas dalam paperbag cantik dan akan dikirimkan kepada masing-masing tamu undangan via kurir. Tentunya dalam prosesi pernikahan virtual ini kami menghilangkan konsep catering prasmanan yang bisa menimbulkan resiko saat covid ini. Konsep gubukan juga kita ganti dengan sistem take away, dimana gubukan kita hanya sediakan untuk pihak keluatga dan tamu vip yang datang ke acara.

Sistem sosial distancing juga kami terapkan ketika tamu yang datang ke acara tersebut ingin mengambil makanan gubukan atau pun paperbag yang berisi nasi kotak dan souvenier tersebut. Sebagai salah satu vendor nasi kotak di Surabaya berkah catering tentunya juga sudah sangat berpengalaman dalam membuat ratusan bahkan ribuan konsumsi nasi kotak selama ini. Nah bagaimana legkapnya dokumentasi tentang caatering nasi kotak virtual wedding ini?? ini dia.

Itulah contoh menu dan kemasan dalam virtual wedding dari kami, tentunya nantinya tetap dilengkapi dengan minuman dan makanan ringan seperti roti kemasan atau salad buah. Kemudian konsumsi nasi kotak tersebut akan dikemas bersamaan dengna souvenir dalam satu paper bag dan akan dikirimkan ke alamat tamu undangan masing-masing via kurir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *