Lompat ke konten
Tips Sebelum Memulai Usaha Catering 1

Tips Sebelum Memulai Usaha Catering

Usaha Catering tentu saja bisa dibilang dengan salah satu usaha yang cukup menjanjikan saat ini, mengapa demikian? karena masih banyaknya orang yang butuh makan, dan makanan itu merupakan konsumsi utama manusia agar bisa bertahan hidup. Sasaran pasar usaha catering ini pun beragam, mulai dari catering kantoran, catering rumah tangga, nasi kotak sampai ke catering pernikahan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa dalam membuka usaha catering maka ada beberapa tips yang harus dilakukan, simak ulasannya dibwah ini.

  1. Pilih Jenis Usaha Catering yang Akan Dijalankan – Tentukan dulu jenis katering yang mau di jalankan, dalam hal ini mau khusus atau katering umum, kalau katering khusus berarti pasarnya memang khusus untuk pesta, acara formal, resepsi dsb. Tapi kalau katering umum, pangsa pasarnya dapat melingkupi semuanya. Mulai dari anak sekolah, pesta, keluarga dll.
  2. Survei untuk Mengetahui Para Pemain Bisnis Catering Lainnya – Kumpulkan informasi lengkap, dengan melakukan penelitian kecil-kecilan terhadap usaha sejenis yang telah mulai lebih dulu, mulai dari penyajian, kualitas, pasar, dan tentunya soal harga. Lakukan riset tentang potensi pasar dan citarasa yang unik.  Dalam bisnis ini citarasa dan penyajian serta kebersihan merupakan faktor fital yang harus di jaga dan di perhatikan.
  3. Manfaatkan Promosi Mulut ke Mulut – Untuk soal promosi yang seperti kita ketahui, bahwa bisnis makanan ini cara efektif untuk media promosi nya adalah dari mulut kemulut. Begitu kualitas bagus dan harga terjangkau, juga rasanya yang mantaf, tentunya secara pasti akan langsung tersebar dari mulut kemulut. “wah..kemaren aku pesen katering untuk pesta sama kateringnya si anu..mantaf.. luar biasa, servisnya sangat memuaskan, menunya juga bervariasi dan harga terjangkau”. Meskipun yang ngomong itu sebenarnya pemilik usaha katering tersebut. Hahahah (pura-pura orang lain)
  4. Menghitung Ongkos Produksi – Buat perbandingan dengan pemasukan yang anda terima. Ini sangat penting, coba berspekulasi  agar anda tidak merugi. Cateringbesar yang telah beroperasi lama, mungkin sebagian besar investasinya adalah mencapai titik impas. So, ongkos produksinya jadi lebih murah. Namun buat kita yang baru main di bisnis katering ini . biaya investasinya lumayan besar, sehingga ongkos produksinya bisa lebih mahal. Tapi it’s ok itu hanya perhitungan awalnya saja. Jangan terus down. Dan jangan langsung memikirkan keuntungan. Sambil jalan bisnis itu pasti bisa keliatan apa-apa saja yang perlu di tambah atau di kurang.
  5. Manfaatkan Tenaga Anggota Keluarga atau Teman – Percaya atau tidak yang jelas langkah ini sangat tepat dilakukan untuk menekan biaya produksi. Dibandingkan dengan menggunakan tenaga orang lain dimana anda harus bersedia membayar harga lebih.
  6. Menentukan Maksimal Porsi Pesanan – Mulailah dulu dengan menerima porsi pesanan kecil. Dari situ kita bisa belajar mengatur manajemen waktu dengan lebih baik pada saat menerima porsi pesanan besar. Porsi pesanan dalam jumlah besar tidak semudah yang kita kira boss…walaupun memang pada kenyataannya porsi besar lebih besar juga untung yang akan kita dapat. Namun kita tetap jangan sampai menolak pesanan dalam jumlah kecil. Ingat statement tentang promosi dari mulut kemulut. Begitu cacad layanan anda, secara tidak langsung pun akan mudah tersebar dari mulut kemulut.
  7. Management Waktu – Ini yang paling penting dalam mengelola bisnis katering. Pengaturan waktu harus di perhitungkan sejak awal. Seperti kapan saat belanja bahan baku, menimbang, dan meracik bahan baku.  Anda harus membuat semacam time study yang akan kita gunakan menjadi standart dalam proses penyedian kebutuhan pelanggan tsb. Agar semua proses dari awal hingga produk sampai ketangan konsumen dengan tepat waktu sesuai yang diharapkan. Jangan begitu ada yang order mie goreng pada jam 10 pagi, namun jam 7 sudah selesai pembuatannya. Tentu itu akan membuat mie dalam keadaan dingin.
  8. Terus Menggali Potensi Diri – Untuk orang yang doyan makan ini merupakan hal penting dalam setiap penyajian hidangan yang diberikan, variasi rasa, keunikan rasa dan tentu kelezatannya. Maka dari itu untuk pengelola bisnis ini, jangan pernah segan dan malas untuk terus mengembangkan diri, eksplorasi resep resep terbaru. Dan terus meningkatk kualitas hingga bisa menjangkau pasar yang lebih tinggi lagi.
  9. Mengikuti Trend yang Berkembang – Perkembangan usaha katering ini, memang cukup pesat. Persaingan pun kita marak. Kalau anda hanya begitu begitu saja tanpa ada perkembangan, tentunya anda akan di tinggalkan oleh pelanggan anda. Oleh karena itu boss… jangan pernah lupa untuk memantau perkembangan terbaru atau trend masakan saat itu. Sehingga anda akan terus update menu menu terbaru.  Sehingga membuat pelanggan anda terkesan, dan selalu penasaran akan menu anda selanjutnya.
  10. Menjaga Kepercayaan Pelanggan – Point ini juga sangat penting, seiring saat ini makin maraknya penyalahgunaan zat zat berbahaya pada makanan, maka bagi para pebisnis katering, jangan pernah sekalipun mengesampingkan mutu dan kesehatan makanan yang kita sajikan. Ingat, selain kepercayaan yang kita jaga, Allah juga senantiasa mengawasi semua tingkah laku kita. So tetaplah jujur dan berhati hati dalam menjalan kan bisnis ini dan apapun bisnisnya.
Baca Juga  Bagaimana Cara Ahli di Bisnis Catering

Berkah Catering
Catering & Nasi Kotak Surabaya
Informasi Pemesanan :
0811-3275151 / 0811-3211445 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *