Lompat ke konten

Tips Sukses Agar Tidak Tertipu Wedding Organizer Abal-Abal

Pernikahan yang sempurna merupakan impian banyak orang. Hari bahagia yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari ini sudah semestinya berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, pemilihan penyelenggara pernikahan atau wedding organizer (WO) penting untuk membuat resepsi berjalan lancar.

Jangan sampai salah memilih WO yang dapat membuat pernikahan berantakan dan jadi bencana. Misalnya, panggung yang tak rapi, pakaian yang tak sesuai, katering yang tak enak, atau dekorasi yang acak-acakan. Ada banyak kasus WO yang tak bertanggung jawab dan lepas tangan saat hari bahagia. Tengok saja yang dialami oleh puluhan korban penipuan WO di Depok, Jawa Barat, yang belakangan ramai jadi pembicaraan.

Namun, minimnya informasi mengenai cara memilih WO yang tepat, membuat calon pengantin tertipu karena  banyak menggunakan jasa WO berdasarjan informasi hanya dari brosur dan tergiur dengan harga murah.

Berbagai bentuk penipuannya pun sangat beragam, mulai dari menu makanan yang tak sesuai orderan, baik dari segi rasa maupun jumlah, dokumentasi yang tidak baik hingga yang paling parah adalah tidak membuat dekorasi, tidak mengirimkan makanan dan lain sebagainya.

Pastikan Anda memilih WO yang tepat agar tak rugi dan sakit hati saat menikah. Berikut tips dan trik memilih WO yang tepat, mengutip InStyle.

1. Lihat portofolio WO
Sebelum memutuskan memilih WO, lihat kembali portofolio atau pekerjaan yang sudah dilakukan wedding organizer tersebut. Periksa jumlah pernikahan yang sudah pernah diorganisir oleh WO tersebut. Lihat pula keberhasilan setiap pernikahan sebagai referensi.

Semakin banyak pernikahan yang sudah diselesaikan, dapat menjadi salah satu tanda WO tersebut sudah berpengalaman.

2. Ulasan pengguna
Selain melihat portofolio, lihat pula ulasan atau komentar pengguna mengenai jasa WO tersebut. Baca setiap testimoni sebagai bahan pertimbangan. Jika terdapat banyak komentar negatif, artinya WO tersebut tidak cukup berkesan bagi pengguna.

Jangan ragu untuk bertanya pada orang yang sudah menggunakan jasa WO untuk mengetahui cara kerja mereka. Rekomendasi dari teman yang sudah pernah memakai jasa WO juga bisa jadi bahan pertimbangan untuk kredibilitas WO.

3. Beri pertanyaan yang tepat
Sebelum memutuskan sebaiknya atur pertemuan personal dengan pasangan bersama WO yang diinginkan. Saat bertemu, ajukan sejumlah pertanyaan yang tepat untuk dapat melihat kapabilitas WO tersebut.

Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan di antaranya seputar biaya jasa WO dan apa saja yang menjadi andalan dari WO.

Usai bertemu, diskusikan dengan pasangan untuk saling berbagi pendapat mengenai WO tersebut. Jika masih belum sesuai, tak ada salahnya mencoba menghubungi WO lain sebagai perbandingan.

4. Perhatikan spesialisasi WO
Tak semua WO ahli mengatur segala jenis pernikahan. Beberapa WO ahli mengatur pernikahan di ruang terbuka, sebagian lain justru bisa mengatur resepsi di dalam ruangan. Ketahui spesialisasi WO tersebut sesuaikan dengan rencana pernikahan Anda. Semisalkan berkah group yang memiliki spesialisasi di bidang catering pernikahan Jakarta .

WO yang memberikan paket lengkap juga dapat menjadi pertimbangan karena pengaturan akan menjadi terpusat. Pastikan WO menyanggupi permintaan di acara pernikahan nanti.

5. Sesuaikan dengan bujet
Selalu bicarakan bujet dengan WO sebelum menandatangani kontrak. Pastikan WO menyanggupi bujet yang dimiliki untuk membuat resepsi pernikahan yang diimpikan.

Buat pula kontrak dengan detail agar terdapat bukti legal. Jangan sampai saat hari H, WO justru meminta tambahan biaya yang tak masuk akal.n yang profesional.

6. Usahakan WO tersebut memiliki badan hukum
Seperti layaknya berkah enterprise yang berada di bawah naungan PT. Berkah Catering Nusantara , dimana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pernikahan. 

Meskipun dengan harga terjangkau yang ditawarkan, berkah group memiliki reputasi dan track record yang jelas dalam bidang pernikahan

7. Cari Jasa WO yang direkomendasikan oleh teman atau saudara
Rekomendasi dari keluarga yang sudah pernah menikah dan menggunakan vendor bisa menjadi opsi. Nah, tinggal giliran Anda untuk mencari tahu kira-kira apa yang menjadi kekrungan vendor tersebut, entah dari makanan yang disajikan terlalu sedikit atau tidak enak, maupun dari hasil foto yang kurang tajam.

Bahkan situasi ini dapat Anda manfaatkan untuk meminta potongan harga lantaran vendor tersebut direkomendasikan dari pihak lain.(*)

Itulah beberapa tips agar kalian tidak mudah tertipu oleh jasa WO abal-abal yang sekarang sedang marak dibicarakan. Berkah enterprise memiliki paket pernikahan yang bisa menjadi opsi untuk pernikahan kalian.  Selain dikenal murah, berkah enterprise memang sudah berpengalaman dalam menjalani acara pernikahan baik itu di JATIM atau di JABODETABEK .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *