Lompat ke konten
Perlunya Survei Kepuasan Pelanggan di Catering 1

Perlunya Survei Kepuasan Pelanggan di Catering

Di Indonesia saat ini industri makanan merupakan industri yang paling prospektif. Hal ini dikarenakan makanan suatu sifatnya yang ada hubugannya dengan urusan perut, oleh karena itu industri makanan menjadi salah satu sektor yang tak akan lekang dimakan waktu. Selain itu dunia kuliner pada saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dilihat dari tidak sedikit orang yang melakukan berbagai inovasi baik itu mengenai dari macam menunya, bentuk penyajiannya, cara menghidangkannya, dan lain-lain.

Makanan dan minuman merupakan suatu hal yang harus ada saat seperti ketika seseorang  sedang mengadakan sebuah acara, seperti pesta, resepsi pernikahan, ulang tahun, hajatan atau selamatan, rapat, seminar, dan masih banyak lagi. Jamuan makanan merupakan salah satu prosesi yang wajib ada dalam susunan acara yang digelar. Dengan demikian perkembangan industri makanan dan minuman yang pesat menjadikan dan muncullah salah satu usaha penyediaan makanan dan minuman yang merupakan usaha jasa boga atau lebih dikenal dengan istilah centang.

Jasa catering mencakup usaha penjualan makanan dan minuman jadi dalam siap kondisi siap dikonsumsi sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan. Di dalam usaha catering terdapat berbagai macam makanan yang ditawarkan dengan menu andalan serta disajikan dengan menarik. Adapun terdapat beberap hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan usaha jasa catering, yaitu sebagai berikut:

1.      Harus menentukan jenis usaha rumah catering.
2.      Modal usaha yang cukup.
3.    Mengembangkan keterampilan yang dimiliki dengan membuat produk atau inovasi menu makanan tentunya memiliki cita rasa yang lezat.

Banyaknya busaha catering yang bermunculan, berkembang dan sukes pada saat ini dikarenakan bisnis catering dapat dikatakan merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dan memiliki potensi ekspansi serta pertumbuhan yang sangat tinggi. Selain itu bisnis catering ini banyak diminati oleh masyarakat karena dianggap memiliki tingkat pengembalian modal yang relatif cepat dan memenuhi kebutuhan primer masyarakat.

Baca Juga  Mewujudkan Resepsi Pernikahan Impian

Semakin berkembangnya usaha catering pada saat ini, maka semakin banyak pula pesaing. Oleh karena itu kualitas dan kuantitas harus selalu dijaga. Selain itu diperlukan usaha untuk meningkatkan daya saing usaha, salah satu unsur terpenting adalah produk. Dengan demikian para pemilik usaha catering seharusnya dapat memberikan serta menjaga bahkan, keistimawaan, kemasan, pelayanan, dsb. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memuaskan pelanggan.
‚Äč
Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh adanya kesesuian rasa antara harapan awal pelanggan sebelum mengkonsumsi produk atau jasa dengan kinerja dan manfaat didapat setelah mengkonsumsi produk atau jasa tersebut. Apabila pelanggan mendapat kinerja dan manfaat yang sama atau bahkan di atas harapan mereka, maka pelanggan akan merasa puas dan bahkan sangat puas terhadap produk atau jasa yang telah mereka pilih untuk dikonsumsi. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator yang cukup handal untuk keberlangsungan dari suatu proses bisnis. Bahkan kepuasan pelanggan akan mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap bagian pasar, salah satuya yaitu terus dapat mengakuisisi pelanggan baru. Dengan demikian di dalam dunia bentuk bisnis apapun, termasuk bisnis catering kepuasan merupakan salah satu faktor keberhasilan dan bertahannya bisnis.

Berkah Catering
Catering di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *