Lompat ke konten

Merencanakan Anggaran Pernikahan Agar Sesuai Harapan

Menyelenggarakan pesta pernikahan ialah sebuah tantangan akbar bagi para calon pengantin. Terutama pada mengelola biaya  pernikahan yg relatif riskan terjadi ‘kebocoran’. Contohnya, buat kebutuhan tertentu yg awalnya 10 juta mampu membengkak menjadi 12 juta. Belum lagi jarang terdapat kebutuhan-kebutuhan tidak terduga yg menghabiskan dana bukan sedikit.

Jika bukan pandai  pada mengatur keuangan, mampu jadi porto pernikahan kau  malah over budget, loh! Makanya, agar hal tadi dapat dihindari, engkau serta pasangan wajib  disiplin dan  benar-benar teliti dalam membuat aturan pernikahan. Lantas, bagaimana caranya? Menggunakan menerapkan 5 langkah berikut, kamu bisa menjaga supaya budget pernikahan permanen sinkron menggunakan planning awal. Baca hingga akhir serta ikuti tipsnya, ya!

1. Mulai perencanaan menggunakan diskusi amanah beserta calon pasangan ihwal kemampuan finansial kalian berdua 

Agar mempunyai perencanaan porto pernikahan yg baik serta disiplin, langkah pertama yg harus kau  lakukan bersama pasangan merupakan saling amanah tentang kemampuan finansial kalian berdua. Terutama buat kamu yg ingin membiayai sendiri pesta pernikahanmu. Jika sesudah berdiskusi dan  ternyata engkau serta pasangan hanya mampu menyelenggarakan pernikahan yang tidak sulit, maka jangan memaksakan diri buat menggelar pesta yg ‘grande’ pada luar batas kemampuan. 

Pesta pernikahan menggunakan budget simple pun sebenarnya bisa dibuat berkesan dan  menarik dengan banyak sekali cara. Meski pernikahan artinya pesta sekali seumur hayati, namun tak berarti kamu wajib  membuatnya semewah mungkin hingga wajib  mengalami kesulitan atau berhutang pada pihak lain. Alangkah baiknya buat bersikap realistis, mengatur porto pesta pernikahan sinkron dengan kondisi keuangan yg bisa ditanggung, sehingga tidak membebani setelahnya.

Dengan istilah lain, ketika menentukan aturan pernikahan, sesuaikanlah dengan rencana tabungan pernikahan yang tersedia. Upayakan jua buat saling jujur tentang kemampuan finansial masing-masing, sebagai akibatnya tidak  menjadi dilema di kemudian hari. 

2. Cari tahu apakah keluarga turut mendukung pembiayaan pesta pernikahanmu atau tidak

Problem porto pernikahan terkadang tidak hanya sebagai informasi bagi ke 2 mempelai, melainkan jua keluarganya. Tidak sedikit orangtua yang ingin turut andil membantu buat pembiayaan pesta pernikahan anaknya. Sebab, hal tadi akan menjadi suatu kebanggaan bagi mereka, sebab sebagian orang tua berpikir ikut sertanya mereka dalam pendanaan pesta pernikahan anaknya merupakan bentuk wujud kasih sayang serta menjadi “anugerah” yg diberikan. 

Pembicaraan soal porto pernikahan dengan orang tua mungkin akan berlangsung rumit, akan tetapi biar   bagaimanapun wajib  segera disampaikan tatkala kamu dan  pasangan ingin meminta restu mereka. Buat menghindari kesalahpahaman, kau  serta pasangan perlu membicarakan hal ini sejak awal dengan famili masing-masing. 

Baik ketika kau  ingin menggelar pesta pernikahan menggunakan biaya  sendiri tanpa memberatkan orangtua ataupun waktu engkau serta pasangan menerima donasi keluarga buat menanggung biaya  eksklusif. Contohnya, buat sewa musik, fotografer dan  sebagainya. Bila kau  menerima bantuan dari orangtua atau famili, jangan lupa buat mengucapkan terima kasih atas kemurahan hati mereka. 

3. Buat draft kasar list tamu undangan

Menghasilkan draft kasar daftar tamu undangan di awal-awal akan sangat membantu untuk engkau memilih perkiraan besaran porto pernikahan. Sebab, jumlah tamu yg diundang akan memilih porsi catering atau konsumsi yang dipesan, kapasitas gedung pernikahan, undangan yg dicetak serta banyaknya souvenir yang wajib  disiapkan. Setelah mengetahui nomor  perkiraan jumlah tamu yang akan diundang, barulah engkau bisa mulai menghasilkan hitungan kasar besarnya budget pernikahan yg dibutuhkan. 

4. Pisahkan minimal 10-15 % asal aturan untuk biaya  tidak terduga

Apabila sudah mengetahui berapa orang yg akan diundang, engkau bisa mulai memilih lokasi pernikahan, apakah pada tempat tinggal   atau pada gedung menggunakan menyesuaikan kapasitas ruangan menggunakan planning jumlah tamu undangan. Selanjutnya, kamu bisa memperkirakan biaya -biaya  lainnya mirip sewa tempat, dekorasi, mua, sewa gaun pengantin, catering, undangan, fotografer serta lain sebagainya menggunakan menjalankan riset pada website pernikahan atau pribadi melalui vendor bersangkutan. 

Sesudah mendapatkan gambaran jumlah biaya  total buat pernikahan yang didesain, selanjutnya naikkan 10-15 persen asal total keseluruhan budget yg sudah kamu perkiraan sesuai riset awal tadi. Misalnya, didapat hitung-hitungan kasar biaya  total pesta pernikahan 50 juta, maka naikkan 10-15 % menjadi 55-57,lima juta.

Tujuannya melebihkan hitungan budget pernikahan ini merupakan buat mengantisipasi bila ada item-item yg terlupa. Termasuk jua buat antisipasi waktu terdapat kenaikan harga asal riset awal yg dilakukan. Apabila pada akhirnya dana yg dilebihkan tersebut bukan terpakai, engkau bisa memanfaatkannya buat honeymoon ataupun ditabung buat masa depan. 

5. Cek lagi apakah ada porto tambahan lain yg belum dimasukan dalam hitungan

Meskipun sudah melebihkan 10 hingga 15 % dari total biaya usaha buat antisipasi porto tidak terduga, engkau permanen perlu menjalankan pengecekan ulang apakah biaya  yang kamu list telah mencakup seluruh pengeluaran pernikahan yang diharapkan. Jangan malas untuk mengecek kemungkinan keluarnya porto tambahan pada luar dari daftar yg telah dibuat. Contohnya, ketika engkau hendak menyewa gedung pernikahan, pastikan apakah harga sewa yang dibayarkan tersebut telah mencakup untuk berbagai hal mirip porto listrik, sewa meja dan  kursi, parkir serta sebagainya. 

Pada merencanakan anggaran pernikahan, ketelitian mutlak diharapkan sehingga segala peluang pembengkakan porto pernikahan bisa diantisipasi. Jika sudah mengetahui dimana letak pengeluaran yg over budgeting, engkau pun mampu menyiasati dengan mengatur balik  pos-pos pengeluaran mana yang mampu dipangkas, diganti atau bahkan dihilangkan buat menekan biaya  supaya tetap sinkron dengan aturan pernikahan yang sudah ditetapkan. 

Itulah 5 langkah yang bisa kau  lakukan buat membentuk anggaran pernikahan bukan over budget dan  sesuai dengan planning. Meskipun mungkin akan terdapat beberapa hal yang tak akan sama persis asal hitung-hitungan awal, namun dengan menerapkan tips di atas, perbedaan budget yang ditemukan tidak akan berpengaruh signifikan pada besaran aturan pernikahan, dan  masih mampu diatasi. 

Semoga menggunakan panduan tersebut kau  serta calon pasanganmu mampu menyusun aturan pernikahan yg realistis, ya! Jangan lupa, kuncinya merupakan disiplin, stick to the plan! Jangan mengeluarkan biaya  di luar planning, hanya karena ingin mengikuti ‘gengsi’. Sejatinya, pesta pernikahan bukanlah buat ajang pamer, lebih berasal itu kesakralan serta keiintimannya yang lebih primer. Jadi, akan lebih baik sesuaikan rencana pesta pernikahan menggunakan paket pernikahan Surabaya yang tepat dengan catering surabaya harga terjangkau, supaya finansial kamu permanen sehat tanpa perlu menyisakan utang. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *