Lompat ke konten

Tips Memilih MUA Pernikahan yang Tepat

Makeup menjadi komponen penting dalam pernikahan. Tampilan pengantin wanita di momen bahagia pernikahan tersebut menjadi sorotan utama bagi semua pihak. Memilih MUA adalah moment yang ditak kalah pentingnya disamping memilih catering pernikahan Jakarta . Tidak jarang calon pengantin harus melakukan riset lama sebelum memutuskan untuk memilih makeup artist dalam pernikahannya. Apa saja yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih makeup artist untuk momen pernikahan? Berikut ulasannya untuk kalian semua:

Berikut ada beberapa tips memilih MUA pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih MUA di hari istimewa.

1. Menentukan Konsep Pernikahan

Tampilan make-up yang ingin dibuat pada hari pernikahan tergantung dari konsep yang dibuat. Pernikahan ala Disney tentu berbeda dengan pernikahan dengan adat Jawa. Make up yang digunakan juga tentu berbeda pula.

Oleh karena itu, sebelum menentukan MUA, kamu harus tahu konsep pernikahan seperti apa yang akan dilakukan. Setelah yakin dengan konsep, barulah kamu bisa mencari MUA. Tentu saja MUA yang dicari harus sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu inginkan.

2. Mencari Referensi dari Rekomendasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah riset. Carilah referensi rias pengantin dari rekomendasi teman-teman terdekat atau bahkan keluarga. Kamu juga bisa mencari referensi di internet Apalagi, pada masa sekarang informasi tentang MUA sudah mudah sekali ditemukan.

Kamu hanya perlu mencari dengan kata kunci paket MUA wedding saja. Maka, tidak berapa lama akan muncul ratusan halaman yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa memeriksa laman yang ada di top ranks pencarian Google atau bahkan di sosial media yang biasanya telah lengkap dengan portofolio dan testimoni.

3. Carilah MUA yang Tinggalnya Tidak Jauh dari Rumah

Mencari MUA yang bagus memang penting. Tapi yang lebih penting lagi adalah mencari MUA yang dekat dengan lokasi pesta.Ini dilakukan untuk mencegah perias pengantin datang terlambat karena terjebak macet.

Sebagus apapun MUA di kota lain, kamu tidak perlu menyewanya. Selain dapat menimbulkan kendala waktu seperti yang telah disebutkan, ongkos sewanya juga boleh jadi lebih mahal. Sebab perjalanan dari luar kota tentu memakan biaya yang tidak sedikit.

4. Mengenali Jenis dan Warna Kulit

Kamu tentu tidak ingin riasan yang digunakan seperti topeng yang melekat di kulit. Oleh karena itu, kenali jenis dan warna kulit yang kamu miliki. Hal ini karena jenis dan warna kulit benar-benar berpengaruh banyak pada riasan yang akan dibuat.

Mengenali jenis dan warna kulit sangat membantumu dalam tampil cantik. Misalnya saja dengan kulit kering, maka make-up yang sesuai adalah foundation cair. Tone kulit yang dark tentu cocok dengan warna yang tidak begitu cerah.

5. Lakukan Konsultasi pada Perias

Hal selanjutnya adalah konsultasi pada perias. Hal ini harus dilakukan setelah kamu menemukan MUA yang sesuai dengan selera.

Pada langkah ini, kamu harus menjelaskan secara detail dan lengkap kepada MUA tentang konsep pernikahan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa berdiskusi mengenai make up jenis apa yang harus dibuat agar sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu inginkan.

Di sini, kamu juga bisa mengusulkan ide riasan yang kamu inginkan. Biasanya, perias akan mempertimbangkan ide dari klien juga. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberitahukan semua hal yang ingin kamu dapatkan pada hari pernikahan.

6. Tanyakan Produk Apa yang Dipakai dalam Menghias

Jangan lupa tanyakan kepada perias pengantin tentang produk yang digunakannya. Tanyakan secara detail dan lengkap, ya. Hal ini penting dilakukan demi meminimalkan resiko iritasi sebab salah pakai produk make up. Apalagi kamu adalah salah satu orang dengan kulit sensitif

Jangan sampai setelah pesta pernikahan, wajah mulusmu berubah hanya karena salah produk. Jika produk MUA yang kamu pilih tidak sesuai, kamu bisa pindah MUA, kok. Atau kamu bisa meminta MUA tersebut mengganti produknya sesuai dengan kulit yang kamu miliki.

7. Lakukan Tes Tata Rias dan Minta Pertimbangan Orang Terdekat

Setelah mencapai kesepakatan dengan perias, kamu bisa melakukan test make up pengantin. Ini menjadi salah satu langkah yang penting juga. Karena kamu bisa melihat gambaran penampilan yang akan terjadi di hari pernikahan.

Tentukan waktu dan tanggal tes rias pengantin. Nah, di tahap ini nantinya kamu juga bisa menambahkan apa saja yang kurang atau yang ingin diperbaiki dari riasan yang dilakukan MUA tersebut.

Jangan lupa untuk mengambil gambar hasil tes ini di ponselmu. Tujuannya jelas, kamu bisa melihat bagaimana hasil riasan akan terlihat di foto. Selain itu, dengan mengambil gambar tersebut, kamu bisa meminta pendapat dari orang terdekat tentang riasan yang dilakukan.

8. Tetap Sesuaikan Budget

Kamu memang boleh ingin terlihat sempurna pada hari pernikahan. Sesuaikan seluruh pengeluaran MUA dengan anggaran yang telah ditetapkan. Jadilah pengantin yang pintar dengan mampu mengalokasikan anggaran yang telah ada. Ada banyak cara menanyakan harga rias pengantin.

Bukan berarti kamu harus memilih MUA yang murah, loh, ya. Tidak sama sekali. Tetapi tetaplah jadikan harga sebagai pertimbangan agar biaya pernikahan tidak terlalu menguras dompet. Tentu kamu tidak ingin perkara MUA ini justru membawa pertengkaran dengan pasangan, bukan?


​Perhatikan Hal-hal yang Sering Terlupakan Berikut Ini

Hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih makeup artist yang justru sering terlupa di antaranya adalah mempertimbangkan jarak lokasi pernikahan dengan lokasi awal sang perias. Semakin dekat jarak tersebut akan semakin baik. Kalian tentu tidak ingin merasa cemas saat menunggu perias datang karena ternyata lokasi kalian berjauhan. Apalagi, tidak ada yang tahu apa yang mungkin akan terjadi di jalan pada saat hari H. Karenanya, memastikan bahwa jarak bukan menjadi halangan akan memudahkan proses merias saat hari pernikahan.

Hal lainnya yang perlu dicek adalah kebersihan alat makeup yang dimiliki sang perias. Makeup artist profesional tentu tidak perlu diragukan lagi dalam hal memaintain peralatan tempur mereka. Namun, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kebersihan alat makeup, dan juga aksesoris yang mereka gunakan untuk merias kalian.

Menjadi cantik dalam momen pernikahan adalah impian bagi setiap calon pengantin perempuan. Karenanya, penting mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makeup artist pernikahan seperti yang dipaparkan di atas sebelum kalian memutuskan paket pernikahan Jakarta mana yang akan kalian pilih. Semoga artikel ini dapat menginspirasi bagi kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di website ini. Salam hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *