Lompat ke konten

Varias Menu Catering Pernikahan yang Ramah Budget

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting bagi setiap calon pengantin. Setelah berhasil menghadirkan dekorasi pernikahan impian, memukau dengan penampilan yang menawan, tentunya di momen bahagia tersebut kamu dan pasangan pasti juga ingin menyuguhkan hidangan terbaik untuk para tamu undangan, bukan? Sajian santapan lezat ini akan menyempurnakan keseluruhan pesta pernikahan. Gak jarang malah makanan pernikahan menjadi hal yang paling diingat oleh para tamu undangan. 

Iya, sepenting itu memilih hidangan yang tepat untuk momen pernikahan! Karena tak mau repot, kebanyakan sih calon pengantin langsung memesan kepada vendor catering pernikahan di surabaya , meskipun tak jarang juga ada pasangan yang memutuskan untuk memasak sendiri makanan untuk pernikahannya. Berbagai macam faktor bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain budget dan waktu yang tersedia. Tentu masing-masing pilihan tersebut ada plus dan minusnya.  ‚Äč

Ketika mengadakan sebuah pesta pernikahan, calon pengantin tidak hanya mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk diri mereka dan keluarga, tetapi juga segala sesuatu yang akan diberikan kepada tamu undangan. Salah satu diantaranya adalah menyiapkan menu prasmanan yang nikmat untuk menjadi santapan para tamu undangan. Prasmanan sendiri adalah deretan menu makanan yang disajikan kepada para tamu undangan di pesta pernikahan. Tujuan dibuatnya prasmanan adalah menghormati para tamu serta agar meninggalkan kesan yang baik. 

Ada banyak menu prasmanan yang bisa kamu pilih untuk pesta pernikahan. Mulai dari menu olahan daging-dagingan, sayuran hingga campuran diantara keduanya. Dari bahan-bahan tersebut, kamu bisa membuat berbagai variasi menu yang lezat untuk dihidangkan. Tentunya, menu makanan yang kamu siapkan harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika budget pernikahanmu terbatas, namun ingin menyiapkan menu prasmanan sederhana dengan tampilan yang mewah, bisa simak rekomendasi di bawah ini :

Menu Karbohidrat

Mie Goreng

Rekomendasi menu prasmanan yang pertama adalah mie goreng. Bagi sebagian besar orang, pasti sudah tidak asing dengan menu ini, harganya yang terjangkau dan rasanya yang cocok untuk dipadukan dengan lauk pauk lain membuat mie goreng menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan salah satu menu prasmanan.

Selain itu, mie goreng juga sudah terkenal di berbagai kalangan sehingga kamu tidak perlu khawatir para tamu tidak akan menyukainya. Di sisi lain, walaupun mie goreng terkesan sederhana untuk disajikan di pesta pernikahan, namun jika disajikan dengan rasa yang enak dan ditambah dengan berbagai topping seperti ayam, udang, bakso ataupun hati maka dijamin tampilannya berubah menjadi mewah.

Nasi Goreng

Siapa yang tidak familiar dengan menu satu ini? nasi goreng merupakan alternatif karbohidrat untuk menggantikan nasi biasa. Sesuai namanya, nasi goreng memang diolah dengan cara digoreng. Namun jangan kamu kira, nasi tersebut hanya digoreng biasa tanpa ditambahi bumbu ataupun pelengkap tertentu di dalamnya.

Untuk menciptakan nasi goreng dengan rasa yang lezat, para pembuat nasi goreng biasanya akan menambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, sambal, penyedap rasa serta tidak lupa tambahan kecap di atasnya. Agar lebih nikmat, orang-orang akan menambahkan potongan bakso, daun bawang, ayam, telur dan udang. Dengan menyajikan nasi goreng di menu prasmanan, para tamu yang bosan dengan nasi putih  tidak perlu pusing-pusing lagi dan bisa langsung memilih nasi goreng sebagai sumber karbohidrat.

Menu Lauk Pauk

Ayam Goreng Lengkuas

Rekomendasi menu pertama yang harus ada dalam pesta pernikahanmu adalah ayam goreng lengkuas. Walaupun berbagai olahan ayam goreng banyak disajikan di berbagai pesta pernikahan, namun menu yang satu ini tak pernah peminatnya. Alasannya karena ayam goreng lengkuas cocok disandingkan dengan menu apapun. Rasanya yang gurih juga menjadi alasan lain mengapa makanan satu ini diminati oleh banyak orang. Di sisi lain, ayam goreng lengkuas cenderung mudah dibuat sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam proses memasaknya. Masakan olahan ayam yang satu ini juga termasuk menu catering malang ramah budget loh.

Ikan Asam Manis

Ikan asam manis merupakan salah satu makanan khas Chinese yang sering dijadikan sebagai menu prasmanan. Ikan asam manis berbeda dengan olahan ikan goreng pada umumnya. Pada awalnya ikan asam manis memang diolah dengan cara digoreng tepung, namun setelah itu ikan tersebut disiram dengan saus yang memiliki rasa asam yang dilengkapi dengan tomat dan bawang bombay. Untuk menambah kenikmatan di hidangan, ikan yang digoreng harus benar-benar krispi sehingga ketika sudah disiram dengan saus, rasanya tetap gurih dan tekstur krispinya masih terasa. 

Jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat ikan asam manis adalah kakap dan gurame. Alasannya karena kakap dan gurame tidak mudah hancur dan muncul rasa manis ketika kedua ikan ini digoreng. Untuk menghemat budget, kamu tidak perlu memilih kakap dan gurame fillet, tapi pilihlah ikan yang utuh yang masih ada tulangnya. Nantinya kamu bisa meminta pihak catering untuk memotong ikan tersebut menjadi kecil-kecil sehingga bisa disajikan kepada banyak orang tanpa harus mengeluarkan dana lebih.

Menu Sayuran

Capcay

Capcay merupakan makanan bercita rasa oriental lain yang bisa kamu jadikan sebagai menu prasmanan. Capcay berisi wortel, kol, brokoli, daging ayam, udang dan bahan lain yang ditumis menjadi satu lalu disiram dengan tepung tapioka agar menghasilkan kuah yang kental.

Kamu tidak perlu takut para tamu tidak akan menyukai capcay yang berisi sayuran, karena capcay juga dilengkapi dengan protein seperti ayam, bakso bahkan udang. Dengan tambahan protein tersebut, capcay dijamin akan diserbu oleh banyak orang. Bahkan orang yang tidak menyukai sayuran pun, tidak akan segan untuk mencicipinya. Selain itu, tidak perlu khawatir capcay akan cepat basi, karena capcay sendiri termasuk makanan yang tahan lama.

Gado-gado

Menu sayuran lain yang bisa kamu jadikan sebagai prasmanan adalah gado-gado. Kamu pastinya sudah tidak asing dengan makanan satu ini, bukan? Makanan ini terbuat dari sayuran rebus yang terdiri dari kol, tauge, kentang, kacang panjang dan telur yang disiram dengan saus kacang. Gado-gado sendiri awalnya berasal dari daerah Betawi. Namun seiring berkembangnya waktu, gado-gado menyebar ke daerah lain hingga ke luar pulau Jawa. Cara pembuatan gado-gado sendiri terbilang cukup simpel sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu prasmanan di pernikahanmu.

Asinan Jakarta

Satu lagi menu sayuran yang bisa kamu jadikan menu prasmanan adalah asinan Jakarta. Walaupun asinan Jakarta berasal dari tempat yang sama dengan gado-gado, namun kedua makanan tersebut punya rasa dan cara penyajian yang berbeda. Jika gado-gado punya rasa yang cenderung gurih dan tidak berkuah, asinan Jakarta justru punya rasa yang cenderung asam dengan kuah di dalamnya. 

Bahan utama yang diperlukan dalam pembuatan asinan Jakarta adalah sayuran seperti selada, wortel, mentimun, kol, tauge yang disiram dengan kuah yang terbuat dari asam Jawa, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, gula Jawa, cuka serta kecap. Rasa asinan Jakarta yang asem, manis, dan gurih membuat asinan Jakarta digemari oleh banyak orang. Hal inilah yang akhirnya membuat asinan Jakarta layak untuk dijadikan menu prasmanan di setiap pesta pernikahan.

Menu Berkuah

Sup Ayam

Bahan sayuran ternyata tidak hanya bisa diolah menjadi capcay, tapi kamu juga bisa menyajikan sup sebagai hidangan utama di menu prasmanan. Dalam hal ini, ada banyak sup yang bisa kamu pilih, mulai dari sup ayam, sup krim, sup daging, bahkan sup asparagus.

Namun, jika kamu ingin menyajikan menu yang universal dan rasanya sudah dikenal oleh semua orang, lebih baik pilih sup ayam saja. Sup ayam ini selain menyehatkan juga memberikan rasa segar ketika dimakan sehingga bisa jadi opsi terbaik untuk tamu yang ingin makanan berkuah. Menu sup juga bisa dijadikan sebagai makanan pembuka atau appetizer sebelum para tamu menyantap makanan utama nantinya.

Soto Ayam

Soto ayam merupakan rekomendasi menu berkuah selanjutnya. Soto ayam terbuat dari perpaduan daging ayam, bihun, tauge yang disiram dengan kuah segar berwarna kuning. Soto ayam sangat cocok kamu jadikan sebagai makanan pembuka di menu prasmananmu. Pasalnya soto ayam cenderung punya porsi yang kecil sehingga para tamu yang memakannya pun tidak cepat kenyang. Dengan kondisi seperti itu, para tamu masih bisa mencicipi makanan lain yang tersedia di menu prasmanan.

Porsi soto ayam yang kecil juga bisa menjadi solusi terbaik bagi sebagian tamu yang punya porsi makan sedikit. Bagi sebagian orang, memilih makanan berat seperti nasi dengan lauk pauknya masih terlalu banyak sehingga mereka membutuhkan menu alternatif lain dengan porsi sedikit namun tetap bisa mengenyangkan.

Hidangan Penutup

Es Buah

Ada banyak menu yang cocok dijadikan sebagai makanan penutup, namun es buah bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu pilih. Es buah tidak hanya memberikan rasa manis, tapi kuah di dalamnya juga memberikan rasa segar dan potongan buah di dalamnya pun memberikan rasa nikmat ketika disantap. Es buah juga termasuk makanan yang gampang disajikan, kamu tinggal menyiapkan potongan buah seperti melon, semangka, buah naga, nanas, buah kelapa, dll yang disiram dengan kuah sirup dan ditambah dengan susu kental manis.

Es cendol

Rekomendasi menu terakhir adalah es cendol. Sama halnya dengan es buah, es cendol juga punya rasa yang manis dan memberikan kesegaran ketika disantap. Namun berbeda dengan es buah yang terdiri dari berbagai buah-buahan sebagai bahan dasar, es cendol terbuat dari tepung beras yang disaring hingga berbentuk seperti cendol. Cendol tersebut lalu disiram dengan air gula aren, santan dan es batu hingga terciptalah es cendol. Perpaduan rasa manis dari air gula aren dan santan menciptakan rasa gurih dan manis disaat bersamaan. Jika disantap di panas yang terik, dijamin es cendol bisa menyegarkan tenggorokan para penikmatnya. 


‚ÄčItulah beberapa rekomendasi menu prasmanan sederhana namun terlihat mewah yang bisa kamu coba. Sebenarnya dalam memilih menu prasmanan, kamu tidak perlu menyiapkan yang terlalu mewah hingga menghabiskan banyak dana. Cukup siapkan beberapa menu yang lezat dengan harga terjangkau akan jauh lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat dana dan mengalokasikannya untuk keperluan pernikahan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *