Lompat ke konten

Tips Menikah Hemat Sesuai Budget di Masa Pandemi 2021

Pernikahan yang sakral, bermakna, mengesankan, dan tak terlupakan selalu identik dengan biaya yang mahal serta menelan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah. Sejatinya, ketika sepasang calon pengantin memilih untuk menikah di Kantor Urusan Agama ( KUA) saja, maka dia tidak akan dipungut biaya. Namun jika diadakan di luar jam kerja, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 600 ribu. Pandemi Covid-19 membuat banyak pasangan yang memilih untuk menikah di KUA lantaran adanya larangan berkumpul demi mencegah penyebaran virus.

Namun bagi sebagian besar orang, merayakan pernikahan dengan pesta di tengah pandemi juga masih menjadi pilihan. Di satu sisi, masa pandemi yang menimbulkan ketidakpastian ekonomi akhirnya membuat seseorang harus memprioritaskan pengeluaran yang bersifat kebutuhan ketimbang keinginan. Namun di sisi lain, risiko akan bengkaknya pengeluaran karena pesta pernikahan tentu ada, mengingat jasa vendor pernikahan tidaklah murah.

Apabila Anda termasuk orang yang sulit menikah karena terbentur budget, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai tips hemat budget menikah saat pandemi corona.

Sebab saat pandemi ini digadang-gadang merupakan waktu yang tepat untuk menikah. Terlebih bagi Anda yang terbebani dengan biaya pernikahan yang mahal. Untuk melaksanakan pernikahan yang sakral dan mengesankan tidak perlu budget mahal. Oleh sebab itu, simak tips menikah dengan budget hemat yang wajib Anda coba berikut ini:

  1. Menentukan Biaya Pernikahan Secara Teliti
    Pastikan semua kebutuhan pernikahan sudah terpenuhi. Sehingga Anda bisa memperkirakan total biaya pernikahan tersebut. Semakin sedikit kebutuhan pernikahan Anda, maka semakin hemat pula budget yang akan dikeluarkan nantinya.
  2. Jangan Menggunakan Seluruh Uang Tabungan
    Meski uang tabungan Anda mencukupi, pastikan untuk tidak menggunakan semuanya. Gunakanlah sewajarnya sesuai dengan kebutuhan pernikahan yang telah direncanakan.
  3. Patungan Untuk Biaya Pernikahan
    Tidak ada salahnya untuk bekerja sama dalam urusan biaya. Berapapun biaya yang terkumpul, gunakan untuk melaksanakan pernikahan yang sederhana namun berkesan.
  4. Tidak Berutang Untuk Melaksanakan Pernikahan
    Pernikahan hemat budget saat pandemi tidak akan membuat kantong Anda bengkak. Anda tidak perlu memaksakan berutang, karena umumnya total biaya tidak akan lebih dari 5 juta.
  5. Memilih Mas Kawin yang Unik dan Spesial
    Apabila emas sedang mahal di pasaran, pilih saja mas kawin lain yang menurut Anda unik dan juga tak kalah spesial untuk diberikan kepada calon istri.
  6. Selektif dalam Menentukan Tamu Undangan
    Selain agar tamu yang datang tidak membludak, budget pun bisa semakin hemat. Pergunakan momen ini untuk mengundang keluarga dan teman-teman terdekat saja.
  7. Mempersingkat Acara Pernikahan
    Optimalkan waktu pernikahan Anda secara singkat dan padat. Saat pandemi, 2 sampai 3 jam saja sudah cukup untuk melaksanakan pernikahan yang berkesan.
  8. Akad Nikah di KUA atau di Rumah
    Melangsungkan akad nikah di KUA tidak dipungut biaya sama sekali. Sedangkan melangsungkan akad nikah di rumah, bisa menjadi pilihan lain yang tak kalah menghemat budget.
  9. Melangsungkan Resepsi di Rumah
    Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung atau tempat. Melaksanakan resepsi secara terbatas di rumah wajib dicoba karena sudah pasti bisa menghemat budget.
  10. Buatlah Resepsi Secara Virtual
    Karena tamu yang diundang sangat terbatas, resepsi atau pesta pernikahan virtual bisa Anda coba. Gunakanlah platform zoom atau live di Instagram untuk resepsi virtual Anda.
  11. Abadikan Momen Pernikahan Menggunakan Smartphone Atau Teman Dekat
    Gaet teman dekat yag memiliki kamera untuk mengabadikan momen pernikahan Anda. Atau, bisa juga menggunakan smartphone pribadi untuk memotret setiap momen pernikahan Anda.
  12. Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana
    Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk membuat dekorasi sendiri yang sederhana namun tetap indah dipandang mata. Banyak referensi menarik yang bisa ditemukan di Pinterest.
  13. Sewa Jasa Katering Pernikahan Murah di Jakarta
    Tidak dapat dipungkiri bahwa budget katering merupakan budget terbesar dalam pernikahan, jika kalian menghabiskan hampir 50% budget kalian di katering, menurut kami masih kurang bermanfaat di kala pandemi ini, oleh karena itu pilihlah jasa catering murah dan berkualitas, salah satunya adalah berkah catering. Katering yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Itulah tips yang bisa dilakukan saat menggelar pernikahan di masa pandemi. Pada intinya, tidak ada batasan yang ideal mengenai berapa besaran bujet pesta pernikahan, karena semua tergantung dari kemampuan finansial masing-masing. Bila memang Anda, pasangan, dan keluarga pasangan setuju untuk menggelar prosesi di KUA, maka lakukanlah dan Anda bisa menghemat uang yang tidak sedikit.

Patut diingat, dalam sebuah pernikahan, masa setelah pesta-lah yang lebih penting. Jangan hanya karena pesta yang digelar beberapa jam, Anda harus kehilangan dana dalam jumlah besar dan sulit memenuhi tujuan-tujuan finansial Anda ke depan. Anda juga bisa menggunakan paket pernikahan murah di Jakarta dan sekitarnya dari berkah group, karena harga paket pernikahan kami sangatlah terjangkau mulai dari Rp 45 juta all in. Tidak hanya murah, jasa pernikahan yang satu ini memang sudah sangalah berpengalaman sebagai vendor wedding organizer di Surabaya dan area Jawa Timur lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version