Lompat ke konten

Menjaga Kualitas Bisnis Catering Agar Bisa Bertahan

Semua orang bisa berbisnis catering, baik skala kecil maupun skala besar, namun tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan modal usahanya, tenaga kerja yang dimiliki, jaringan Kemitraan pelanggan yang baik, dan promosi serta ketertiban membayar pajak 23 dan pajak 21. Salah satunya adalah kami, pelaku bisnis catering di Surabaya , Jawa Timur dan JABODETABEK haruslah tertib dalam urusan pajak, dikarenakan sudah bentuk perseroan.

PPh Pasal 21 yang dikenakan kepada pemilik usaha atau orang pribadi, berdasarkan tarif PPh Pasal 17 Undang-Undang PPh dikalikan 50% atas penghasilan bruto mereka. Sehingga (untuk penghasilan 0-50 juta memiliki tarif 5% dikalikan dengan 50%) 2,5% selain tarif tersebut akan dikenakan PPh Pasal 23.

Bisnis catering tidaklah mudah bagi seseorang yang tidak mempunyai jaringan kemitraan kuat, terlebih lagi kalau tidak mempertahankan kualitas dan layanan terbaiknya, misalkan pangsa pasar yang bagus adalah memenuhi permintaan catering di Pemerintah Daerah, maka pengusaha catering harus tertib membayar pajak yang ditetapkan sesuai ketentuan, karena dampaknya akan jadi temuan ketika ada persoalan pajak. 

Selain itu, layanan catering di Pemerintahan harus benar-benar menjaga kualitas dan kebersihan produk yang diberikan, ketika pelanggan meminta ada germas (menambah buah) pada catering maka harus menghitung isi berapa yang pas dan disesuaikan dengan harga yang dipilih. Sebut saja harga snack misalkan Rp 15.000,- tentunya akan berbeda isinya dengan snack Rp. 20.000,- 

Mungkin dari masyarakat akan bilang kok mahal yah jika di catering mempunyai PIRT, dan tertib pajak, sama punya catering tapi tidak punya NPWP atau tidak bayar pajak, misalkan catering yang tidak tersentuh dengan dana pemerintah, catering untuk kegitan jamiyahan senenan, selasanan, raboan, kamisan, jumahan, sabtunan, dan mingguan, tentunya akan mencari catering yang tidak bermerk dan mereka tuan rumah membeli produk snack di pasar, lalu ditaruh dalam kotak sendiri. 

Berbeda dengan bisa catering wedding (pernikahan). Salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan sangat menjanjikan adalah bisnis catering wedding. Selain itu, bisnis katering pernikahan ini juga termasuk bisnis yang fleksibel yang bisa dikerjakan oleh semua kalangan baik ibu rumah tangga, pegawai kantoran, dan lainnya. 

Menilik dari berbagai kelebihan bisnis katering pernikahan ini membuat banyak sekali orang yang berbondong-bondong menjalankan bisnis ini. Sehingga untuk tetap bisa bersaing dengan kompetitor bisnis Anda, sehingga Anda membutuhkan beberapa tips agar bisnis katering pernikahan Anda sukses dan lebih unggul ketimbang bisnis katering pernikahan lainnya. Nah, kira-kira bagaimana Tips dari Berkah Catering sebagai pelaku bisnis catering pernikahan di Surabaya dalam menghadapi kompetitornya di area Jawa Timur dan JABODETABEK? Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya:

Melakukan Riset Segmen Pasar
Sama halnya dengan bisnis wedding organizer, bisnis katering pernikahan ini juga membutuhkan riset segmen pasar. Pastikan Anda menentukan siapa target pasar Anda apakah dari kalangan atas atau kalangan menengah atas, atau bahkan keduanya.

Hal ini sangat penting sebagai patokan bagi Anda dalam melakukan promosi hingga menentukan harga catering pernikahan.

Mempunyai Ilmu Bisnis Katering Pernikahan 
Tips selanjutnya yaitu pastikan Anda mempunyai ilmu yang cukup mengenai bisnis katering pernikahan. Caranya yaitu dengan belajar ke orang yang lebih berpengalaman dengan mengikuti acara workshop, seminar hingga pelatihan ke orang-orang yang lebih dulu terjun ke bisnis tersebut.

Mempunyai Modal yang Cukup
Tips sukses lainnya yaitu pastikan Anda menghitung modal bisnis katering pernikahan secara detail mulai dari biaya kebutuhan peralatan, bahan makanan, gaji karyawan, tempat, listrik dan lainnya.

Selain itu, hitung secara matang perencanaan anggaran baik pengeluaran, pemasukan, dan perkiraan laba yang bisa Anda dapatkan.

Meningkat Kualitas Catering
Tips lainnya yang sangat penting yaitu pastikan Anda selalu meningkatkan kualitas catering pernikahan. Caranya yaitu dengan menyediakan berbagai pilihan menu khas dan andalan catering Anda, meningkatkan kualitas gizi makanan dan juga cita rasa dari makanan dan lainnya.

Untuk bisa menciptakan menu makanan andalan tersebut, Anda harus terus belajar mencoba berbagai resep dan inspirasi menu makanan pernikahan dari berbagai sumber. Selain itu pastikan juga Anda mengikuti tren menu makanan pernikahan yang banyak disukai masyarakat secara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *