Lompat ke konten

Tentang Surat Sehat Nikah Bagi Para Calon Pengantin

Saat kita berbicara mengenai wedding preparation atau persiapan pernikahan, kebanyakan orang akan mempertimbangkan undangan, sewa gedung, dan anggaran pesta. Padahal ada juga hal penting lain yang perlu diperhatikan yakni pemeriksaan kesehatan berupa surat sehat untuk nikah terlebih dalam suasana pandemi COVID-19 saat ini. Pemeriksaan kesehatan diperlukan untuk memeriksa apakah jenazah kedua calon pengantin siap melahirkan dan memastikan bahwa tubuh mereka bebas dari penyakit berbahaya yang dapat ditularkan ke pasangannya melalui hubungan seksual.

Hasil pemeriksaan kesehatan sebelum menikah menjadi salah satu syarat yang harus diberikan kepada KUA dalam pengajuan akta nikah. Karena inilah salah satu konten penting dalam persiapan pernikahan. Kamu bisa memeriksakan kesehatan pranikah di rumah sakit atau pusat kesehatan. Bagi kamu yang memilih memeriksakan fisik ke Puskesmas sebelum menikah, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui agar mendapatkan surat sehat untuk nikah tersebut.

Sebelum kita berburu paket pernikahan yang akan dipilih, kalian harus paham dulu nih mengenai artikel berikut ini, dimana prosedur pemeriksaannya ialah melalui beberapa tahap berikut.

Tahapan Persiapan Membuat Surat Sehat untuk Nikah

1. Periksa persyaratan pemeriksaan di puskesmas tujuan

Sebelum melakukan medical check up sebelum menikah, hal pertama yang perlu diketahui adalah kebijakan dan persyaratan apa yang telah ditetapkan oleh Puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan tersebut. Beberapa ada juga yang mengharuskan untuk membawa surat pengantar kelurahan, beberapa tidak.

Selain itu jika kamu sudah memeriksa persyaratannya di tempat lain selain tempat tinggal kamu, harap diperhatikan juga apakah hal tersebut menerima KTP dari daerah lain, atau apakah hanya KTP dari wilayah itu saja dan harus sesuai dengan daerah tempat kamu berada.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa keadaan sebelum pemeriksaan kesehatan untuk menghindari kegiatan berulang untuk memenuhi persyaratan. Kamu juga dapat mengunjungi puskesmas tujuan dan bertanya kepada petugas di sana.

Kemudian mungkin bisa meminta brosur tentang pemeriksaan kesehatan pranikah. Hal tersebut tak lain untuk dapat memenuhi persiapan pernikahan yang dibutuhkan saat pengujian agar mendapatkan surat sehat untuk nikah ini.

2. Perhatikan biaya pemeriksaan kesehatan sebelum menikah

Biasanya pemeriksaan kesehatan pranikah gratis untuk abses. Namun kamu perlu menentukan terlebih dahulu apakah ada kebijakan pemeriksaan kesehatan pranikah gratis untuk abses di daerah kamu itu.

Biasanya terdapat paket tes pranikah tersendiri, yang berisi rangkaian tes yang penting bagi kedua mempelai. Nah, jika ingin melakukan health check di luar rangkaian tersebut, maka tentunya akan ada biaya tambahan. Hal inilah yang kemungkinan besar juga harus turut disiapkan.

3. Ikuti semua prosedur terkait dengan pemeriksaan tersebut

Ada beberapa prosedur yang harus diikuti agar mendapatkan surat sehat untuk nikah tersebut? Beberapa di antaranya ialah seperti pemeriksaan berat badan, periksa tinggi badan, serta periksa tekanan darah. Isilah kuesioner psikiatri untuk membantu kamu menentukan apakah memiliki masalah kesehatan lainnya.

Tes kesehatan sebelum menikah seperti cek darah secara lengkap seperti pemeriksaan golongan darah dan gula darah. Cari tahu juga apakah ada penyakit dalam darah kamu, dan skrining untuk HIV, hepatitis serta sifilis. Vaksin tetanus juga cukup penting untuk calon pengantin. Fungsinya ialah untuk melindungi kamu dan calon buah hati dari komplikasi berbahaya terkena tetanus saat hamil.

Ijazah atau akta tersebut merupakan persyaratan wajib untuk pencatatan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) atau Catatan Sipil bagi penduduk yang akan memenuhi janji hidupnya di North Carolina State University. Tes kesehatan ini merupakan perintah dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 185 Tahun 2017 Provinsi DKI Jakarta tentang konsultasi kesehatan dan pemeriksaan calon pengantin.

Sebagaimana kemudian juga disebutkan pada Pasal 7 (2) yang berisi: ‚ÄúSetiap warga masyarakat yang menikah di DKI Jakarta termasuk masyarakat miskin dalam data BDT (Basis Data Terpadu) terkini, memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk mendapatkan konsultasi serta pemeriksaan kesehatan atas catin yang memenuhi syarat, termasuk pelayanan. Informasi sementara dengan mempertimbangkan prinsip keadilan dan kesetaraan gender. “

Memang bukan tanpa alasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kemudian mengeluarkan peraturan tersebut. Tujuannya adalah untuk mendeteksi sejak dini penyakit genetik serta penyakit menular (thalassemia) lainnya yang mungkin nantinya dapat mempengaruhi kehidupan calon pengantin juga anaknya.

Setelah memeriksa calon pengantin dan mendapat konsultasi yang bersangkutan, maka akan menerima akta nikah. Tanpa dokumen yang berisi surat sehat untuk nikah tersebut, pemerintah daerah (pemda) DKI menegaskan bahwa pasangan tidak boleh menikah karena dalam sertifikat tersebut berisi hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing.

Kemudian gunakan ijazah ini sebagai persyaratan pengurus untuk mendapatkan Formulir N1, N2 dan N4 saat mengurus perkawinan di Kantor Kelurahan. Formulir N1 (Surat Nikah), N2 (Surat Keterangan Asal) dan Surat Keterangan Orang Tua (N4).

Sertifikat kualifikasi pernikahan dan sertifikat pemeriksaan kesehatan Katyn juga merupakan persyaratan wajib dan harus dilampirkan pada catatan pria dan wanita untuk mendaftarkan pernikahan di KUA distrik atau kantor catatan sipil.

Setelah menyelesaikan semua pemeriksaan di atas dan mendapatkan hasilnya, kamu akan mendapatkan surat keterangan sehat yang menyatakan bahwa masalah fisik dan mental sebelum menikah kamu sehat seluruhnya, serta siap untuk menikah. Sertifikat ini akan dimasukkan dalam dokumen lamaran yang diserahkan ke KUA dan Kelurahan sebagai salah satu syarat pernikahan.

Sekian ulasan mengenai surat sehat untuk nikah yang harus kamu persiapkan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu proses yang akan kamu jalani serta persiapkan menjelang acara pernikahan. Mudah-mudahan acaranya dapat berjalan dengan baik dan lancar serta tanpa kendala berarti dan semoga kalian juga bisa memilih jasa catering pernikahan yang tepat agar di masa pandemi ini kita bisa menjaga daya tahan tubuh kita dengan manfaat makanan yang sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *