Lompat ke konten

Tips Jitu Memilih Cincin Pernikahan

Selain catering pernikahan di Jakarta, ada unsur lain yang tidak kalah pentingnya untuk pernikahan kalian, yakni cicin pernikahan. Saatnya Anda berdua memilih cincin kawin atau cincin pernikahan. Pertama-tama ingatlah bahwa cincin yang akan tersemat di jari manis Anda berdua akan menjadi tanda janji sehidup semati antara Anda dan pasangan bukan semata-mata sebentuk aksesoris yang bisa Anda lepaskan jika bosan mengenakannya.

Cincin kawin adalah lambang pernikahan yang suci dimana Anda telah menjadi milik pasangan Anda dan juga sebaliknya. Setelah pesta usai, apalagi yang akan menjadi penanda bahwa Anda telah menikah? Pasangan Anda dan cincin yang tersemat di jari manis Anda berdua. Jadi pilihlah cincin kawin dari brand yang sudah teruji dengan emas atau berlian yang berkualitas.

Anda mungkin melihat teman yang menikah mengenakan cincin kawin di jari manis sebelah kiri atau kanan. Mengapa demikian? Pertanyaan ini dapat dijawab dari pernikahan itu sendiri. Di Eropa, kebanyakkan pasangan akan menyematkan cincin pernikahannya di jari manis sebelah kanan. Sedangkan pasangan Amerika akan menyematkannya di jari sebelah kiri. Jari manis sebelah kiri dianggap sakral karena pembuluh darah di jari manis tangan ini terhubung langsung ke jantung.

Namun, dimanapun Anda menyematkan cincin pernikahan Anda tidaklah masalah. Yang penting bagaimana Anda memilih cincin bulat lambang kesetiaan pernikahan Anda. Jadi bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk menikah, simak tips berikut ini untuk memilih cincin kawin yang tepat.

1. Persempit pilihan Anda.  
Buatlah daftar pertanyaan untuk Anda dan pasangan mengenai cincin nikah sebelum melihat-lihat koleksi yang tersedia. Anda dapat memulai dengan pertanyaan seperti jenis logam yang diinginkan, model yang sederhana, unik atau mewah/ 

Pikirkan juga apakah Anda berdua menginginkan ornamen seperti berlian atau batu permata pada bagian rangka cincin. Daftar pertanyaan seperti ini akan membantu Anda dan si dia lebih mudah mengerucutkan pilihan. 

2. Pertimbangkan untuk membeli cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus.
Jika Anda sudah memiliki cincin pertunangan, cara ini tidak berlaku. Akan tetapi, mengetahui model cincin yang cocok degan cincin pertunangan Anda, akan sangat membantu dalam membuat keputusan.

Contohnya, sebuah cincin tunangan dengan berlian berbentuk pear yang unik harus dipadukan dengan model cincin nikah yang sederhana dan tidak heboh. Misalnya, memadukan cincin tunangan solitaire dengan cincin kawin bertahta berlian-berlian kecil. 

3. Mulai pencarian Anda lebih awal. 
Ketika Anda sudah memiliki ide dasar mengenai pilihan cincin nikah, saatnya mencoba meluangkan waktu paling tidak dua atau tiga bulan sebelum tanggal pernikahan Anda untuk mencari, membandingkan harga dan melihat kembali koleksi cincin yang menarik perhatian Anda dan pasangan.

Terlebih jika Anda ingin mendesain sendiri cincin nikah, atau menambahkan ukiran. Biasanya hal ini akan memakan waktu sampai satu bulan atau lebih. 

4. Mix it up!
Anda dan pasangan mungkin memiliki  pilihan logam berbeda untuk rangka cincin nikah kalian. Jangan khawatir akan perbedaan tersebut. Sebaliknya, hal ini dapat membantu membuat cincin terasa lebih personal.

Anda dapat meminta contoh koleksi cincin nikah yang menggabungkan dua jenis logam berbeda, contohnya cincin braided bands dari emas putih dengan aksen emas kuning.

Atau, Anda dan pasangan dapat mengenakan cincin nikah dengan jenis logam yang berbeda sesuai selera tapi dengan mencari aspek yang serasi antara satu sama lain, seperti menambahkan ukiran yang sama atau klop satu dengan yang lain. 

5. Tentukan budget Anda. 
Siapkan 3% dari budget pernikahan sebagai budget cincin pernikahan Anda dan Si Dia. Bandingkan harga rangka cincin simpel dan harga cincin yang sudah diberi detail tertentu. Memodifikasi cincin sesuai dengan selera, seperti menambah ukiran atau memasang berlian, tentu akan memakan biaya lebih banyak.

6. Ingat gaya hidup Anda. 
Hindari membuang-buang uang Anda untuk membeli cincin nikah yang cantik, berharga mahal tapi tidak nyaman dikenakan atau harus sering dilepas karena tuntutan aktivitas. Ingat satu hal penting ini: Anda akan memakai cincin tersebut setiap hari, jadi pilihlah cincin nikah yang dengan dapat menjadi bagian dari gaya hidup Anda.

Anda dan pasangan dapat memilih model cincin yang biasa disebut comfort fit yang ramping dengan sisi-sisi yang membulat. Cincin dengan jenis logam solid tanpa hiasan batu permata atau desain rumit akan nyaman dipakai ketika mengerjakan sesuatu yang selalu menggunakan tangan seperti memasak. Sementara jenis logam platinum cocok untuk yang super aktif karena daya tahannya, terutama dari goresan. 

7. Jangan terburu-buru ketika memilih. 
Mungkin Anda tertarik dan ingin membeli tipe cincin braided rose gold ring atau  diamond eternity band, tapi ada baiknya ketika melihat-lihat cincin dengan model lainnya. Berbicaralah dengan pakar perhiasan dan biarkan mereka memberikan saran sesuai dengan kesukaan Anda.

Ingat juga bahwa kenyamanan adalah hal yang penting. Cobalah mengenakan cincin selama beberapa saat, lalu gunakan untuk menulis atau mengetik sebagai tes kenyamanan.  

8. Berpikir jangka panjang. 
Selain trendi, Anda perlu memastikan bahwa cincin nikah pilihan Anda dapat dipakai hingga berpuluh-puluh tahun kemudian, tetap nyaman dan sesuai untuk segala jenis kegiatan, baik itu pertemuan, kegiatan sosial dan lain-lain. Namun, jangan terlalu pusing karena Anda selalu memiliki waktu untuk meng-upgrade cincin pernikahan tersebut kemudian.

9. Perhitungkan masalah perawatan. 
Memperhitungkan masalah perawatan perhiasaan sangat penting. Terlebih cincin pernikahan adalah cincin yang akan dikenakan setiap hari. Pilih model dan jenis logam dengan cara perawatan sehari-hari yang mudah dilakukan sendiri seperti cincin emas. 

10. Tentukan ukuran dengan tepat. 
Pemakaian cincin nikah cenderung terus-menerus; dari musim satu ke musim yang lain, pada masa kehamilan, saat bekerja, saat suhu tubuh sedang panas, dingin dan saat berkeringat.

Pilih waktu final fitting ketika Anda dalam keadaan tenang dan suhu tubuh normal. Ini berarti Anda tidak dapat melakukannya di pagi hari, atau setelah berolahraga dan saat suhu tubuh sedang panas atau kedinginan. 

11. Periksa kualitas cincin kawin.
Pemeriksaan kualitas tidak hanya berlaku untuk cincin kawin tapi juga seluruh jenis cincin. Pastikan cincin yang Anda pilih memiliki minimal dua tanda di bagian dalam: tanda pembuat cincin dan tanda kualitas seperti PLAT atau 24K. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version