Lompat ke konten

Tips Menghemat Biaya Catering Pernikahan Jakarta

Dalam mempersiapkan acara pernikahan, tentunya setiap pasangan memiliki budget masing-masing untuk dialokasikan ke beberapa kebutuhan pesta. Mulai dari gedung, dekorasi, baju pengantin, make up, dan yang paling penting adalah catering pernikahan. Tidak asal, dalam melakukan perencanaan catering, kamu perlu beberapa tips agar catering pernikahanmu bisa sesuai harapan.

Pasalnya, ada banyak hal yang perlu diketahui dalam memilih vendor catering yang tepat. Terlebih, setiap pasangan tentunya ingin acara pernikahannya tidak berantakan, karena salah memilih jasa catering. Sehingga, disarankan jangan terlalu terburu-buru dalam memilih jasa catering, dan selalu berhati-hati.

Sudah menjadi hal umum bahwa biaya pernikahan bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan, banyaknya kebutuhan yang harus dibeli dan dipersiapkan menjadi faktor mengapa suatu pernikahan membutuhkan biaya yang tidak murah. Apalagi di Kota Jakarta, semua yang serba mahal membuat kalian harus semakin cermat dalam memilih catering pernikahan Jakarta .

Di antara banyaknya kebutuhan tersebut, catering adalah salah satu yang paling banyak menyedot biaya. Tapi, bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak biaya untuk urusan catering tersebut sementara Anda tetap ingin memuaskan tamu yang datang ke pernikahan Anda? Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengakali biaya catering pernikahan agar budget tidak membengkak. Penasaran bagaiamana caranya? Nah, jika sebelumnya kita telah membahas bagaimana tips memilih jasa catering Jakarta, kali Ini, kita akan membahas tips menghemat biaya catering agar pernikahan Anda makin murah!

Pastikan Jumlah Tamu Undangan
‚Äč

Sebelum Anda memesan menu katering dan menyiapkannya, Anda harus memastikan dulu jumlah tamu undangan yang akan datang. Prioritaskan dulu keluarga besar Anda dan pasangan, lalu dilanjutkan oleh teman-teman terdekat Anda dan pasangan. Ini bertujuan agar pernikahan Anda bisa lebih intim dan akrab.

Setelah Anda mendapatkan jumlah pastinya, misalnya 250 orang, maka kalikan dua dari jumlah tersebut dan siapkan porsi lebihannya untuk berjaga-jaga, anggaplah totalnya menjadi 600 porsi.

Selanjutnya, Anda alokasikan porsi tersebut ke dalam hidangan prasmanan (buffet) dan gubukan (stall). Rasio yang umum adalah 60:40 atau 50:50. Jadi, jika Anda memesan 600 porsi, maka contoh alokasi hidangannya menjadi 400 porsi di prasmanan dan 200 porsi di gubukan, atau bisa juga sebaliknya.

Jangan Mengundang Orang Secara Online

Maksudnya adalah jangan mengundang orang-orang melalui sebuah group chat atau lewat status di media sosial Anda. Ini akan menyebabkan kesulitan bagi Anda untuk menghitung jumlah tamu yang pasti akan datang.

Dampaknya, makanan yang Anda hidangkan bisa saja kurang karena tamu yang datang di luar perhitungan atau malah bisa jadi sisa karena Anda terlalu banyak porsi untuk jaga-jaga.

Kurangi yang Tidak Perlu

Sebenarnya Anda masih bisa mengurangi beberapa hal di pesanan katering Anda nantinya. Misalnya mengurangi jumlah nasi putih. Tamu undangan biasanya lebih menggemari makanan yang disediakan di gubukan (stall) dibandingkan prasmanan (buffet) karena dianggap lebih variatif.

Selain nasi putih, Anda juga mengurangi minuman yang dihidangkan. Menyajikan minuman seperti soft drink atau jus dapat membuat anggaran Anda lebih besar dibanding menyediakan banyak air putih.

Tapi, bukan berarti Anda dianjurkan untuk tidak menyediakan soft drink atau jus, hanya saja porsi yang disajikan lebih baik dihitung terlebih dahulu dan pastikan jumlahnya tidak lebih banyak dari air putih.

Batasi Variasi Menu Gubukan

Perlu diingat, untuk menyewa 1 gubukan saja Anda setidaknya perlu menyiapkan modal minimal 2,5 juta. Coba Anda kalikan jika Anda memutuskan untuk menyewa 10 variasi gubukan, totalnya bisa mencapai 25 juta. Belum termasuk prasmanan dan minumannya.

Anda harus lebih bijak dalam memilih menu gubukan ini, cukup sewa 3 atau 4 gubukan saja dengan makanan yang cukup mengenyangkan, misalnya bakso, siomay, zupa soup, dan es buah. Tujuannya adalah agar tamu sudah merasa cukup kenyang dan tidak membutuhkan makanan di prasmanan (buffet).

Bandingkan Harga dan Kualitas

Nah, untuk tips yang terakhir adalah membandingkan harga dan kualitas jasa catering pernikahan sesuai budget kamu. Soal rasa sudah pas, track record bagus, testimoni pelanggan sebelumnya sudah baik, vendor dilihat cukup besar dan telah menangani banyak acara, sekarang tinggal kamu bandingkan vendor mana yang memiliki harga paling cocok di dompet kamu.

Jika kamu mendapatkan vendor catering yang murah namun kualitas mewah, kenapa tidak? Apakah hal tersebut justru bisa menguntungkan budgeting kamu dan pasangan?

Nah, dengan 5 tips di atas, Anda seharusnya bisa menghemat biaya katering yang lumayan besar agar pernikahan Anda bisa makin murah. Daripada Anda menghabiskan budget yang Anda miliki untuk katering, lebih baik alokasikan budget tersebut ke hal-hal lain.  Untuk memlih jasa catering pernikahan di Jakarta kalian bisa menggunakan Berkah catering sebagai salah satu rekomendasinya. Jasa catering yang berkembang sebagai catering di Surabaya dan area Jawa Timur ini memang sudah memiliki nama besar, dan sedang berkembang di area JABODETABEK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *