Lompat ke konten

Meningkatkan Selera Makan pada Anak Sekolah

Anak usia sekolah merupakan investasi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Masa tumbuh kembang anak yang optimal ditentukan dari pemberian nutrisi dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Pemberian nutrisi dalam  masa tumbuh dan kembang anak tidak dapat dilaksanakan secara sempurna, dikarenakan seringnya timbul masalah akibat pemberian makanan yang tidak benar dan menyimpang. Penyimpangan ini mengakibatkan gangguan pada banyak organ dan sistem tubuh anak.

Mengusahakan asupan makanan untuk anak sekolah dirasa sangat penting. Memberi makanan pada anak juga dilandasi berdasarkan aspek ekonomi, sosil budaya, agama dan tentunya gizi yang ada. Makanan yang diberikan haruslah memiliki standar kesehatan bagi tubuh. Keserasian dan keselarasaan dalam menyajikan olahan makanan harus juga diwujudkan dengan penyediaan makanan yang sesuai dengan selera anak. Mengingat bahwa anak cenderung mengabaikan memakan sayur pihak orang tua atau sekolah haruslah memiliki inovasi dalam melakukan pengolahan agar rasanya disukai.

Kecukupan gizi yang didapat melalui makanan tidak hanya ada pada satu jenis makanan. Makanan yang disajikan berulang-ulang atau hanya satu macam tentunya akan menyebabkan kebosanan pada anak. Anak yang cenderung merasa bosan dengan menu makannya akan menciptakan kebiasaan buruk melewatkan jam makan. Padahal apabila dilihat pada segi aktivitas anak, tentu mengeluarkan banyak energy saat belajar. Makan siang disebut-sebut sebagai salah satu aktivitas yang mampu memenuhi 1/3 hingga 1/2 asupan gizi anak sepanjang hari dan dapat membantu mengikuti berbagai kegiatan belajar mengajar dengan lancar.

Untuk mendapatkan tubuh dan gizi yang sehat pada makanan pihak-pihak sekolah harus mengupayakan sajian makan siang yang cocok untuk selera anak sekolah. Pihak sekolah dapatbekerja sama dengan vendor catering yang telah memiliki standar diatas rata-rata. Misalnya saja pada jasa catering yang telah berbadan hukum dan memiliki label halal dari MUI. pada kota besar  seperti Surabaya tentu bukanlah hal sulit untuk mencari jasa catering yang siap menyajikan olahan makanan untuk makan siang disekolah. Sehingga pelaksanaan makan siang akan berjalan dengan lancer dan sesuai dengan program penidikan yang menyatakan bahwa anak didik harus mendapat asupan makanan yang sehat dan bergizi agar mampu mencapai prestasi yang tinggi.

Menjamurnya jasa catering di Surabaya memudahkan pihak-pihak bersangkutan seperti lembaga pendidikan atau orang tua dalam menyediakan makanan untuk anaknya. Pemilihan jasa catering dapat dilakukan dengan memilih jasa catering yang profesional sebagai penyedia olahan makanan yang disukai oleh anak-anak tanpa melupakan standar gizi. Apabila sudah mendapatkan jasa catering yang sesuai barulah menentukan jenis olahan makan apa saja yang dapat dijadikan sajian makan siang. Umumnya sajian makan siang yang disukai oleh anak seperti nasi bento, bakwan daging/sayur, nasi putih dengan lauk dan sup sayur hingga buah-buahan sebagai vitamin pelengkap. Olahan makanan tersebut juga dapat dikembangkan kedalam menu lainnya seperti olahan tumis daging yakiniku, sayur jamur dan sosis, salad buah hingga pada pembuatan jus buah. Pembuatan makanan haruslah bervariatif, hal tersebut mencegah terjadinya kebosanan anak saat menyantap makan siang, sehingga jam makan siang menjadi hal yang dinanti anak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *