Lompat ke konten

Tips Kelola Pramusaji di Dunia Catering Prasmanan

Dunia kuliner terkenal dengan penyajian makanan secara khas diikuti dengan selera yang diminati oleh konsumen. Khususnya pada bisnis catering di Surabaya menyajikan makanan harus membutuhkan keahlian dan keterampilan yang memadai. Keterampilan tersebut tidak didapatkan secara instan mengingat bahwa dalam bisnis catering Surabaya murah juga berkaitan langsung dengan skill melayani pelanggan. Melayani pelanggan sendiri juga bukanlah hal yang mudah, karena jenis dan sikap pelanggan bervariatif.

Pada konteks pelayanan jasa tentunya jasa catering dihadapkan oleh berbagai kendala. Salah satu kendala tersebut adalah minimnya keterampilan pada pramusaji atau karyawan bagian dapur. Minimnya keterampilan tersebut juga didasarkan atas alasan bahwa perekrutan dilakukan secara bebas. Perekrutan secara bebas tersebut juga menimbulkan kurang berkualitasnya sumber daya manusia atau bahkan keterbatasan sumber daya manusia. Namun, perlu diketahui bahwa keterampilan dalam melakukan pelayanan pada pramusaji kepada konsumen atau pelanggan juga dapat diasah. Lalu apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

  1. Lingkungan Kerja
    Para profesional muda tahu bahwa dunia adalah tiram mereka, dan mereka tidak akan membuang waktu mereka bekerja di suatu tempat yang membuat mereka tidak bahagia sepanjang waktu. Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, dan praktikkan menunjukkan penghargaan. Jaga agar orang-orang Anda tetap termotivasi, bereaksi fleksibel, dan menjaga tim Anda ini membantu menumbuhkan kesejahteraan.
  2. Kehadiran
    Terlihat dan didengar, baik online maupun di acara-acara. Salah satu cara yang bagus untuk menarik orang sebagai majikan adalah bekerja sama secara erat dengan sekolah memasak terdekat. Atau mulailah melakukan pelatihan Anda sendiri.
  3. Peralatan
    Teknologi memasak yang cerdas dan jenis peralatan “pintar” lainnya dapat menghemat energi Anda dan tim dapur Anda dalam banyak cara. Apakah Anda memasak selama 30 atau seribu, mereka dapat sangat meningkatkan efisiensi Anda.
  4. Merasa dibutuhkan
    Setiap orang akan lebih nyaman apabila dibutuhkan dan bermanfaat untuk orang lain. Koordinasikan dan berikan satu kepercayaan kecil pada pegawai yang kurang terampil. Pemberiaan tanggung jawab tersebut dapat juga berbentuk tanggung jawab kecil seperti urusan mengiklankan produk dan jasa yang sedang Anda geluti. Buatlah suasana senyaman dan semenyenangkan mungkin, karena kenyamanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap pegawai. Artinya dalam membina pegawai kurang terampil dapat menggunakan pendekatan secara praktis tidak hanya melulu masalah teoritis.

Berkah Catering sudah berpengalaman dalam menangani catering prasmanan yang dimana didalamnya diwajibkan memiliki pramusaji yang trampil, karena pelayanan yang utamanya kita sajikan akan menjadikan catering kita baik dimata orang-orang dan pelanggan. Untuk catering prasmanan yang disediakan adalah paket catering pernikahan dan paket catering buka puasa di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *