Lompat ke konten

Rekomendasi Nasi Kotak Nujuh Bulanan

Sebagai orang yang mengenal tradisi atau adat di Jawa, setiap kandungan memasuki bulan ke tujuh, maka diadakan tradisi tujuh bulanan. Sehingga terdapat nasi box 7 bulanan untuk melengkapi acara tersebut. Dalam nasi box tersebut, biasanya memang hanya terdapat menu-menu makanan biasa.

Nasi kotak yang dibuat untuk kehamilan yang memasuki bulan ke tujuh menandakan rasa syukur bahwa kandungan sebentar lagi akan memasuki tahap sembilan bulan. Di bulan ke sembilan ini maka bayi akan segera lahir. Menurut kepercayaan orang Jawa, jika ingin bayi lahir dengan selamat dan sehat, maka sebaiknya dibuat ritual tujuh bulanan. Setiap tempat di daerah Jawa memiliki keunikan dan ke khasannya masing-masing mengenai acara tujuh bulanan.

Yang terpenting, adalah doa yang dipanjatkan selama acara tersebut. Termasuk jika kita memakan nasi box 7 bulanan maka diharapkan juga akan mendatangkan berkah. Biasanya nasi kotak untuk acara 7 bulanan ini dibuat dalam jumlah banyak. Untuk menu pada umumnya, biasanya berisi nasi putih, sayur balado kentang, kering tempe, urap segar.

Untuk lauknya biasanya terdapat ayam goreng, tempe goreng ataupun tahu goreng. Jika di tradisi Jawa, maka masih menggunakan tambahan umbi-umbian yang direbus sebagai pelengkap. Namun di era sekarang ini, tidak terlalu mempermasalahkan mengenai komponen isi dari nasi box tersebut. Karena yang terpenting dilakukannya acara 7 bulanan ini sebagai wujud syukur atas kandungan yang masih diberi kesehatan.

Sekarang ini di kota-kota besar, mengenai nasi box 7 bulanan memang telah banyak dilakukan modifikasi. Modifikasi dalam hal ini, bisa dilihat baik dari menunya maupun tempat nasi boxnya. Jika dulu masih digunakan tempat plastik yang dinamakan ceting, maka sekarang ini sudah banyak menggunakan kardus, bahkan ada yang memakai stairoform.

Untuk menunya, tidak lagi harus sama sesuai dengan tradisi. Justru sekarang ini menu banyak dipesan sesuai dengan selera. Untuk itu bagi anda yang akan mengadakan acara serupa, anda bisa melakukan pemesanan pada kami 

Berkah Catering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *