Lompat ke konten

Menu takjil favorit di Surabaya

Orang berpuasa karena alasan agama dan kesehatan. Waktu untuk berpuasa dapat berkisar dari bagian hari hingga beberapa hari atau lebih lama. Beberapa puasa tidak melibatkan makan makanan atau minum cairan. Puasa lainnya melibatkan minum jus. Puasa bisa sulit, tetapi berbuka puasa bisa lebih sulit. Diet detoksifikasi sering kali mencakup periode puasa diikuti dengan diet ketat sayuran mentah, buah-buahan, jus buah dan air. 

Selama puasa, tubuh Anda tidak mengambil energi yang cukup dan harus memecah otot rangka dan mengubahnya menjadi energi. Makanan pertama yang Anda konsumsi saat berbuka puasa sangat penting untuk menyehatkan tubuh, dan tidak boleh menghabiskan banyak energi untuk mencerna dan berasimilasi dalam tubuh. Jus buah mentah dan buah-buahan mengandung banyak kandungan air dan mudah dicerna dan berasimilasi. Semangka, anggur, dan apel adalah buah-buahan yang mudah dicerna dan berasimilasi, dan mereka juga memberikan nutrisi dan energi. Berbuka puasa dengan minum secangkir jus buah segar, diikuti 2 cangkir buah campuran yang terdiri dari melon, anggur, apel, dan pir. Minimalkan buah jeruk pada awalnya karena mungkin terasa terlalu asam di perut Anda. Minumlah segelas air murni atau saring untuk merehidrasi tubuh Anda.

Sayuran mentah adalah sumber vitamin, mineral, fitonutrien, dan zat lainnya. Jus sayuran organik dan sayuran ideal setelah puasa. Sayuran organik bebas dari pestisida, herbisida, hormon, antibiotik dan bahan kimia berbahaya lainnya, menurut Better Nutrition. Selain itu, sayuran organik secara alami lebih tinggi antioksidan. Minum segelas jus wortel segar adalah cara yang baik untuk berbuka puasa. Tambahkan sedikit seledri atau jus bit untuk membuat koktail sayuran bergizi. Salad kecil sayuran daun hijau segar seperti selada romaine, tomat dan mentimun mudah dikonsumsi dan dikemas dengan nutrisi. Untuk menyediakan makanan yang bergizi untuk Anda tentu bukan hal yang sulit, karena saat ini sudah banyak catering di Surabaya yang menyediakan asupan makanan sesuai kebutuhan gizi. 

Namun, selain makanan sehat dan bergizi dalam berbuka puasa sendiri tubuh tetap memiliki nafsu makan yang sering tidak bisa dikontrol. Salah satu kebiasaan tersebut adalah mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula saat berbuka puasa. Apabila diperhatikan ketika berbuka puasa kegiatan yang dilakukan adalah mengkonsumsi makanan tinggi gula seperti es manis dengan isian buah hingga makanan yang buruk untuk tubuh. Nah, lalu menu makanan sehat dan enak apasaja yang baik untuk tubuh saat berbuka puasa? 

  1. Kurma
    Siapa yang tidak mengenal kurma, apabila Anda memsan nasi kotak surabaya saat ramadhan tentunya akan mendapatkan beberapa buah kurma. Kurma diyakini memiliki vitamin yang lengkap dan mampu mengembalikan energi setelah seharian berbuka puasa. 
  2. Kolak Pisang
    Makanan yang satu ini tentu banyak diminati oleh berbagai kalangan. Namun, dalam menyantapnya harus tetap memperhatikan porsinya, hal tersebut mengingat bahwa kolak pisang juga diyakini tinggi gula dan terdapat kadar kolestrol yang berasal dari kelapa atau santan. 
  3. Buah Potong
    Ini yang jarang diperhatikan oleh banyak orang bahwa buah sangat dianjurkan sebelum menyantap makanan berat. Buah diyakini memiliki serat yang baik untuk tubuh, sehingga bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa akan terhindar dari sembelit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version