Lompat ke konten

Peluang Bisnis Catering Nasi Kotak

Pada jaman sekarang ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara sederhana dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih sering memilih untuk memesan makanan dibandingkan membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga, meski memang merogoh kocek yang lebih banyak dibandingkan dengan memasak sendiri.

Dalam usaha jenis apapun, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana cara mendapatkan para konsumen. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dana kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan yang kita punya untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapan mental dan keberanian untuk memulai, singkirkan hambatan psikologis seperti rasa malu dan berspekulasi, takut gagal dalam berbisnis dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa kita harus selalu siap untuk menghadapi resiko, dimana  resiko bisnis itu sendiri adalah untung atau rugi.

Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka peluang pasar, kita bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga, arisan RT, koperasi, dll. Berilah label nama katering anda pada tutupnasi kotak pesanan sebagai tanda pengenal atau promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pembuatan nasi kotak di hajatan keluarga dengan baik maka semua kenalan dan telasi akan mengetahui kualitas kita dan meminta komentar konsumen kita. Dari sini kepercayaan kepada kita akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkandang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan beriklan. Untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan jangan segan untuk memberikan sample masakan, karena konsumen yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah acara.

Tips Pengelolaan Usaha Nasi Kotak

  1. Punya Visi – Sederhana sebenarnya, setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apapun itu jenisnya, perlu memiliki visi yang jelas. Cita rasa juga sangat memegang peranan penting dalam usaha ini. Faktor kebersihan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang mengkonsumsi catering kita, sehingga menjaga kebersihan menjadi hal yang harus selalu diperhatikan.
  2. Rencana Matang – Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita, karena kita dirasa perlu memiliki wawasan luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalhnya dalam paket nasi kotak arisan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produk (menu), pemasaran, logistik dan promosi semuanya harus terencana dengan matang. Hal ini untuk menghindari situasi Chaos (tumpang-tindih), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang.

Kedua point itulah yang dirasa sangat berperan dalam menjalankan bisnis catering nasi kotak ini. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi siapa saja yang baru / sedang memulai usaha ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *