Lompat ke konten

Tips Menghitung Porsi Catering Pernikahan Terbaru

Tentunya, makanan dari acara resepsi pernikahan kamu adalah sebuah tanda penghormatan untuk para tamu undangan. Bayangkan deh kalau kamu datang ke acara resepsi pernikahan tapi makanannya sudah habis. Apa kira-kira perasaan kamu? Atau mungkin kamu bisa bayangkan jadi pengantin dan keluarga yang punya acara kemudian para tamu tidak kebagian makanan?

1. Apasih hal pertama yang wajib dipertimbangkan?

Menurut Berkah Catering, jumlah dari keluarga masing-masing mempelai yang paling sering lupa terhitung. Banyak pengantin yang fokus menghitung jumlah tamu undangan saja namun jumlah keluarga lupa dihitung. Nah, pertama kamu wajib banget tuh hitung jumlah keluarga dari masing-masing pihak dan menentukan berapa jumlah total keluarga. Dalam kasus ini kita anggap jumlah keluarga total ada 100 orang ya.

2. Jumlah total undangan + jumlah keluarga

Oke, setelah kamu menghitung jumlah keluarga. Sekarang waktunya kamu menentukan jumlah undangan. Jika kamu menyebar 400 undangan, berarti yang harus kamu hitung minimal adalah 2.5 kali. Loh, kok 2.5? Bukannya 2 kali? Yup, Kita menghitung 2.5 kali karena berdasarkan studi terbaru, rata-rata satu keluarga terdiri atas 3 orang. Jadi kamu bayangkan deh dari 1 undangan yang kamu kirim itu belum tentu yang datang 2 orang, karena orang Indonesia yang ada banyak banget, persentasi kemungkinan 1 undangan yang datang 3 orang itu sangat mungkin!

Contohnya gini, kamu kirim undangan ke teman kamu yang sudah nikah dan punya anak, pastinya anaknya diajak dong, apalagi kalau anaknya tersebut ada nanti nya, pasti diajak juga :D. Itu jumlah yang wajib kamu perhitungkan juga.

Dalam dunia catering, kami sebut jumlah tamu dengan kata pax. Pax itu berbeda ya dengan porsi, karena kita bicara soal jumlah tamu di point berikut akan kita jelaskan penghitungan porsi untuk jumlah pax yang kamu tentukan yang tentunya akan mempengaruhi dari budgeting kalian.

Budgeting secara bijak adalah tips dari berkah catering jasa catering pernikahan Jakarta untuk acara pernikahan yang sukses. Dari total pengeluaran untuk biaya pernikahan, mungkin perhitungan biaya katering adalah salah satu yang agak sulit diestimasi. Berbeda dengan biaya pasti seperti biaya dekorasi, gaun atau makeup, biaya katering punya perhitungan sendiri berdasarkan jumlah tamu yang hadir. Supaya hitungan jauh dari kata meleset, yuk coba gunakan rumus berikut ini:

  1. Total Jumlah Tamu (Undangan x 2)
    Dari total undangan yang dibagikan, kalian bisa mendapatkan satu angka untuk memulai perhitungan jumlah porsi catering pernikahan. Misalnya jika kalian menyebarkan 200 undangan, maka tinggal dikali dengan dua menjadi 400 porsi makanan. 
    Perkalian dua ini mengacu pada prinsip 1 undangan untuk 2 orang ( minimal), sehingga kurang lebih dirata- ratakan akan cukup untuk estimasi yang tepat. 
  2. Total Jumlah Yang Hadir
    Setelah itu, tambahkan juga dengan kehadiran mereka yang tidak mendapatkan undangan, yaitu anggota keluarga dan panitia. Jika masih ada tamu lain yang hanya mendapatkan undangan via verbal, maka tambahkan ke dalam perhitungan supaya lebih akurat. Misalnya jika kira- kira ada 100 orang maka kini jumlah porsi makanan yang harus dipersiapkan adalah sekitar 500 porsi. 
  3. Kurangi Angka Ketidakhadiran 
    Biasanya sistem RSVP akan sangat membantu memastikan jumlah tamu yang tidak hadir. Namun jika kalian tidak benar- benar yakin, maka gunakan saja estimasi 5-10% untuk persentase ketidakhadiran. 
    Ini kembali lagi ke jumlah undangan yang disebar. Jika kalian membagikan undangan secara maksimal hingga ke tamu- tamu yang berada di luar kota atau luar negeri, maka boleh mengambil acuan 10%. Namun jika jumlah undangan yang dibagikan cukup sesuai perkiraan, maka persentase 5% sudah cukup. 
    Anggap saja dengan 10% persentase ketidakhadiran, maka jumlah porsi makanan kini berada di angka 500 porsi dikurangi  10%, yaitu sekitar 450 porsi.
  4. Perbandingan Prasmanan dan Pondokan (Stall)
    Tergantung dari layanan katering yang kalian gunakan, maka umumnya akan ada 2 jenis hidangan utama yaitu prasmanan ( main meal) dan pondokan ( stall). Normalnya, perbandingan antara prasmanan dan pondokan adalah 60:40.
    Dengan demikian, berikut adalah perhitungan untuk porsi prasmanan dan pondokan :
    Prasmanan = 60% x 450 porsi  = 270 porsi
    Pondokan = 40% x 450 porsi = 180 porsi
  5. Perkalian Porsi Pondokan
    Nah, selesai untuk porsi prasmanan yaitu di angka sekitar 270 porsi, maka saatnya untuk fokus ke porsi pondokan. 
    Karena pondokan ini bisa bersifat makanan kecil atau snack ringan, maka ada perhitungan yang harus disiapkan berdasarkan jumlah yang akan dikonsumsi tamu. Misalnya jika kalian menyajikan 5 menu pondokan, maka berbeda lagi untuk setiap menunya.

Tidak sulit kan menghitung porsi catering? Sekarang kamu tidak perlu lagi pusing menghitung, tinggal apply rumus dari Berkah Catering diatas dan kamu tidak perlu dipusingkan di hari spesial kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version