Lompat ke konten

Seberapa Pentingkah MC dalam Pernikahan Anda

Pernikahan adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Banyak harapan yang dititipkan pasangan pengantin bahkan keluarga calon pengantin pada acara spesial tersebut. Sebab itu, pasti semua orang menginginkan pernikahan berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan dan pastinya menyenangkan agar bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan seumur hidup.

Mungkin kebanyakan calon pengantin sering terfokus pada vendor-vendor seperti venue, makeup, dekorasi, gaun pengantin dan catering pernikahan Jakarta saat mempersiapkan pernikahan mereka. Tak jarang malah melupakan vendor seperti MC dan entertainment.

Padahal, apakah Anda tahu kalau vendor MC dan entertainment memiliki peran tak kalah penting demi keberlangsungan pesta pernikahan Anda? Untuk itu, berikut Weddingku akan memberikan beberapa alasan Anda juga harus memberikan perhatian pada vendor MC dan entertainment ini.

Pernahkah kamu melihat sebuah pesta pernikahan tanpa kehadiran MC pernikahan? Bak sayur tanpa garam, pastinya acara akan berjalan dengan hambar.

Hal itu dikarenakan kehadiran Master Ceremony atau MC pernikahan memang sangat dibutuhkan. Tujuannya sendiri sangat banyak. Mulai dari mengatur jalannya acara, MC juga akan memeriahkan sehingga acara yang berlangsung tidak monoton.

Dalam artikel kali ini kamu akan disuguhi berbagai informasi penting terkait MC, sehingga kamu tidak lagi mengabaikan keberadaanya. Selain itu, artikel ini akan memperhitungkan betapa penting seorang MC untuk acara pernikahanmu.

MC Berbeda dengan Pembawa Acara

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa MC dan pembawa acara adalah orang dengan peran sama. Padahal keduanya meskipun memang sama-sama akan berada di sebuah acara, namun terdapat perbedaan.

Pembawa acara yang kerap disingkat menjadi PA, lebih sering digunakan untuk mengawal acara-acara formal. Di antaranya yaitu acara-acara kenegaraan yang melibatkan tokoh-tokoh penting.

Di sini seseorang yang diutus menjadi pembawa acara, biasanya hanya akan membawakan acara sesuai dengan susunan acara, dan tidak dituntut untuk melakukan improvisasi. Bahasa yang digunakan pun biasanya bahasa baku dan formal, cenderung kaku.

Sementara MC adalah sebutan pada mereka yang juga membawakan acara. Namun biasanya MC diperuntukan pada beberapa acara non-formal, seperti konser musik, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

MC yang tugasnya juga sama dengan pembawa acara, yaitu mengawal sebuah acara dari awal hingga akhir. Dituntut untuk mampu melakukan improvisasi, hingga memungkinkan untuk menghibur audiens, hingga membangkitkan semangat. MC juga kerap diminta untuk membawakan game atau kuis, dan lain sebagainya.

MC Pernikahan

Lalu, bagaimana dengan peran MC pernikahan? MC pernikahan pun bisa dibagi lagi menjadi dua. Pertama yaitu menggunakan MC akad nikah yang kemudian selanjutnya di acara resepsi bisa dipilih MC nikahan yang berbeda.

Meski tidak menutup kemungkinan ada juga MC yang mampu memahami dan menguasai prosesi akad nikah atau adat, namun juga lihai saat membawakan acara santai. Hal ini dapat berlaku sebaliknya. 

Peran MC sangat penting dalam sebuah acara pernikahan. Ia yang kemudian akan memandu acara, mulai dari awal hingga akhir acara, hingga runutan acara tidak keluar dari susunan acara yang telah dirancang sebelumnya.

Selain mengendalikan acara dan mengontrol waktu, MC juga akan menghibur seluruh tamu yang hadir di acara pernikahan, dengan caranya sendiri. MC yang akan menentukan nyama tidaknya sebuah acara, hingga semua merasa tidak bosan dan senang berlama-lama di tempat tersebut.

Karakter MC yang Baik

Sebelum kamu menentukan MC pernikahan yang akan mengawangi acara istimewamu, sebaiknya kamu tahu betul bahwa seorang MC harus memiliki beberapa karakter tertentu. Di antaranya yaitu:

  • Berwawasan luas
  • Komunikatif
  • Supel dan luwes
  • Kreatif
  • Humoris
  • Penguasaan bahasa
  • Good looking
  • Bersuara bagus
  • Menguasai mic dengan baik
  • Mengenal banyak adat dan budaya pernikahan

Karakter MC tersebut merupakan hal lumrah dan standar, bahkan karena harus memiliki suara yang sedap didengar. Tak jarang MC pun berasal dari para penyiar radio yang juga memiiki peran yang sama ketika mereka membawakan sebuah acara di radio. Sebab itu, tidak salah bila kamu menggunakan MC yang juga berasal dari radio yang kerap kamu dengarkan.

MC juga wajib berwawasan luas, karena bagaimana pun juga ialah yang akan mengendalikan jalannya sebuah acara. Sehingga ia juga memiliki kemampuan untuk mengolah acara hingga lebih baik bahkan menyenangkan.

Selain itu, MC juga sebaiknya tetap memiliki sikap yang baik, tidak sombong dan angkuh, sehingga siapa pun senang berbicara dengannya. Dan yang pasti menjunjung tinggi tanggung jawabnya. Ini juga yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih MC untuk acara pernikahanmu.

Di mana MC yang baik, harus datang sebelum acara di mulai, mengenakan pakaian yang sesuai dan sopan, memiliki cue card untuk acuannya sendiri, dan mampu mengaitkan satu acara ke acara lainnya dengan baik.

Lantas bagaimana caranya memilih MC yang tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

Tips Memilih MC yang Tepat

Seberapa Pentingkah Seorang MC pada Sebuah Pernikahan dan Bagaimana Cara Memilihnya :

1. Kriteria
Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan MC pernikahan mana yang akan digunakan adalah menentukan kriterianya. Bicarakan dengan pasangan atau keluarga lain yang lebih mengerti, bagaimana sebagai kriteria MC yang bisa digunakan pada acara pernikahanmu.

Ini juga bisa dikaitkan dengan tema pernikahan yang akan digelar. Berarti tentukan dulu tema pernikahan, baru kemudian mulai menyisir MC mana saja yang paling tepat untuk acara tersebut.

Jika kamu ingin pesta pernikahan tradisional dengan tata cara dan pakem yang ada, maka sebaiknay dipilih MC yang juga menguasai dengan baik, bahasa daerah yang akan digunakan. Tujuannya jelas, agar MC tidak salah ucap atau terhindar dari kesalah pahaman yang bisa saja terjadi karena tidak mengerti bahasa yang disampaikan.

Begitu juga bila pernikahan diselenggarakan dengan tema internasional dan sebagian besar tamu adalah mereka yang tidak menggunakan bahasa Indonesia, namun bahasa asing. Ini jelas, kamu harus memilih MC yang juga fasih bahasa asing tersebut.

Kamu harus ingat betul, bahwa ini adalah pesta pernikahan sekali seumur hidup, yang kamu pertaruhkan acara dan nama baikmu, dari tangan seorang MC.

2. Budget
Berikutnya tip untuk mendapatkan MC yang tepat adalah dengan menentukan budget-nya. Semakin tinggi jam terbang seprang MC maka akan semakin mahal pula bayaran jasanya.

Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa membuat daftar nama MC terlebih dahulu, kemudian mencari tahu rate dari masing-masing MC. Kemudian dari pemilihan ini biasanya akan mengerucut lebih kecil lagi, hingga akhirnya berada di batas fee yang sesuai.

Dari situ, baru tentukan MC mana yang akan digunakan dan pastikan juga sesuai dengan kriteria yang telah disebut di atas. Kisaran bayaran MC sendiri sebetulnya cukup beragam, mulai dari harga terendah Rp500 ribu hingga puluhan juta rupiah.

3. Profesional
Ini dia tip ketiga yang juga wajib kamu pertimbangkan. Kamu harus memilih MC pernikahan yang bisa bersikap profesional. Keprofesionalannya sendiri bisa ditunjukkan ketika pertama kali kamu bertemu dan berbincang dengannya.

Selain itu, seorang profesional biasanya juga memiliki dokumentasi dan portofolio dirinya sendiri. Kamu juga bisa meminta MC tersebut untuk menunjukkan salah satunya, sebagai gambaran.

Cara mudah lainnya bisa juga kamu temuka di media sosial. Ya, media sosial saat ini memang bisa dijadikan kunci apakah seseorang terlihat bisa bekerja atas tigasnya atau tidak. Lebih mudah, bukan?

4. Memiliki Selera Humor
Ya, ini juga yang wajib kamu perhatikan ketika memilih MC. Meskipun betul, bahwa acara pernikahan adalah acara yang sakral dan dituntut untuk serius, namun yakinlah, acara akan berlangsung membosankan dan monoton, bila terus berlangsung demikian.

Bahkan acara bisa terkesan garing dan akan dengan mudah dilupakan. Sementara buatmu, ini adalah momen terpenting dalam hidup yang wajib dan akan diingat sepanjang usia.

Karenanya, tidak akan pernah salah untuk memilih MC yang memiliki selera humor yang baik, tidak berlebihan dan masih bisa mengontrol acara dengan sangat tepat.

5. Berwawasan Luas
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa memang kriteria seorang MC adalah wajib memiliki wawasan yang luas. Ini juga yang wajib kamu perhitungkan. Meskipun MC adalah orang yang humoris, luwes dan sering mengundang senyum, pastikan juga ia memiliki wawasan yang luas. Setidaknya, dari pengetahuan yang ia kuasai, ia tidak akan melemparkan lelucon yang basi atau yang bisa menyinggung perasaaan.

MC yang berwawasan luas juga akan diperlihatkan dari gayanya berbicara, pembawaan dirinya, hingga tingkat kepercayaan dirinya yang terlihat menonjol.

Itu dia beberapa tip yang bisa kamu pertimbangkan ketika akan memilih MC untuk acara pernikahanmu. Berikutnya, rekomendasi Paket pernikahan Jakarta yang dilengkapi dengan MC pernikahan yang bisa kamu pilih yang berasal dari beberapa wilayah di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version