Lompat ke konten

Menggemgam Konsumen: Strategi Bisnis Catering

Persaingan dalam dunia bisnis sekarang ini semakin tajam, tanpa terkecuali dengan seluruh perusahaan yang ada di Indonesia. Setiap pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan sistem pemasaran yang efektif dan efisien dengan tujuan memaksimalkan keuangan-keuangan sesuai target yang diinginkan. Pada dasarnya tujuan dalam menjalankan usaha yaitu mencari keuntungan semaksimal mungkin. 

Guna mencapai tujuan tersebut, maka pelaku usaha harus melakukan kegiatan operasi yang dapat mendukung tujuan perusahaan tersebut. Kegiatan operasi usaha harus dilakukan secara efektif dan efisien terutama pada kegiatan pemasaran. Kemampuan pelaku usaha dalam memasarkan produknya sangat mempengaruhi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Strategi dan teknik yang tepat merupakan kunci keberhasil bagi perusahaan untuk menyelenggarakan pemasaran dalam perusahaan tersebut.

Strategi pemasaran juga termasuk penting dalam dunia bisnis catering hal tersebut mengingat banyaknya pelaku usaha yang menjalankan bisnis serupa. Ketatnya persaingan mendorong pelaku usaha catering meramalkan berbagai strategi dalam mendongkrak pasar. Strategi yang dikeluarkan tentunya telah dinilai dan ditimbang sebelum diterapkan. Lalu, apasajakah strategi pemasaran yang harus diperhatikan saat menjalankan bisnis catering? simak berikut ini.

1. Harga 

Strategi pemasaran yang paling mendasar tentu terletak pada harga yang diberikan pada produk. Harga merupakan unsur pertama yang selalu diperhatikan konsumen. Saat ini harga dijadikan salah satu tujuan konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Harga yang dibandrol suatu produk catering tentu menjadi salah hal yang sering dipertanyakan oleh konsumen. Hal tersebut lumrah dilakukan karena sudah menjadi kodrat utama konsumen dalam melakukan jual beli. Namun, ada beberapa fakta yang menyatakan bahwa harga yang dipasang murah tentu memiliki kualitas produk yang buruk. Adanya fakta tersebut menjadi kendala utama dalam menetapkan harga. Pelaku usaha dihadapkan pada kondisi yang sulit apabila belum menguasai dengan benar tata cara penetapan harga. 

Penetapan harga catering yang bersaing menjadi salah satu pintu awal dalam menguasai pangsa pasar. Agar tidak terlalu kebigungan dengan penetapan harga pelaku uaha juga harus menelisik lebih mendalam biaya produksi. Analisis biaya produksi juga dapat digunakan sebagai salah satu patokan dalam menentukan jumlah minimum pesanan. Misalnya saja pada menu tertentu memiliki minimum order 250 pax dan dapat dipesan dengan harga miring mulai dari Rp 27.000 atau pada menu lebih mahal dengan minimum order diatas 500 pax dengan harga Rp 28.000. Perbedaan harga yang sangat sedikit tersebut sekilas tidak memberikan keuntungan namun perlu diperhatikan bahwa pada prinsipnya produk yang diproduksi dengan jumlah lebih banyak dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak pula.  

2. Kualitas Produk

Setelah mengetahui dengan jelas tata cara menetapkan harga yang pas pada produk catering hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menarik kepercayaan konsumen. Menarik kepercayaan konsumen dapat berupa menyediakan kualitas produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Jangan samapi harga yang ditetapkan menjadi boomerang tersendiri bagi kelangsungan bisnis. Produk yang mampu mencapai harapan konsumen tentu akan menghasilkan kepuasan tersendiri. Kepuasan yang ada konsumen selanjutnya akan berubah menjadi loyalitas. Maka tidak akan mustahil bahwa pembelian secara berulang-ulang akan ditemui saat menjalankan bisnis. Satu hal lagi yang penting, apabila kualitas produk telah dirasakan oleh konsumen bukan hal yang tak mungkin citra catering juga akan sampai pada calon konsumen lain. 

3. Promosi 

Sembari memberikan pelayanan maksimal pelaku bisnis juga telah melakukan tahap promosi. Pentingnya promosi dalam melakukan bisnis juga terletak pada kemudahan calon konsumen dalam mengenal produk. Saat ini dalam menentukan strategi promosi pelaku bisnis tidak perlu merasa repot. Kecanggihan teknologi mendorong calon konsumen dalam menggali secara mendalam berbagai informasi yang dibutuhkan, tidak terkecuali informasi mengenai catering murah pernikahan. Pelaku usaha hanya perlu memasang promosi pada berbagai media sosial yang sedang digandrungi oleh banyak hal misalnya saja dengan membuat akun di laman instagram dengan memberikan nama yang mudah ditemukan. Pada laman Instagram dapat diisi dengan berbagai foto real saat menyajikan produk catering. selain itu, membuat website resmi juga menjadi salah satu pilihan lain saat hendak menggapai konsumen yang membutuhkan pelayanan jasa catering. 

4. Tempat Pelayanan

Setelah mengetahui secara mendalam kebutuhan dalam melakukan pemasaran, pelaku usaha juga perlu memperhatikan mengenai tempat untuk kebutuhan melayani konsumen. Meskipun saat ini telah marak bisnis online yang tidak membutuhkan tempat bertatap muka langsung dalam bisnis catering konsumen akan cenderung meminta konsultasi secara langsung berkaitan dengan kebutuhan pemesanan hingga konsep yang diinginkan. Hal tersebut juga mengingat bahwa uang yang dikeluarkan dalam melakukan pembelian produk catering tidak sedikit. Sehingga penyediaan tempat juga menjadi salah satu jembatan dalam menggenggam konsumen. Tempat yang disediakan juga harus strategis. Artinya tempat atau kantor pemasaran haruslah memiliki kemudahan mulai dari kemudahan akses jalan, parkir hingga fasilitas kantor pemasaran itu sendiri. 

Salah satu contoh dari jasa catering yang sudah mengaplikasikan ke-empat daktor tersebut adalah berkah catering. Catering di Surabaya yang satu ini memanglah memulai bisnis catering nya bisa dibilang dari ‘nol’ , tapi saat ini berkah catering sudah banyak dikenal di kalangan bisnis catering di Surabaya dan Sidoarjo. Pemasaran secara online sangat diunggulkan oleh berkah catering, hingga sekarang ini berkah catering sudah menempati urutan halaman pertama dari mesin pencarian google dengan kata kunci “catering surabaya” , “catering di surabaya , “jasa catering murah surabaya” , “catering pernikahan surabaya” dan masih banyak lagi.

Pada intinya strategi pemasaran catering ini bisa berhasil sepenuhnya apabila kalian mendapatkan dukungan penuh dari hati kalian untuk menjalankannya. Setidaknya sebesar apa usaha yang kalian kelola jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan terlihat hasilnya cepat atau lambat. Sekian tips dari kami semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *