Lompat ke konten

Menu Nasi Kotak Sehat dan Bergizi Selama Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu ketika banyak Muslim di seluruh dunia berpuasa pada siang hari selama 29-30 hari. Kalender Islam adalah lunar dan Ramadhan jatuh pada waktu yang agak lebih awal di setiap tahunnya.

Orang-orang Muslim yang ikut Ramadhan tidak makan atau minum apa pun di siang hari, makan satu kali makan (sahur) sesaat sebelum fajar dan lainnya (‘buka puasa’) setelah matahari terbenam. Akhir Ramadhan ditandai dengan ‘Idul Fitri’, Festival Buka Puasa. Makanan perayaan khusus dimakan selama festival, makan siang hari pertama selama sebulan.

Ramadhan 2019 diperkirakan akan dimulai sekitar 6 Mei dan puasa akan berlangsung lebih dari 18 jam pada beberapa hari, menjadikannya lebih penting untuk menjaga kesehatan Anda jika Anda berpuasa. Sementara puasa adalah wajib untuk semua muslim yang sehat (bukan anak-anak), ada pengecualian bagi mereka yang sakit atau yang kesehatannya dapat dipengaruhi oleh puasa, misalnya, wanita hamil atau menyusui dan penderita diabetes.

Pentingnya berpuasa tentu membutuhkan suatu strategi dalam menjalankannya misalnya saja dengan memesan paket nasi kotak Surabaya dengan menu makanan yang bergizi tinggi. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa memesan makanan melalu catering professional Surabaya agar terhindar dari tingginya kerugian. Lalu, apa saja asupan penting lainnya ketika berbuka puasa? Saat pertama berbuka puasa, cari banyak cairan, makanan rendah lemak, kaya cairan, dan makanan yang mengandung gula alami untuk energi (hindari mengonsumsi banyak makanan atau minuman dengan tambahan gula). Di bawah ini adalah beberapa contoh:

  1. Minuman – air, susu, jus buah atau smoothie – air memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman berdasarkan susu dan buah menyediakan gula dan nutrisi alami – ini juga baik untuk berbuka puasa tetapi hindari minum banyak minuman dengan gula tambahan setelah berbuka puasa karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.
  2. Tanggal – secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad, kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan dan merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.
  3. Buah – cara tradisional untuk berbuka puasa dalam budaya Asia Selatan, buah memberikan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral.
  4. Sup – tradisional di banyak negara Arab, adalah cara ringan untuk berbuka puasa dan memberikan cairan. Sup tradisional didasarkan pada kaldu daging dan sering mengandung kacang-kacangan, seperti lentil dan kacang-kacangan, dan makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian, menyediakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *