Lompat ke konten

Rencana Gunakan Paket Catering Pernikahan?! Ini Tipsnya

Catering menjadi salah hal yang harus diperhatikan saat menggelar pernikahan. Seperti paket catering pernikahan modern yang cocok untuk resepsi modern. Namun, memilih catering yang tepat tidak semudah itu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih paket catering resepsi modern. Banyak vendor catering di Surabaya dan di kota besar lainnya memiliki beragam paket catering pernikahan dari mulai harga murah hingga mahal, akan tetapi kalian jangan sampai salah pilih dalam memilih paket catering pernikahan yang tepat untuk acara kalian. Simak info berikut ini untuk lebih jelasnya. Untuk memilih paket catering pernikahan modern, kamu bisa memilih berdasarkan pada hal berikut ini:

Menu dan Rasa

Pilih vendor catering dengan menu modern yang bervariasi. Cek juga apakah ada paket catering pernikahan modern yang sudah ditentukan dan paket custom.

Tanyakan juga mengenai fleksibilitas paket catering pernikahan yang akan kamu ambil. Apakah kamu bisa merubah paket tersebut atau tidak. Selain itu, apakah bisa memilih paket catering sesuai dengan kebutuhan misalnya budget.

Pertimbangkan mengenai rasanya dan jangan hanya terpaku pada penampilannya. Bisa saja penampilan makanannya terlihat enak namun tidak dengan rasanya. Karena hal tersebut, ada baiknya kamu menanyakan apakah bisa juga mencicipi makanannya atau tidak.

Kredibilitas

Pilih yang mempunyai kredibilitas dan tanggung jawab yang baik. Untuk tahu apakah kredibilitas dari penyedia paket catering tersebut, kamu bisa bertanya pada orang yang kamu percaya. Misalnya keluarga, sahabat ataupun mencari review di internet maupun marketplace pernikahan.

Pelayanan

Pertimbangkan pula mengenai pelayanan vendor catering pernikahan di Sidoarjo modern, apakah memuaskan atau tidak. Pelayanan ini bisa dilihat dari bagaimana vendor tersebut melayani kamu. Mulai dari sifat, sikap, ketepatan waktunya dan juga caranya memberi solusi.

Waktu

Pilih vendor yang menyediakan paket catering pernikahan modern yang memiliki waktu atau tidak terlalu sibuk. Terkadang, di waktu tertentu misalnya saat “musim nikah” tiba, banyak yang menyelenggarakan pernikahan sehingga membuat banyak vendor catering yang kebanjiran order.

Sayangnya, jika kamu memilih vendor yang sibuk, pelayanan menjadi kurang maksimal. Mulai dari keteteran, ada hal yang kurang, rasa kurang enak seperti tester hingga tanggapan dan kesigapan juga berkurang. Karena hal tersebut, pilih vendor yang tidak terlalu sibuk menerima orderan.

Kontrak

Sebelum kamu bekerja sama dengan vendor paket catering pernikahan murah, maka kamu harus melihat kontrak yang jelas. Dalam kontrak tersebut akan dituliskan apa saja yang menjadi ketentuan sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Adanya kontrak vendor paket catering pernikahan juga akan membantu ganti rugi jika ada kejadian yang tidak mengenakkan.

​Tips Menata Menu Catering Dengan Cara Terbaik

​Setelah mengetahui paket catering pernikahan apa yang akan dipilih dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saatnya kamu menemukan spot terbaik untuk menata makanan. 

Karena resepsi akan digelar di rumah, dengan biaya catering pernikahan di rumah yang tentunya sudah kamu siapkan sebelumnya, sehingga kamu sudah tahu menu apa saja yang akan disajikan nantinya. Berikut dekorasi catering pernikahan yang bisa kamu lakukan:

  1. Posisi Terbaik Setiap Makanan
    Kamu harus menempatkan semua jenis makanan pada posisi terbaiknya, kolaborasikan dengan pemilik catering. Biasanya, urutannya adalah karbohidrat, kemudian protein, diikuti sayur dan pelengkap lainnya. Jangan lupa untuk memastikan tamu nyaman mengambil menu yang mereka inginkan. Seperti memastikan tinggi meja, jarak antara tempat makanan  dengan posisi tamu mengambil makanan, hingga praktis atau tidaknya letak setiap menu sehingga tidak mempersulit tamu saat berada di meja prasmanan.
  2. Letakkan di Lokasi Luas
    Sebaiknya letakkan paket catering pernikahan di rumah pada bagian yang luas, misalnya di dekat pagar masuk ke rumahmu. Bisa juga di bagian teras yang luas, atau di salah satu kebun depan rumahmu yang luas.
    Kalau ukuran rumahmu terbatas cukup sesuaikan dengan kondisi, misalnya beberapa meja di dekat pintu masuk. Atau terpaksa mengambil sedikit bagian akses jalan di depan rumahmu, setelah meminta izin pada pihak terkait untuk penggunaan akses jalan tersebut.
  3. Pisahkan Minuman dan Makanan
    Kalau memungkinkan, pisahkanlah meja makanan dan minuman. Gunanya untuk menghindari penumpukan tamu saat mengambil makanan dan minuman. Sebab tak jarang tamu undangan pernikahan harus antri saat mengambil air minum, sebab tangannya sudah penuh dengan piring dan makanan pelengkap.
  4. Perlengkapan Makan Di Ujung Meja
    Meletakkan sendok dan garpu di ujung meja yang berisikan paket catering pernikahan di rumah,  adalah hal wajib. Gunanya untuk mempermudah tamu meletakkan perlengkapan itu di atas piring yang sudah berisi makanan.
  5. Buat Beberapa Jalur
    Jika tamu yang akan datang jumlahnya diperkirakan ratusan orang, maka sebaiknya di meja makanan dibuat beberapa jalur pengambilan. Hal ini untuk menghindari antrian, apalagi tamu biasanya datang bersama-sama yang pastinya akan mengambil makanan secara bersama pula.

Itulah informasi seputar paket catering pernikahan di rumah yang bisa kamu jadikan acuan. Karena catering sangat menentukan kesuksesan sebuah acara pernikahan, tak masalah acara akan dilakukan di gedung ataupun hanya di rumah. Selama menunya disiapkan dengan matang dan penataannya benar-benar tepat, tak akan ada keluhan yang akan disampaikan tamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *