Lompat ke konten

Susunan Acara Pernikahan Kristiani yang Perlu Diketahui

Masing-masing agama tentunya memiliki tata cara tersendiri dalam melakukan sebuah pernikahan. Susunan acara pernikahan Kristen tentunya sangat berbeda dengan susunan acara untuk pernikahan Islam dan agama lainnya. Namun tujuan utamanya tetap sama, yaitu menyatukan sepasang manusia melalui sebuah ikrar dan janji. Saat telah bertemu orang yang paling dicintai, rencana selanjutnya yang pasti ingin kita lakukan adalah melangsungkan pernikahan. Pernikahan akan sangat baik jika diselenggarakan di gereja jika umat kristiani.

Namun pernikahan di dalam gereja tidak bisa dilangsungkan sembarangan, melainkan harus ada urutan yang sesuai. Mulai dari pembukaan, pemberkatan, hingga penutup. Semua yang diselenggarakan sesuai urutan, tentu hasilnya akan kian maksimal.

Dalam agama Kristen, penyelenggaraan acara pernikahan bahkan sering dimulai satu hari sebelum acara pengambilan janji. Prosesi tersebut sangat perlu dilakukan untuk menunjang kesakralan dan keabsahan dari pernikahan itu sendiri. Susunan acara tersebut sangat perlu dilakukan agar pernikahan bisa dianggap sah baik secara agama maupun negara.

Seringkali beberapa di antaranya hanya ingin sah secara agama, sehingga melakukan prosesi pernikahan secara tidak lengkap. Nah, sebisa mungkin kamu harus menyelesaikan semua prosesinya dari awal hingga akhir secara lengkap agar pernikahanmu bisa disebut sah secara agama maupun negara.

Tentunya pernikahanmu bisa lebih aman dan tidak mengundang masalah baru. perlu kamu ketahui dalam agama Kristen terdapat susunan acara khusus untuk melangsungkan pengikatan janji antara dua orang yang saling mencintai. Susunan acara pernikahan Kristen dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Pembekalan pernikahan / Katekisasi Pranikah

Sebelum melangsungkan acara pemberkatan, kedua mempelai akan mengikuti bimbingan konseling pranikah yang akan dilangsungkan di gereja. Pembekalan tersebut tentunya untuk menunjang penyelenggara acara pernikahan yang lebih bahagia dan bertanggung jawab. Kedua mempelai akan diyakinkan dan diberi banyak ilmu mengenai pernikahan.

2. Bidston Pernikahan

Satu hari menjelang pemberkatan maka akan diselenggarakan kegiatan doa di gereja yang disebut dengan bidston. Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan pengharapan untuk kelancaran acara berikutnya. Pada kegiatan ini akan dilakukan rangkaian acara seperti pada ibadah di gereja secara umum seperti lantunan doa, pujian dan lain sebagainya.

3. Pemberkatan

Susunan acara pernikahan Kristen yang paling utama ialah pemberkatan pernikahan yang akan berlangsung di sebuah gereja. Beberapa di antaranya sering mengadakan prosesi pemberkatan di rumah atau gedung pernikahan. Akan tetapi gereja menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk mendukung kesakralan dari proses pemberkatan.

Upacara pemberkatan tak ayalnya seperti prosesi akad Nikah dalam islam, akan dihadiri oleh keluarga kedua mempelai serta jemaat gereja. Kedua mempelai akan berdiri di area depan atau mimbar. Sementara itu keluarga akan duduk paling depan diantara barisan para jemaat. Prosesi akan diawali dengan lantunan pujian bersama-sama, pemberitaan firman Tuhan, kemudian dilanjutkan dengan upacara peneguhan nikah yang dipimpin langsung oleh pendeta.

Upacara peneguhan tersebut berisi beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh masing-masing mempelai. Pertanyaan tersebut bermaksud untuk mengetahui kesungguhan masing-masing mempelai untuk kemudian dijawab dengan sangat yakin secara simbolis dan bergantian. Susunan acara pernikahan Kristen yang paling inti ini akan menjadi prosesi yang menyatukan kedua mempelai, kami menyediakan paket akad nikah Jakarta yang juga bisa dipakai dalam prosesi umat kristiani

4. Pengucapan Janji Pernikahan

Masih dalam upacara pemberkatan berikutnya kedua mempelai akan mengucapkan janji pernikahan. Janji tersebut merupakan pernyataan kesanggupan keduanya untuk menjadi suami dan istri di mana janji tersebut merupakan pertanggungjawaban keduanya untuk seumur hidup. Pengucapannya akan dipandu langsung oleh pendeta dan harus diucapkan dengan lantang dan jelas.

5. Penyematan Cincin

Prosesi pemberkatan sudah selesai hingga ke pengucapan janji pernikahan. Susunan acara pernikahan Kristen berikutnya ialah penyematan cincin pernikahan yang sudah dipersiapkan oleh kedua mempelai. Cincin tersebut akan dipasangkan pada jari manis tangan kanan dari masing-masing mempelai.

Penyematan cincin tersebut kedua mempelai pengantin tersebut dinyatakan sah secara agama dan negara sebagai pasangan suami istri. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan prosesi lainnya yang masih menjadi bagian dari kesakralan acara pernikahan.

6. Sungkem

Prosesi sungkeman tidak hanya dilakukan oleh pengantin dengan adat Jawa dan sekitarnya. Untuk pengantin dengan prosesi Kristen seperti ini juga akan melangsungkan proses sungkem terhadap kedua orang tuanya. Mempelai laki-laki akan berdiri di sebelah kanan dan mempelai perempuan di sebelah kiri untuk melakukan sungkeman sebagai ucapan terima kasih kepada kedua orang tua.

7. Penutup

Setelah proses sungkeman selesai susunan acara pernikahan Kristen berikutnya akan segera berakhir dan memasuki bagian penutup. Prosesi pernikahan atau pemberkatan ini akan ditutup oleh lantunan doa berkat serta nyanyian penutup. Setelah itu, seluruh prosesi sudah berakhir dan bisa dilanjutkan dengan acara resepsi di tempat yang terpisah.

8. Resepsi

Tempat resepsi pernikahan biasanya akan dilangsungkan secara terpisah dari gereja tempat pemberkatan. Acaranya bisa saja di rumah sang mempelai wanita atau di sebuah gedung khusus. Untuk susunan acara resepsi pernikahan biasanya akan bersifat umum, baik secara adat maupun internasional. Susunannya pun bisa disesuaikan dengan kondisi atau rekomendasi dari pihak WO. Kamu juga bisa sewa jasa MC pernikahan Kristen agar perayaan semakin meriah. 


Demikian penjelasan singkat mengenai susunan acara pernikahan kristen di gereja. Susunan acara tersebut bersifat wajib terutama prosesi pemberkatan dan peneguhan pernikahan. Untuk acara resepsi pernikahan bisa dilaksanakan ataupun tidak karena bersifat opsional tergantung kesepakatan keduanya. Pastikan persiapkan acara pernikahan kamu tersebut dengan sangat matang. Kami berkah group juga menyediakan paket pernikahan Jakarta yang bisa kalian pakai dalam penyelenggaraan pernikahan kristen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *