Lompat ke konten

Tips Efektif Menekan Budget Catering Pernikahan

Di antara begitu banyaknya keperluan pernikahan seperti kebaya atau gaun pengantin, suvenir, undangan dan lain sebagainya, katering menjadi kebutuhan yang menguras bujet cukup banyak. Terlebih bila jumlah tamu yang diundang tidak sedikit, porsi katering pun akan semakin banyak, yang berarti pengeluaran juga meningkat. Salah satu solusi untuk mengurangi bujet yang membengkak adalah dengan memangkas biaya katering. 

Jika membahas tentang harga catering pernikahan per porsi, mungkin akan muncul pikiran untuk mengeluarkan banyak biaya. Padahal pemikiran seperti itu belum tentu benar, karena semua pengeluaran di acara pernikahan akan ditentukan sendiri oleh pihak pengantin.

Dalam menentukan anggaran tentunya harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Buatlah konsep acara semenarik mungkin dengan memberikan hidangan terbaik kepada para tamu undangan. Apalagi, menu makanan akan menjadi sorotan para tamu yang datang di acara pernikahan dan dapat jadi penilaian seberapa meriah acara tersebut. Anggaran untuk hidangan memang cukup besar yang bisa mencapai angka 30-40% dari total anggaran. Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menentukan serta menekan harga catering pernikahan di Jakarta dengan perhitungan yang tepat dan hemat.

  1. Menentukan Anggaran
    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menentukan harga catering pernikahan dengan tepat adalah menentukan anggaran. Tentukanlah jumlah anggaran yang sanggup kamu keluarkan berdasarkan dengan kebutuhan acara pernikahan atau bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
    Jangan sekali-kali menitikberatkan kepada gengsi atau tren yang pada saat ini. Jika kamu tetap memaksakan dalam menetapkan anggaran yang terlalu besar, tentu akan menjadi beban yang berat apalagi jika menggunakan dana dari hutang atau meminjam.
  2. Tentukan Jumlah Tamu yang Akan Diundang dan Kemudian Dikalikan Dua
    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menghitung harga catering pernikahan per porsi adalah dengan menentukan secara pasti jumlah tamu yang akan diundang sebelum menentukan jumlah porsi catering. Tidak perlu mengundang banyak tamu jika kamu ingin berhemat, tapi prioritaskan saja keluarga dekat terlebih dahulu.
    Hal tersebut bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan kekeluargaan antar dua keluarga pasangan pengantin. Setelah itu, baru undang semua sahabat dan beberapa kerabat sekolah, kuliah, dan kerabat kerja. Usahakan untuk tidak asal mengundang tamu yang tidak mungkin bisa datang. Bisa saja kerabat kuliah ada yang sedang ada aktivitas perkuliahan di luar daerah maupun luar negeri.
    Cara untuk menentukan harga catering pernikahan per porsi adalah dengan cara menentukan jumlah keseluruhan tamu, di mana setiap satu orang tamu dihitung dua porsi. Misalnya, terdapat undangan total 500 eksemplar dan secara otomatis akan ada sebanyak 1000 porsi makanan. Terdapat alternatif untuk menentukan harga catering pernikahan per porsi yang bermaksud untuk berhemat. Caranya adalah mengurangi sebanyak 10% total porsi makanan, karena pasti tidak semua tamu yang hadir akan datang berdua dan pasti ada yang datang sendirian.
  3. Kurangi Jumlah Tamu
    Adakah keinginan untuk mengadakan pernikahan dengan suasana intim dengan para kerabat dan sahabat tanpa kehadiran tamu tidak dikenal? Jika setuju itu berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengurangi bujet katering. Undang tamu yang hanya dikenal, tanpa perlu mengajak kolega dari kedua belah pihak orang tua yang tidak dikenal oleh kedua pengantin. Dengan hanya dikelilingi oleh orang-orang terdekat, suasana pesta pun akan terasa lebih hangat. Anda tinggal mengerucutkan jumlah tamu undangan yang telah di-list, dan sesuaikan dengan jumlah porsi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  4. Mengadakan Resepsi Di Malam Hari
    Siang hari biasanya merupakan saat dimana orang akan makan dengan porsi lebih banyak karena rasa lapar yang melanda. Sementara di malan hari, beberapa orang cenderung mengurangi porsi makan atau bahkan menghindari makan pada jam-jam tersebut. Terutama mereka yang tengah menjalani program diet. Karenanya, bila Anda menggelar resepsi malam hari sekitar pukul 19.00, rasa lapar para tamu cenderung berkurang sehingga keinginan untuk makan pun menurun, tak lagi dengan porsi besar. Dengan begitu, bujet Anda untuk katering pun dapat dikurangi.

Itulah 5 cara efektif mengurangi budget catering pernikahan kalian, jika dirasa kurang efektif mungkin solusi terakhirnya adalah memilih berkah catering sebagai vendor pernikahan, karena berkah catering memiliki paket catering pernikahan Surabaya murah yang bisa kalian pilih sebagai alternatif solusi ketika budget catering pernikahan kalian sudah dirasa membengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *