Lompat ke konten

Taplak Meja Prasmanan

Taplak meja prasmanan atau yang biasa disebut dengan table skirting ini adalah kain pelindung meja untuk hidangan prasmanan yang bisa berfungsi sebagai penghias meja prasmanan. Jenis taplak meja prasmanan biasanya terbuat dari jenis kain satin dengan beraneka ragam warna (merah, hijau, biru dan sebagainya). Kegunaan dari table skirting ini adalah :

  1. Menghias meja prasmanan agar layak
  2. Menyesuaikan warna meja prasmanan dengan tema acara.
  3. Melindungi meja dari makanan prasmanan sehingga akan lebih awet.

Cara memasang taplak meja prasmanan berbeda dengan taplak meja makan, karena kain satin yang digunakan bisa di lepas pasang sesuai dengan keinginan kita dan memudahkan pencucian dari taplak meja tersebut, cara teknis memasang table skirting / taplak meja prasmanan :

  1. Bagian atas meja prasmanan dilapisi dengan kain oscar / kain satin yang berwarna putih polos.
  2. Kain satin atau taplak meja dipasang di pinggiran meja dengan cara di tempelkan dengan jarum atau paku payung dari sudut meja untuk menguatkan posisinya kemudian sambungkan dengan sudut meha yang lain dan tancapkan jarum atau paku payung untuk menguatkan posisinya.
  3. Lakukan ke semua sudut meja sampai semua meja terbungkus rapih dengan kain satin, kemudian tambahkan jarum atau paku payung ke beberapa titik untuk menguatkan posisi kain.
  4. Buatlah lipatan yang menarik dengan bantuan jarum pentul sesuai dengan kreasi yang diinginkan
  5. Jaga jarak ujung kain dengan lantai, jangan sampai tersentuh lantai untuk menghindari kain terinjak oleh orang yang makan.
  6. Pastikan semua kaki meja tertutup rapih oleh kain satin

Taplak meja prasmanan biasanya dipasang di meja prasmanan bentuk bulat atau kotak persegi panjang. Kalian pasti selalu menemukan ketika menghadiri acara pernikahan, dimana jika kalian melihat meja prasmanan pada catering pernikahan tersebut di tutup oleh kain satin dengan aneka macam warna sehingga terlihat lebih menarik.

Pemilihan warna kain taplak meja prasmanan haruslah sesuai dengan tema dekorasi kalian, pemilihan taplak meja biasanya juga menyesuaikan dengan warna tenda atau warna dari dekorasi pelaminan ketika acara pernikahan. Taplak meja prasmanan yang baik tentunya haruslah bersih dan tidak bernoda, oleh karenanya para pelaku usaha catering prasmanan haruslah selalu mencuci kain taplak sehabis acara untuk menjaga kebersihannya.

Taplak meja prasmanan dalam fungsinya untuk melindungi meja dari kotoran makanan prasmanan, dikarenakan pada saat acara makan tentunya tidak sedikit makanan yang berhamburan keluar dari pemanas makanan, oleh karena itulah taplak meja prasmanan juga dibutuhkan. Semoga artikel mengenai taplak meja prasmanan atau table skirting ini bisa lebih memberikan informasi dan berguna kepada kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *