Lompat ke konten

Menggelar Pernikahan dengan Bujet dibawah 10 Juta

Perencanaan untuk menggelar acara pernikahan sederhana bukanlah sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. 

Jangan lupa dengan esensi dari sebuah pernikahan adalah pada prosesi ijab kabulnya. Selepas itu, terserah Anda untuk menggelar konsep acara perayaan yang seperti apa sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki. 

Bicara tentang pernikahan berkonsep minimal, namun tetap meriah, percayakah Anda bahwa Rp10 juta saja sudah cukup untuk menggelar pernikahan Anda? Jawabannya mungkin dan Ini triknya!

Tidak Perlu Resepsi, Akad Saja Sudah Cukup

Biasanya sumber pengeluaran terbesar para pasangan yang akan menikah adalah mempersiapkan resepsi pernikahan. 

Bayangkan saja, untuk sekali menggelar resepsi pernikahan Anda bisa menghabiskan bujet pernikahan minimal Rp10 juta. Belum lagi persiapan yang lama, mulai dari survei tempat, katering, sampai koordinasi bersama wedding organizer, membayangkannya saja sudah bikin lelah, ya.

Nah, untuk menghemat biaya dan waktu pernikahan, nyatanya menggelar akad pernikahan tanpa resepsi saja sudah cukup, lho. Justru pernikahan akan terkesan lebih intim karena hanya dikelilingi orang-orang terdekat yang sangat mengenal Anda.

Tidak Perlu Gedung Mewah, Pilih Lokasi di Rumah yang Gratis

Daripada harus menyewa gedung yang bisa menghabiskan banyak biaya, bagaimana kalau melangsungkan pernikahan di rumah saja? Lagipula kekhidmatan sebuah pernikahan tidak diukur dari seberapa besar dan megah venue pernikahan. Apalagi jika Anda hanya menggelar prosesi akad pernikahan saja, tentu Anda tidak terlalu membutuhkan gedung pernikahan yang terlalu besar.

Misalnya, harga sewa gedung paling murah sekitar Rp3 juta, sedangkan biaya nikah di rumah gratis. Uang yang Anda bisa hemat akan bermanfaat disimpan sebagai dana darurat.

Menyewa jasa katering

Harga untuk per paket buffet pernikahan dengan menu nasi, sup makaroni sosis, ayam goreng, bihun goreng, sambal, kerupuk, buah, dan air adalah Rp50 ribu. Maka biaya yang harus Anda siapkan untuk 25 tamu undangan beserta pasangan masing-masing adalah Rp50 ribu x 50 = Rp2,5 juta. Kalian bisa dapatkan paket tersebut di Berkah Catering, jasa catering surabaya yang sudah handal di bidangnya

Memasak sendiri
Sedangkan bila memasak sendiri, maka kisaran harga yang akan dikeluarkan:

– 5 kg beras: Rp50 ribu
– Sup makaroni: Rp250 ribu
– Ayam goreng: Rp200 ribu
– Bihun goreng: Rp200 ribu
– Sambal: Rp100 ribu
– Kerupuk 3kg: Rp80 ribu
– Buah: Rp250 ribu
– Air 2 karton: Rp60 ribu

Jadi total biaya yang Anda keluarkan untuk makanan adalah sekitar Rp1,79 juta atau lebih murah 700 ribu dibandingkan biaya katering. Berarti Anda sudah menghemat 28 persen dari biaya menggunakan katering.

Tunda Foto Prewedding, Foto Polaroid Saja Rp20 ribu

Rasanya foto prewedding sudah dianggap kewajiban oleh sebagian orang yang mau melangsungkan pernikahan. Padahal, jika Anda hanya memiliki bujet yang terbatas, foto prewedding bisa menyedot pengeluaran yang cukup besar.

Anda dapat menggantinya dengan memajang foto momen bersama calon suami/istri di waktu lalu dalam bentuk foto polaroid. Selain memberikan kesan klasik dan sederhana, menyiapkan foto polaroid pun tidak membutuhkan bujet yang besar. Mari kita bandingkan secara simpel.

Dengan foto prewedding
Misalnya, harga foto prewedding termurah adalah Rp700 ribu untuk 10 gaya foto dengan durasi empat jam. Berarti untuk satu gaya foto, Anda hanya diberikan waktu 24 menit saja dengan masing-masing seharga Rp70 ribu.

Tanpa foto prewedding
Tentu sepuluh foto terasa kurang, bukan? Lebih baik Anda mencetak foto momen kebersamaan yang sudah ada di tempat cetak foto polaroid. Biasanya harga cetak foto polaroid cukup Rp200 per foto. Maka, untuk cetak 100 foto Anda hanya membutuhkan bujet Rp20 ribu saja. Lumayan, ‘kan?

Nah, mengenai konsep penyajiannya terserah kalian berdua. Mungkin bisa dengan menempelkan foto-foto tersebut di sepanjang tali pada dinding acara pernikahan untuk memberi para tamu sebuah kesan sedang menyusuri perjalanan waktu kebersamaan kalian dari awal hingga ke jenjang pernikahan.

Sewa Baju Pernikahan yang Sudah Sepaket Seragam Keluarga Rp5 juta

Baju pernikahan merupakan aspek vital dalam sebuah pernikahan. Setiap pengantin tentu menginginkan baju pernikahan yang indah dan megah. Sayangnya, untuk mendapatkan baju pernikahan seperti ini, Anda harus menyiapkan bujet yang cukup besar.

Jika bujet yang Anda miliki tidak besar, maka Anda bisa menyewa baju pernikahan yang sudah sepaket dengan seragam keluarga. Sekarang sudah banyak lho paket-paket sewa baju pernikahan murah. Berikut adalah contoh beberapa vendor yang bisa Anda jadikan acuan.

Apabila sewa baju pengantin yang Anda dapatkan tidak menyertakan rias pengantin, Anda tidak perlu mencari jasa Make Up Artist (MUA) untuk mengatasinya. 

Menyewa jasa MUA
Harga sewanya bisa beragama tergantung fasilitas yang didapatkan dan jam terbangnya, namun rata-rata harga jasa MUA yang beredar Rp500 ribu hingga Rp3 juta.

Tanpa jasa MUA
Nah, daripada Anda menggunakan jasa MUA, lebih baik minta bantuan teman yang jago merias. Jangan sia-siakan peluang untuk meminta harga teman guna menghemat bujet, ya.

Misalnya, teman Anda yang seorang MUA biasa memberikan tarif sekitar Rp2 juta. Karena teman dekat, Anda mendapatkan potongan harga yang besar sekitar 70 persen. Maka biaya yang harus dikeluarkan cukup Rp600 ribu.

Selain meminta potongan harga, Anda juga bisa lho meminta digratiskan dan imbalannya Anda bisa mentraktir dia dan keluarganya makan bersama.

Tidak Perlu Jasa Fotografer, Meminta Bantuan Teman Saja Rp600 Ribu

Berdayakan Teman untuk Membantu Foto Prewedding

Tidak menggunakan jasa fotografer bukan berarti pernikahan yang Anda langsungkan tidak perlu diabadikan. Sebagai gantinya, Anda bisa meminta teman atau kerabat yang mahir membidik gambar untuk membantu sebagai juru foto selama acara berlangsung. 

Misalnya, harga sewa jasa fotografer pernikahan beserta alat-alatnya sekitar Rp2 juta untuk durasi satu hari. Nah, tentu bantuan teman atau kerabat tidak memerlukan biaya jasa sehingga Anda cukup menyiapkan perlengkapan foto, seperti lensa kamera, tripod, flash eksternal, memory card, dan baterai cadangan yang semua dapat Anda sewa dengan harga Rp300 ribu hingga Rp600 ribu.

Undang Orang Terdekat Saja, Maksimal 50 Orang

Dikarenakan pernikahan yang diselenggarakan hanya akad saja, maka Anda tidak perlu mengundang terlalu banyak orang, cukup maksimal 50 tamu saja sudah beserta pasangan. 

Meskipun sulit memilih tamu yang akan diundang dari banyaknya teman yang Anda dan pasangan miliki. Lebih baik undanglah mereka yang telah berjasa atau dekat sekali dengan Anda dan pasangan. Dengan begitu pernikahan Anda pun akan jauh lebih khidmat dan intim.

Pilih Bibit Tanaman sebagai Suvenir

Ketika bujet yang Anda miliki tidak besar, maka jangan coba-coba untuk menyiapkan barang untuk suvenir dengan harga yang mahal. Pilihlah suvenir pernikahan dengan harga yang murah namun tetap memiliki manfaat untuk tamu undangan, contohnya saja bibit tanaman.

Misalnya, Anda membeli bibit bunga matahari yang berisi 50 bibit iji dengan harga Rp10 ribu. Sementara tiap tamu undangan akan mendapatkan masing-masing 10 bibit. Maka bujet yang harus Anda keluarkan sebagai berikut.

10 bungkus bibit bunga matahari x Rp10 ribu = Rp100 ribu

Sebagai bahan pembungkus, Anda bisa menggunakan plastik mika seharga Rp20 ribu per meter. 

Maka, total pengeluaran Anda untuk memberikan suvenir pada tamu undangan adalah Rp120 ribu. Tentu hal ini akan membantu Anda dalam menghemat bujet pernikahan.

Minta Teman Untuk Jadi Wedding Organizer Dadakan

Setelah Anda menyiapkan hal-hal di atas, tentu Anda akan membutuhkan bantuan selama pernikahan dilaksanakan. Nah, daripada menggunakan wedding organizer profesional yang memiliki harga mahal, mending memanfaatkan jalinan pertemanan untuk menunjang bujet pernikahan sederhana.

Biasanya jasa wedding organizer murah berada dikisaran harga delapan jutaan. Maka dengan meminta bantuan teman, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar itu. Justru pernikahan sederhana Anda akan terkesan lebih istimewa karena disiapkan bersama teman-teman.

Panggil Penghulu ke Rumah Rp600 Ribu

Apalah artinya sudah menyiapkan segala persiapan pernikahan bila tidak ada penghulu yang akan meresmikan. Anda cukup menyiapkan biaya Rp600 ribu untuk mengundang penghulu datang ke rumah setelah itu tidak ada lagi biaya yang harus disiapkan.

Simulasi Bujet Pernikahan Sederhana

Dengan rincian pengeluaran untuk pernikahan di atas, maka berikut adalah total biaya yang akan Anda keluarkan.

Hal yang Harus Disiapkan Harga
Masak Sendiri Rp1,8 juta
Foto Polaroid Rp20 ribu
Sewa Baju Pernikahan Rp5 juta
Rias Pengantin Rp600 ribu
Dokumentasi Rp600 ribu
Suvenir Rp120 ribu
Panggil Penghulu Rp600 ribu
Total Rp8,740 juta
Sering kali orang merasa gengsi untuk tidak menyelenggarakan resepsi pernikahan sehingga akhirnya harus memaksakan diri padahal bujet yang dimiliki tidak besar. Namun terbukti dengan adanya rincian di atas, pernikahan dengan bujet kurang dari Rp10 juta ternyata bisa dilakukan. 

Walau demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggelar pernikahan sederhana, pastikan sudah membicarakannya terlebih dahulu bersama pasangan dan keluarga besar agar pernikahan tetap bisa berjalan lancar dan membahagiakan. Jika dirasa merepotkan, kalian bisa menggunakan jasa kami berkah group dan memilih paket akad nikah Surabaya lengkap dengan cateringnya hanya dengan harga 6 juta lengkap dengan catering 50 porsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *