Lompat ke konten

Menu Buka Puasa Bersama dari Catering Surabaya

Salah satu kewajiban bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa, kamu pasti punya salah satu atau bahkan lebih menu favorit buka puasa yang harus ada di meja makan setelah melewati waktu puasa seharian. Walaupun perut terasa lapar dan keroncongan selama berpuasa belasan jam, ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri yang pasti muncul saat adzan Maghrib akhirnya berkumandang. Adzan Maghrib yang biasa kita dengar setiap hari, kini terdengar lebih spesial selama satu bulan penuh.

Di sekitar lingkungan rumah atau sepanjang jalan yang kamu lewati, kamu pasti akan menemukan banyak penjual yang mulai menjejerkan beragam jenis menu makanan yang menarik dan menggiurkan sejak sore hari. Kamu mungkin dapat membeli lebih dari satu menu lantaran begitu banyaknya jenis menu buka puasa favorit yang menggiurkan untuk orang Indonesia. Selain identik dengan menu yang manis dan menyegarkan, menu buka puasa favorit pun juga identik dengan menu yang gurih dan juga memanjakan lidah.

Berbagai jenis makanan kita tulis untuk dipersiapkan sebagai menu buka puasa. Makanan-makanan tersebut merupakan bagian dari menu favorit kita atau yang sedang dibayangkan pada siang hari.

Bisa membeli secara instan, bisa pula memesan paket buka puasa bersama di Surabaya dari catering. Tetapi, dari sekian banyak menu favorit selama bulan puasa, ada lima menu buka puasa yang paling sering dicari ketika azan Magrib berkumandang. Berikut di antaranya:

1. Gorengan.

Seperti sayur tanpa garam, puasa rasanya tak afdol bila tak ada gorengan. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu wajib berbuka. Selain menu berbuka yang manis, menu yang memiliki cita rasa asin dan gurih juga banyak dicari. Seperti halnya gorengan. Gorengan pun merupakan menu buka puasa favorit yang paling gampang kamu cari, bahkan saat tidak di momen bulan Ramadhan.

Meski terlihat kecil dari segi ukuran, dengan memakan dua atau tiga buah gorengan saat berbuka juga sudah cukup mengenyangkan bagi sebagian orang, lho. Dan walaupun dianggap makanan yang tidak baik untuk kesehatan, gorengan tetap menjadi salah satu menu buka puasa favorit untuk dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan. 

Selain simpel, rasa gorengan membuat ketagihan. Sebagian merasa gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian, dibandingkan harus langsung makan berat. Misalnya seperti pisang goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng, bakwan, dan sebagainya.

2. Teh manis hangat.

Gorengan dan teh manis hangat menjadi pasangan yang banyak diinginkan orang berpuasa. Mereka mampu menggantikan energi yang hampir habis setelah seharian beraktivitas dalam kondisi puasa. Teh manis hangat terasa menyegarkan tenggorokan dan perut.

3. Kurma

Tak hanya gorengan, kurma dan teh manis hangat juga menjadi paket favorit. Keduanya menyehatkan karena dapat menggantikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa seharian. Biasanya, tiga buah kurma menjadi takjil sebelum makan berat. 
Kurma dianggap menjadi salah satu menu buka puasa favorit yang juga mudah ditemukan di pasaran. Selain rasanya yang manis dan enak, kurma dianggap menyehatkan dan juga memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi. Infonya, kurma dapat menggantikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa seharian. Selain itu, kurma juga dapat menjadi sumber energi yang bagus, mengurangi tekanan darah, juga bermanfaat bagi usus. Kandungan fosfor, kalium, kalsium dan magnesium yang ada dalam kurma juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

4. Kolak

Selain segar, kolak terasa menyehatkan. Isinya membuat perut cepat kenyang. Seperti pisang, labu, ubi, dan kolang-kaling. Rasanya yang manis disukai banyak orang, apalagi bila disajikan saat panas. Perpaduan antara pisang, ubi, kolang-kaling dengan kuah santan dan gula merah menambah cita rasa yang sangat lezat dan tepat untuk menjadi menu berbuka yang pas. Cara penyajiannya sesuai selera, banyak yang menyukai kolak yang masih panas saat dinikmati. Namun, ada juga yang lebih suka untuk menambahkan es batu untuk memberikan kesan lebih segar saat suapan demi suapan kolak masuk ke dalam mulut.

Bagi penyuka minuman dingin, kolak juga bisa ditambahkan es batu sesuai selera. Nikmatnya tak tertandingi!

5. Es buah

Siang hari, seringkali kita menelan ludah ketika melihat ikan sirup yang menampilkan es buah. Segalanya tampak menyegarkan. Jelas saja, es buah menjadi menu buka puasa yang paling dinanti karena kesegarannya. Kamu bisa menambahkan varian lain kesukaanmu.

Yang satu ini pasti juga menjadi menu yang paling dicari cari selama bulan Ramadhan. Sebagian besar muslim yang menjalankan puasa pasti memasukkan menu ini ke dalam menu buka puasa favoritnya. Bagaimana tidak, buah memang menjadi menu yang mudah dicari, dan sangat enak juga menyegarkan begitu kalian nikmati saat adzan Maghrib berkumandang. Selain mudah dicari di pasaran, kamu juga dapat dengan mudah membuat es buah dengan bahan bahan pilihanmu sendiri.

Namun, sebetulnya mengonsumsi es saat berbuka tidak dianjurkan karena kurang baik untuk tubuh. Apalagi kalau kamu memiliki penyakit maag.

Sifat es bertolak belakang dengan kondisi tubuh yang “panas” setelah seharian berpuasa. Kamu tetap bisa mengonsumsinya setelah meminum minuman hangat atau air mineral biasa.

Nah, itu dia 4 menu buka puasa favorit yang paling sering dicari dan dibeli. Menu-menu diatas seperti gorengan, es buah dan kolak, bahkan dapat kamu buat sendiri di rumah, dengan berbagai resep tambahan ala kamu. Tapi, jika kamu malas untuk membuatnya, ke-empat menu diatas sangat mudah untuk ditemui di sekitarmu saat bulan puasa. Tidak hanya memanjakan lidah, harga ke-empat menu diatas juga dianggap sangat terjangkau sehingga banyak peminatnya. Mana nih yang merupakan menu buka puasa favoritmu? Jika sudah menentukan, kami berkah catering sebagai vendor catering di Surabaya menyediakan paket bukber lengkap untuk area Surabaya dan Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *