Lompat ke konten

Tips Membuka Usaha Catering Nasi Kotak Surabaya

Bagi anda yang punya ide buka usaha catering nasi kotak Surabaya, berikut ini kami berikan beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu anda lebih bisa merealisasikan ide usaha tersebut dengan lebih terarah. Hampir semua acara yang mengundang tamu dalam jumlah banyak, memakai  jasa catering nasi kotak. Bagi kalangan ibu-ibu yang memiliki hobi memasak dan ingin mencoba berusaha dari rumah, usaha catering nasi kotak menjadi sebuah alternatif usaha yang ideal dan pas bagi mereka. Pengelola catering nasi kotak tidak harus meninggalkan rumah dan urusan rumah tangga, sehingga mereka masih bisa mengontrol suami dan anak-anak mereka. Mereka dapat menggaji karyawan dan mereka  hanya perlu memasak dan mengontrol usaha catering nasi kotaknya.Berbekal pengetahuan memasak yang memadai dan mengerti selera konsumen, sebuah usaha catering nasi kotak dapat dimulai.

Berikut ada beberapa langkah untuk memulai usaha catering nasi kotak Surabaya:

  • Anda harus mulai dai hobby Anda dalam hal masak memasak

Dengan memiliki hobi memasak, semangat kita dalam menjalani usaha ini tidak akan mudah padam terutama jika keadaan kurang seperti yang diharapkan, misalnya usaha nasi kotaknya sedang mengalami kendala, sedang sepi pelanggan, dll. Kita pasti tidak akan patah semangat dan selalu berusaha bangkit karena kita ingin usaha nasi kotak kita terus maju. Melakukan sesuatu dengan senang hati adalah salah satu kunci keberhasilan berusaha.

  • Mulai pikirkan lokasi tersendiri untuk ruang produksi

Dalam mengelola usaha nasi kotak Surabaya, kita memerlukan ruang khusus untuk memasak pesanan makanan dalam jumlah besar. Memasak untuk pesanan tentunya akan memakan banyak ruang sehingga kemungkinan besar dapur kita tidak akan mencukupi. Oleh karena itu persiapkan ruangan tersendiri untuk mengelola dapur kerjanasi kotak kita sendiri.

  • Investasikan dana anda untuk membeli bahan-bahan makanan dan peralatan memasak

Hal ini memang merupakan sebuah keharusan untuk dipikirkan. Peralatan memasak untuk catering nasi kotak memeerlukan peralatan memasak rumah tangga yang lebih besar dan beragam, yakni ukurannya yang jauh lebih besar daripada peralatan masak rumahan, sehingga lebih muat banyak. Untuk beberapa saat, menggunakan peralatan memasak yang kita miliki di dapur rumah sudah mencukupi tetapi begitu omset bertambah, tentunya kita harus membeli peralatan yang lebih representatif untuk  usaha nasi kotak kita sehingga bisa memenuhi pesanan dengan lebih efisien.

  • Belajar lebih banyak lagi tentang usaha dan dunia kuliner

Sebelum kita terjun ke usaha nasi kotak, tentunya kita harus mempunyai wawasan kuliner yang beragam. Hal ini sangat penting sekali sebagai dasar berusaha karena tanpa pengetahuan yang cukup, kita  akan kurang maksimal dalam merespon keinginan konsumen. Tentunya dengan mempunyai wawasan kuliner yang luas, kita mempunyai pilihan beragam menu yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

  • Carilah karyawan yang cukup untuk membentu produksi dan pemasaran nasi kotak

Jika anggaran belum mengijinkan untuk mempekerjakan karyawan, cobalah meminta bantuan saudara dekat atau tetangga yang memiliki banyak waktu senggang. Rekrutlah beberapa karyawan secukupnya, sesuai dengan porsi kebutuhan kita.

  • Tentukan alamat kontak dan nomor telepon yang representatif

Alamat kontak dan nomor telepon sangat perlu supaya kita  dapat dihubungi kapan saja sehingga pelanggan bisa memesan tanpa harus kerepotan atau merasa kesulitan untuk menghubungi kita.

  • Pastikan anda memiliki beberapa supplier untuk stok bahan baku

Kita harus menyediakan cadangan bahan baku masakan sebanyak kurang lebih minimal 20% dari pesanan sehingga tidak akan terjadi kekurangan persediaan bahan. Tentunya kita tidak ingin kalau bahan makanan yang kita pakai tidak mencukupi pesanan.

  • Buat daftar pilihan paket menu nasi kotak yang beragam.

Susunlah menu yang akan dihidangkan sehingga  kita bisa mempromosikannya dalam selebaran dan memperlihatkannya pada calon pelanggan yang berkunjung. Semakin banyak pilihan menu, pelanggan akan semakin tertarik untuk mencoba berbagai macam menu.

Berikut langkah-langkah marketing online yang dapat digunakan untuk mempromosikan usaha nasi kotak Surabaya, yaitu:

·Riset kata kunci pencarian online via google tentang apa yang sering diketikan orang saat mereka membutuhkan jasa catering nasi kotak
·Buat website dengan CMS wordpress bayar orang untuk membuatnya jika anda merasa tidak mempunyai
·Beli Domain yang sesuai dengan kata kunci tersebut atau anda bisa gunakan Nama usaha Catering nasi kotak anda sebagai nama domain
·Gunakan jasa SEO untuk membuat website nasi kotak anda berada di halaman pertama pencarian
·Jika sudah berada di halaman satu pencarian, maka anda haus sudah siap dengan segala bentuk komunikasi dan korespondensi untuk berhubungan dengan konsumen

Sedangkan Berikut adalah langkah-langkah marketing offline yang dapat digunakan untuk memasarkan usaha nasi kotak Surabaya, yaitu:

  1. Berikan kartu nama kepada pelanggan atau orang lain yang sekiranya akan menjadi pelanggan potensial.
  2. Bangun hubungan yang harmonis dengan pelanggan yang sudah ada (existing customers) dan sebanyak mungkin orang.
  3. Berikan potongan harga jika ada yang membeli dalam jumlah besar atau berulang kali. Pelanggan yang diberikan potongan diskon, tentunya akan tertarik untuk memesan kembali. Ini merupakan strategi yang jitu dalam mempertahankan pelanggan.

Demikianlah kiranya tips untuk memulai bisnis nasi kotak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *