Lompat ke konten

Menu Rekomendasi Catering Pernikahan Rumah

Melangsungkan suatu acara pernikahan yang sempurna menjadi salah satu impian dari banyak pasangan pengantin. Standar kesempurnaan yang dimiliki oleh setiap orang cukup berbeda, namun biasanya orang akan melakukan persiapan pernikahan yang sama dengan yang lain. Persiapan pernikahan yang cukup banyak menguras waktu, tenaga dan uang salah satunya adalah mempersiapkan menu pernikahan di rumah.

Akhir-akhir ini banyak orang lebih memilih mengadakan acara pernikahan di rumah sendiri dibandingkan dengan harus menyewa gedung atau hotel untuk pernikahan. Hal ini terjadi karena dapat memengaruhi salah satunya dengan budget.

Budget yang seharusnya digunakan untuk menyewa gedung, dengan mengadakan pernikahan di rumah dinilai bisa menghemat dan mengalokasikannya ke pengeluaran lain.. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat menyusun hidangan pernikahan, mulai dari jumlah porsi hidangan sampai variasi hidangan yang akan disajikan. Selain itu penyelenggaraan pernikahan di rumah membebaskan kita dari durasi waktu, lain halnya dengan di gedung dengan durasi yang terbatas

Walaupun mengadakan acara pernikahan di rumah, bukan berarti kamu mengadakan pernikahan yang serba sederhana. Kamu dapat memilih aneka menu masakan yang enak.

Namun, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tips memilih menu masakan untuk pernikahan sebelum kamu memilih jasa catering pernikahan di Jakarta. agar pilihan makanan yang akan kamu sajikan dapat diterima tamu dengan baik. Berikut tips mudahnya:

  1. Pilih Menu yang Simple
    Jika saat menggelar pernikahan di rumah kamu tidak memakai jasa catering pernikahan, sebaiknya pilihan menu pernikahan yang pertama adalah memilih menu yang mudah untuk dibuat dan sederhana. Hal ini bertujuan agar memudahkan kamu membuat menu masakan yang enak dengan peralatan yang tersedia di rumah.
  2. Menyajikan Hidangan Masakan yang Sederhana
    Dengan menyajikan menu catering nikahan yang sederhana, akan lebih mudah dinikmati oleh para tamu undangan yang hadir. Disamping hal itu juga akan menghemat biaya pernikahan. Kamu dapat memilih menu masakan rumahan yang cukup sederhana dan menjadi favorit bagi semua orang.
  3. Pilih Makanan dengan Daya Tahan Lama
    Jika kamu akan mengadakan pernikahan dengan waktu berhari-hari, sebaiknya memilih makanan dengan daya tahan yang lama akan. Oleh karena itu, makanan yang awet ada baiknya dipilih agar bisa dikonsumsi oleh tamu undangan lebih lama lagi.
  4. Jangan Lupa Menyertakan Cemilan Sederhana
    Untuk dinikmati para tamu undangan sebagai pendamping dari makanan utama, sebaiknya kamu juga menyertakan hidangan cemilan dengan rasa gurih, seperti kue bawang, keripik, atau yang lainnya. Selain itu sajikan juga cemilan yang manis agar para tamu tidak bosan.

Salah satu kelebihan dengan memakai konsep pernikahan di rumah adalah kamu dapat menghemat budget dan anggaran yang dikeluarkan. Berikut beberapa rekomendasi menu pernikahan di rumah yang bisa kamu pilih.

1. Variasi Nasi

Di setiap acara pernikahan menghidangkan nasi menjadi menu pernikahan prasmanan yang wajib ada. Kamu bisa menyajikan makanan pokok ini menggunakan beberapa variasi seperti nasi putih dan nasi goreng.

Nasi goreng dapat kamu sajikan di prasmanan pernikahan karena rasanya cukup lezat, tidak lupa tambahkan variasi nasi goreng dengan berbagai irisan sosis atau telur orek dan tambahkan juga kerupuk. 

2. Mie Goreng

Mie goreng menjadi menu wajib ada di menu prasmanan karena mie goreng bisa dimakan para tamu undangan yang tidak mengkonsumsi nasi. Untuk pilihan menu catering pernikahan di rumah ada banyak jenis mie goreng yang bisa dijadikan seperti mie aceh, atau mie bihun goreng. Kamu juga bisa kreasikan mie goreng dengan tambahan ayam suwir dan taburan bawang goreng di atasnya.

3. Variasi Daging

Menu prasmanan pernikahan di rumah olahan daging dalam acara pernikahan wajib kamu sediakan. Kamu bisa memilih aneka variasi menu daging yang sesuai dengan budget yang sudah disediakan dengan berkonsultasi dengan catering yang kamu pakai jasanya. Kamu juga bisa memilih menu pernikahan di rumah dengan variasi daging sapi atau daging kambing.

4. Olahan Ayam

Menu catering pernikahan di rumah selanjutnya yang dapat kamu sajikan bagi para tamu adalah olahan ayam. Menu masakan ayam merupakan olahan yang paling aman diberikan kepada para tamu, karena menjadi favorit orang banyak.

Dengam olahan daging ayam yang lembut, dan enak menjadi salah satu yang menjadi favorit para tamu. Kamu bisa menyediakan menu olahan ayam seperti ditumis dengan bumbu kecap atau olahan ayam tumis paprika dengan menggunakan bumbu rempah-rempah, ayam goreng mentega, ayam cusnut, ayam lapis keju, ayam suwir, dan menu ayam lainnya. 

4. Olahan Ikan atau Seafood

Disamping olahan daging atau ayam lainnya, untuk melengkapi nasi goreng atau nasi putih yang sudah disediakan, kamu juga bisa menyediakan olahan ikan yang selalu menjadi favorit banyak orang. Menu ini menjadi pilihan menu pernikahan di rumah atau harus ada saat pernikahan di gedung.

Bentuk olahan ikan atau seafood biasanya seperti ikan asam manis, cumi telur asin atau juga olahan kerang yang bisa kalian nikmati bersama menu lainnya

5. Olahan Tumisan

Selain aneka menu olahan daging, menu prasmanan pernikahan di rumah biasanya ada variasi sayuran atay tumisan. Kamu bisa memilih beberapa variasi menu sayuran seperti capcay atau karedok atau menu sayuran lainnya yang paling banyak disukai. Atau juga kalian bisa memilih menu tumis baby kailan agar terlihat lebih segar dan sehat.

6. Olahan Soup

Kamu juga harus memasukkan menu olahan sup untuk melengkapi menu pernikahan di rumah  sebagai hidangan bagi para tamu undangan. Olahan menu sop ini biasanya disediakan agar membuat hidangan dalam piring tidak terlalu kering. Kamu bisa menambahkan bakso sapi, bakso udang, ikan, dan tentu saja sayur mayur yang akan menambah gizi di dalam hidangan ini.

7. Buah-buahan

Untuk menu penutup menu pernikahan di rumah, selain rujak buah kamu juga bisa menyajikan buah-buahan segar yang ditempatkan dalam wadah piring kertas seperti semangka atau melon. Selain itu kamu juga bisa memilih buah salak atau buah pisang atau buah lainnya sebagai menu penutup.

8. Minuman 

Selain makanan yang dihidangkan kamu juga harus menyediakan menu minuman di acara pernikahan. Kamu bisa memilih es teh untuk menghilangkan dahaga, dan tidak lupa sertakan juga air mineral dalam kemasan gelas.

Itu dia beberapa menu pernikahan di rumah yang bisa kamu pilih. Walaupun dilakukan di rumah, bukan berarti kamu dan keluarga akan disibukan untuk mengurusnya sendiri. Kamu bisa menggunakan Berkah Catering sebagai jasa catering Jakarta untuk pernikahan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *