Lompat ke konten

Strategi Penentuan Harga Catering ala Berkah Catering

Saat memulai bisnis catering di Tangerang dan sekitarnya, menetapkan harga untuk menu Anda adalah salah satu tugas terbesar yang Anda hadapi. Harga harus mencakup uang yang dihabiskan untuk makanan serta biaya tenaga kerja, waktu dan perjalanan. Menetapkan harga yang memungkinkan bisnis Anda menghasilkan laba sementara juga bersaing dengan pesaing cukup mudah dilakukan.

Sebagai salah satu penyedia jasa catering pernikahan di Tangerang, kami ingin memberikan beberapa tips dan strategi dalam memberikan harga. Simak berikut ini.

  1. Pilih sistem penetapan harga untuk menu dan layanan Anda. Ada tiga sistem penetapan harga yang umum digunakan oleh perusahaan katering. Harga tetap adalah sistem di mana setiap item pada menu memiliki biaya dan kuantitas tetap. Misalnya, Rp 30.000,00-, untuk dua porsi ayam panggang. Harga berjenjang adalah sistem di mana harga per orang turun semakin tinggi jumlah total tamu naik. Sistem ini biasanya digunakan untuk prasmanan tetapi juga dapat digunakan saat menyajikan makanan duduk dengan piring individu dan porsi yang telah ditentukan. Penentuan harga khusus adalah sistem di mana Anda membuat kutipan khusus untuk setiap pelanggan berdasarkan kebutuhan dan biaya Anda. Pilih sistem yang menurut Anda paling menguntungkan bisnis Anda.
  2. Tentukan markup untuk menu Anda. Markupnya adalah berapa banyak tambahan yang akan Anda bebankan pelanggan selain biaya bahan-bahannya. Menandai item menu Anda akan memastikan bahwa Anda tidak hanya membuat kembali biaya menyiapkan makanan, tetapi juga dibayar untuk waktu persiapan dan tenaga kerja. Markup yang cukup tinggi juga akan memastikan bisnis Anda menghasilkan untung, tetapi perlu diketahui bahwa markup yang terlalu tinggi dapat kehilangan pelanggan potensial yang ingin menghemat uang. Banyak perusahaan catering bertujuan untuk menaikkan harga tiga kali lipat dari harga makanan aktual saat membuat harga akhir untuk menu mereka.
  3. Putuskan apakah Anda ingin memasukkan biaya tambahan dalam harga menu Anda. Biaya-biaya ini dapat termasuk biaya pengiriman, biaya memotong kue atau biaya pengaturan / pencabutan. Jika Anda memilih untuk menambahkan biaya tambahan untuk layanan ini, penting bahwa biaya tersebut diuraikan dalam menu Anda dan dalam kontrak apa pun yang Anda persiapkan dengan klien.
  4. Buat konsep kasar menu catering Anda.
  5. Teliti harga perusahaan catering lainnya di daerah Anda dan bandingkan harga menu mereka dengan harga menu Anda. Secara khusus lihat bagaimana perbandingan harga mereka untuk item menu serupa. Buat penyesuaian yang diperlukan untuk harga katering Anda untuk memastikan bahwa Anda akan dapat bersaing dengan perusahaan lain. Anda mungkin perlu sedikit menurunkan tarif, menghapus beberapa biaya tambahan atau menyertakan layanan gratis dengan menu Anda untuk menarik pelanggan ke perusahaan Anda di atas perusahaan dengan harga yang sama atau lebih rendah.
  6. Selesaikan menu catering Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version