Lompat ke konten

Tips Memilih Gedung dan Venue Pernikahan di Malang

Banyak orang berpendapat bahwa menikah adalah jalan untuk menuju kehidupan yang baru. Selain itu menikah merupakan titik balik yang luar biasa dalam kehidupan. Banyak basangan yang ingin pernikahan mereka berjalan mewah dan elegan agar dapat terkenang dalam hidup. untuk itu menyusun pernikahan banyak sekali persiapan yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah lokasi atau gedung pernikahan. Disini kita akan membahas rekomendasi tempat pernikahan di Malang.

Gedung pernikahan Anda adalah acara yang sangat krusial, maka persiapannya juga harus matang, termasuk soal pemilihan gedung pernikahan. Tidak boleh sembarangan dan asal-asalan karena bisa mempengaruhi kelancaran proses resepsi pernikahan Anda. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai artikel catering malang dan paket pernikahan murah di Malang, maka pada kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi gedung pernikahan di Malang, tapi sebelumnya kita harus mengetahui dahulu bagaimana tips penting sebelum memilih gedung pernikahan

TIPS PENTING SEBELUM MEMILIH GEDUNG PERNIKAHAN

Nah, khusus untuk Anda yang sedang mencari gedung pernikahan terbaik di wilayah Malang, berikut kami sajikan 5 tips penting yang harus Anda ketahui sebelum menyewa gedung pernikahan, yaitu:

  1. Apakah ada acara lain di hari pernikahan Anda?
    Ini adalah pertanyaan yang penting untuk Anda tanyakan, karena ada atau tidaknya acara lain di tempat dan hari yang sama akan mempengaruhi acara Anda. Misalnya, bila sebelum pernikahan Anda terdapat acara lain di gedung tersebut, maka Anda akan sulit untuk tiba di gedung pernikahan lebih awal. Atau, jika ada acara seusai pernikahan Anda, maka kemungkinan akan datang beberapa vendor tidak lama setelah acara Anda berakhir.
  2. Apakah bisa melihat print-out biaya? Apa saja yang dicover dengan biaya tersebut?
    Pastikan Anda meihat print-out atau kuitansi penyewaan tempat pernikahan Anda. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu terdapat peruahan biaya. Selain itu, jangan lupa tanyakan juga apa yang akan terjadi jika terjadi perubahan biaya sebelum pernikahan Anda. Apakah Anda harus menambah biayanya atau Anda tetap membayar sesuai kontrak?
  3. Siapa yang akan berada di gedung di hari pernikahan Anda? Apakah akan ada koordinator gedung?
    Ini adalah pertanyaan penting yang tidak boleh lupa Anda tanyakan jika Anda tidak menyewa jasa wedding planner/ wedding organizer. Koordinator gedung dapat membantu Anda mengarahkan vendor dan staff tempat tersebut.
  4. Apakah ada larangan tertentu untuk vendor?
    Beberapa gedung pernikahan memiliki larangan tertentu untuk vendor. Sebagai contoh, ada pengelola gedung yang tidak memperbolehkan adanya balon atau fasilitas lain dari luar gedung, atau tidak boleh mengambil foto di area gedung tertentu. Cari tahu terlebih dahulu larangan ini agar pesta pernikahan Anda berjalan dengan lancar.
  5. Bagaimana jika Anda batal menyewa gedung tersebut?
    Tanyakan juga kebijakan pembatalan penyewaan gedung untuk berjaga-jaga jika Anda harus membatalkan acara pernikahan Anda karena suatu hal, seperti bencana alam atau perubahan gedung pernikahan.

Memilih gedung pernikahan bukanlah hal yang gampang. Anda harus mengetahu apa saja keperluanmu dan fasilitas yang tersedia di gedung tersebut. Untuk itu sangat dianjurkan agar Anda memiliki data-data sebagai acuan yang nantinya bisa ditanyakan kepada pihak yang menyewakan tempat. Beberapa hal yang mungkin perlu diutarakan adalah mengenai tanggal resepsi, berapa tamu undangan yang hadir, fasilitas apa yang tersedia, apakah ada peraturan tertentu yang harus dipatuhi, yang terpenting adalah biaya dari penyewaan tempat tersebut. Untuk kalian warga Malang dan sekitarnya, Berikut ini rekomendasi tempat pernikahan di Malang.

Rekomendasi Tempat Pernikahan di Malang

​Ijen Suites Resort & Convention
Tempat pertama yang bisa menjadi pilihanmu adalah Ijen Suites Resort & Convention Hotel. Tempat ini bisa kamu pilih karena letaknya yang strategis, karena hanya berjarak 12 km dari bandara Abdul Rachman Saleh. Tepatnya berada di kelurahan Klojen, kota Malang, Jawa Timur. Terletak di salah satu daerah yang paling bergengsi di Malang, Ijen Nirwana Residence, Ijen Suites Resort & Convention Hotel menyediakan fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk mendukung kebutuhan tamu.

Selain itu tempat ini cocok sekali untuk dijadikan tempat pesta pernikahan yang megah. Karena Fasilitas yang bisa mengakomodir segala kebutuhan tamu yang datang seperti landbouw restaurant, Cantonese Restaurant KDS dan Teja Sky Lounge siap menyajikan menu lezat bagi tamu undanganmu. Namun untuk menyewa fasilitas itu semua kamu harus merogoh kocek mahal karena harga sewa gedung ini cukup tinggi.

Cemara Ballroom
Rekomendasi tempat pernikahan di Malang selanjutnya adalah alah satu pilihan di kota malang ketika ingin mengadakan pesta pernikahan adalah Camera Ballroom. Failitas di sini cukup lengkap mulai dari gedung pertemuan yang mampu menanmpung tamu hingga 1000 orang, tempat parkir, dan masih banyak hal lainya yang ditawakan disini. Harga sewa untuk tempat ini juga terjangkau dengan fasilitas yang baik tentunya.

Kartika Graha Hotel
Tempat yang bisa menjadi pilihanmu selanjutnya adalah Kartika Graha Hotel. Tempat ini berada di Jl Jaksa Agung Suprato 17 Malang. Lokasi yang strategis di pusat kota bisa menjadi nilai plus dari tempat ini. Fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup lengkap dan nyaman. Selain itu kamu juga bisa menginap di tempat ini karena ini adalah hotel bintang tiga yang super populer di Malang.

Gedung Sasana Budaya Universitas Malang
Gedung sasana kriya bisa menjadi rekomendasi untukmu yang mencari gedung pernikahan yan murah. Harga sewa gedung ini hanya Rp. 7 juta pada hari weekend dan Rp.2,5 juta pada weekday. Namun jika kamu berfikir kalau gedung ini fasilitasnya seadanya kamu salah. Terdapat area parkir dan gedung yang cukup luas. Yang perlu menjadi perhatianmu adalah tampilan gedung ini yang tua. Namun itu tidak masalah jika fasilitasnya sudah mencukupi kebutuhan dalam pesta pernikahanmu.

Gedung Kartini
Gedung yang memiliki nama asli “Kartini Imperian Ballroom” adalah gedung yang sengaja dibuat untuk disewakan ke berbagai acara, yang merupakan kerjasama antara permerintah kota malang dan pihak swasta. Kamu bisa menyewa gedung ini untuk acara pernikahanmu karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan halaman parkir yang luas. Jadi, kamu tidak usah khawatir tentang lahan parkir untuk tamu-tamu undanganmu. Terlebih, Posisi gedung ini cukup stategis yang berada di Jalan Tangkuban Perahu.

Gedung Bakorwil
Gedung ini merupakan balai kota yang berada di pusat kota malang. Jika pada hari biasa, gedung ini digunakan untuk keperluan rapat kedinasan. Namu di saat weekend kamu bisa banget untuk menyewa gedung ini untuk acara resepseimu. Gedug ini mempunyai lahan parkir yang cukup besar sehingga tidak akan memusingkanmu untu masalah parkir. Lokasi strategis dan harga yang murah menjadi kunci utama dari tempat ini.

Gedung VEDC
Gedung VEDC ini beralamat di Jl. Teluk Mandar Tromol No.5, Anjosari, Blimbing, kota Malang. Fasilitas di gedung ini cukup lengkap mulai dari sound system, kursi lipat, ac, dan masih banyak lainya. Tempatnya yang berada di dalam kota akan mudah dijangkau oleh para tamu undangan. Untuk itu gedung ini wajib masuk kelist mu jika ingin mengadakan resepsi pernikahan di gedung.


Pada umumnya item termahal dari sebuah acara pernikahan di gedung adalah biaya katering (makanan dan minuman), bukan biaya sewa gedungnya. Khusus untuk wilayah Malang, harga sewa gedung pernikahan biasanya hanya berkisar antara Rp. 5.000.000 – Rp. 9.000.000 untuk kapasitas ruangan yang bisa menampung 800-1000 orang.

Kisaran harga sewa gedung di inipun sangat bervariasi tergantung jenis dan lokasi gedung serta fasilitas yang digunakan di dalamnya. Biasanya yang digunakan sebagai gedung pernikahan adalah ruang serbaguna Masjid besar di Malang, gedung-gedung pertemuan dengan kapasitas besar di atas 500 orang, atau bahkan di atrium ballroom hotel berbintang di wilayah Malang.

Gedung pernikahan yang dilengkapi dengan AC yang cukup, sound system yang bagus, penerangan lampu (lighting) yang memadai serta fasilitas lainnya sepertinya halnya pada atrium atau ballroom hotel berbintang pasti harga sewanya lebih tinggi dibandingkan gedung pernikahan dengan fasilitas yang biasa-biasa saja seperti di Masjid atau gedung pertemuan lainnya.

Itulah sekilas tentang artikel rekomendasi tempat pernikahan di Malang beserta ulasan lengkapnya. Untuk kalian yang masih bingung mencari paket pernikahan lengkap di Malang beserta jasa wedding organizernya, kalian bisa hubungi kami Berkah Enterprise 08113211445

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *