Lompat ke konten

Peranan Digital Marketing untuk Bisnis Catering

Kemajuan teknologi saat ini sangatlah luar biasa. Jika dulu hanya ada media telepon dan sms, untuk berinteraksi, maka era media digital seperti sekarang terdapat blog, media sosial, aplikasi chating, video call dan lain-lain. Media digital dapat bersifat multifungsi karena tidak hanya sekedar untuk menelepon atau berkirim pesan, peran media digital juga menjadi sumber informasi, tempat berjualan, bermain game, tempat mencari kerja. Media interaksi digital mulai menyaingi peran media televisi dan radio, dengan adanya layanan streaming dengan jangkauan lintas batas. Selain itu muncul juga situs media online yang perlahan menggeser peran mediacetak. 

Peran media digital saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi informasi dari internet. Perkembangan tekonologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki dimensi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi juga memainkan besar di dalam aspek kegiatan bisnis, perubahan struktur organisasi dan manajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sasaran utama dlam suatu institusi akademik.  Teknologi intenet hadir sebagai media yang multi fungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misal e-mail dan chatting)  atau secara masal dikenal dengan one to man communication (misal mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti metode konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Seiring dengan semakin canggih dan pesatnya perkembangan teknologi di seluruh dunia, telepon dari waktu ke waktu berkembang cepat. Industri telekomunikasi terutama distribusi telepon genggam di Indonesia masih dalam tahap perkembangan dan masih dapat tumbuh lagi. Dengan berkembangnya teknologi informasi, pelaku bisnis catering memanfatkannya sebagai salah satu wadah dalam memasarkan produknya.

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang menghasilkan dana. Dalam proses pemasaran tentunya ada beberapa rangkaian usaha. Dalam rangka manajemen pemasaran, langkah pertama kali yang perlu dilakukan adalah penyusunan rencana yang meliputi kegitan mengidentifikasi sasaran yang menarik, menyusun strategi pemasaran yang sesuai, dan menyusun progam-progam kegiatan. Langkah yang kedua adalah pelaksanaan progam-progam yang sudah direncanakan. Langkah terakhir adalah pengendalian, yaitu memastikan bahwa hasil-hasil yang diinginkan dan telah ditetapkan dapat dicapai. 

Perkembangan Ekonomi yang pesat dan perubahan alami yang cepat seperti yang terjadi di Indonesia telah menyebabkan perusahaan terus-menerus menyaring showcase dan menyesuaikan diri dalam mengiklankan perubahan. Perusahaan saat ini harus mempertimbangkan kembali misi perdagangan dan mempromosikan prosedur secara kritis. Perusahaan harus melanjutkan untuk bersaing, dan percaya bahwa dapat melakukan  pergerakkan dalam pos yang sama seperti yang dibutuhkan individu. 

Begitu banyak pilihan, pelaku usaha catering cenderung memilih penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, konsumen juga membeli berdasarkan nilai-nilai penyedia jasa catering. Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengetahui pengertiannya. Komunikasi publik dan pemasaran sosial dapat bertemu pada dua hal. Yaitu, “public communication of public interest” dan “involving public”. Jadi, keduanya merupakan upaya komunikasi publik untuk menyuarakan kebutuhan masyarakat dan sifatnya melibatkan masyarakat. Keduanya tak terpisahkan dan saling mempengaruhi.

Setelah mengetahui bahwa kemajuan teknologi mampu memberi keuntungan tersendiri dalam melakukan kegiatan pemasaran usaha catering tentu pelaku usaha harus mengetahui dengan jelas peranan internet secara mendetail. Peranan internet dalam dunia pemasaran sudah sangat besar dan berpengaruh pada tingkat penjualan produk barang maupun jasanya. Dalam hal ini internet memegang peranan sebagai media penyampaian pesan dari perusahaan kepada konsumen secara luas. Pemasaran menggunakan internet memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan menggunakan media massa, diantaranya:

1. Internet Marketing
Web menampilkan tempat-tempat yang lebih menekankan pada konsep media pull medium daripada push medium. Secara umum, hampir semua data diberikan oleh produsen kepada pelanggan. Biasa disebut komponen media dorong. Sedangkan, era internet membuat konsumennyalah yang berinisiatif untuk mencari tahu sendiri informasi mengenai produk yang bersangkutan lewat dunia maya. Inilah yang dinamakan mekanisme “pull medium”.

2. Internet sebagai media digital 
Kemudahakan berinteraksi melalui media digital tentu mendorong perkembangan internet dengan sangat pesat. Pembeli yang melakukan pemesanan melalui website resmi tentu menjadi salah satu kategori utama dalam menganalisis kemajuan internet. Pergeseran penjualan melalui metode konvensional mulai terlihat dengan adanya respon cepat supplier untuk menghubungi sang pembeli melalui telepon ataupun email untuk menanyakan lebih lanjut dan lebih spesifik mengenai ketertarikannya pada produk yang terkait. 

3. Potensi Internet Marketing
Internet marketing pada era saat ini memiliki potensi dalam one-to-one atau many-to-many dibandingkan dengan one-to-many seperti pada media masa umumnya. Oleh karena itu, dengan meggunakan internet marketing dalam memasarkan produknya memiliki intensitas tinggi dalam hal berhubungan dengan konsumen. Media tidak lagi menjadi perantara produsen dengan konsumen melainkan konsumen lah yang dapat berinteraksi dengan media itu sendiri.

4. Standar Komunikasi Pemasaran 
Website sebagai salah satu media internet marketing dapat memiliki fungsi yang sama seperti iklan di media masa yang memberikan informasi dan persuasi namun ia juga bisa mengambil peran dari direct selling yang memungkinkan pengunjung terlibat dalam dialog.

5. Marketplace dan Distribusi Memasuki Lingkup Digital Marketing 
Melalui website resmi yang didesain oleh perusahaan batasan yang ada semakin kecil. Efektivitas yang dihasilkan melalui pemasaran di internet dapat berupa perencanaan dan pengembangan bisnis yang semakin tinggi karena mampu menyalurkan ide dan konsep bisnis degan mudah. Kedua efektivitas dapat ditemui pada banyaknya permintaan yang mengisyaratkan tingginya kualitas pesanan. Selanjutnya adalah proses menginterpretasikan pesan yang tergantung dari kemampuan kognisi dari penerima pesannya dan juga dipengaruhi dari lamanya waktu penggunaan internet.

Perbandingan antara pemasaran konvensional dan pemasaran digital tentunya dapat dilihat pada maraknya bisnis online yang ada pada masyarakat. Selain itu, bagi pelaku bisnis usaha catering yang tergolong sudah besar internet digunakan sebagai salah satu media dalam memasarkan dan mengenalkan kualitas dan produk yang dimiliki kepada konsumen. Adanya pergeseran metode pemasaran yang ada saat ini sudah semestinya disambut dengan baik melalui berbagai cara diantaranya mendalami ilmu strategi pemasaran bisnis kuliner hingga mengikuti berbagai seminar yang berkaitan dengan bisnis. 

Menyambut pasar serba digital saat ini tentu membutuhkan usaha lebih dalam prakteknya. Memasarkan produk melalui internet tidak bisa dilakukan dengan bantuan satu pihak saja, akan tetapi membutuhkan ahli lain dalam melakukan pemasaran. Mempekerjakan web developer merupakan salah satu jawaban bagi pelaku usaha dalam menjaga bisnisnya. Menggunakan web developer juga memiliki keuntungan terjaminnya rating pangsa pasar di internet karena sebenarnya web developer memiliki kiat tersendiri saat bekerja. 

Nah, dalam dunia pemasaran juga dikenalkan beberapa metode yang digunakan dalam menyusun strategi pemasaran. Metode tersebut digunakan sebagai salah satu pedoman dalam menyukseskan bisnisnya. Adapun macam-macam metode komunikasi pemasaran yang terkenal yaitu AIDS (Awareness, Interest, Desire, Action). Simak keempat metode komunikasi pemasaran berbasis internet berikut ini. 

1. Awareness
Dalam tahapan ini komunikasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan target market mengenai brand ataupun produk tersebut. Pengetahuan mengenai nama brand, lini produk, harga, dan lain-lain
2. Interest 
Tahapan ini target market mulai mencari lebih jauh informasi mengenai brand produk tersebut, karena intensi pembelian telah lebih kuat
3. Desire
Konsumen sudah mengetaui kelebihan value dari brand ataupun brand tersebut yang membuat mereka merasa yakin dan percaya bahwa brand tersebut dapat menjawab ekspektasi yang ada di benak mereka Untuk mencapai setiap tahapan tersebut dibutuhkan strategi, intensitas dan media komunikasi yang variatif.
4. Low Cost High Impact
Media digital adalah sebuah media iklan/ komunikasi yang lebih efisien dan efektif. Dikarenakan dalam meraih pasar akan disesuaikan dengan profil konsumen tersebut, yang dapat dikonfigurasi oleh brand, apakah terkait lokasi, gender, hingga waktu iklan yang akan dilakukan, disamping itu budget yang lebih terkontrol dan cenderung lebih murah, membuat komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan dan ekspektasi brand tersebut.
5. Perkembangan Pengguna yang Semakin Tinggi 
Pemasaran dengan media digital tentu saja harus dihubungkan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia, semakin besar akses internet, pengguna, akan meningkatkan pula titik komunikasi yang tersedia, ditambah dengan penggunaan akses internet melalui handphone semakin tinggi

​Itulah peranan digital marketing bagi usaha catering, salah satu jasa catering yang sudah memanfaatkan pemasaran digital di Surabaya adalah berkah catering. Berkah catering merupakan salah satu catering di surabaya yang berkembang melalui pemasaran digital online, oleh karena itu berkah catering disebut sebagai pelopor catering online di Surabaya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mengembangakan bisnis kuliner kalian terkhusus bisnis catering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *