Lompat ke konten

Mengatur Pembelanjaan Catering Prasmanan

Dalam bisnis catering prasmanan memanglah perbelanjaan menjadi salah satu faktor penting penentu keberhasilan dari suatu acara. Pengaturan pembelanjaan yang tepat dapat menghemat pengeluaran atau cost untuk catering Anda. Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis catering kita haruslah pandai mengatur costing dari catering Anda.

Pada umumnya costing untuk semua makanan adalah 45-50%, tergantung dari banyaknya menu yang ditawarkan. Costing tersebut hanya untuk bahan pokok makanan belum termasuk dari packaging atau kemasan seperti untuk catering nasi kotak belum termasuk kardus kotakannya, dan jika untuk catering prasmanan belum termasuk dari peralaan piring dan lainnya.

Dalam menentukan costing catering prasmanan surabaya utamakanlah bahan-bahan yang bisa kalian stok dalam waktu yang lama, seperti beras, bumbu-bumbu dan bahan lainnya, sedangkan untuk bahan makan daging, ayam, dan ikan bisa kalian stok untuk tiap 3x event maksimal 5x. sedangkan untuk bahan groceries seperti buah dan sayuran bisa kalian beli langsung ketika h-2 atau h-1 event.

Penentuan costing biasanya dilakukan per menu atau per resep, dalam menentukan costing per menu bisa kita lakukan untuk membuat standart recipe nya atau standar resep. standar resep ini berisi bahan-bahan dari menu tersebut. Cermatlah untuk menghitung standar resep dari masing-masing resep yang kalian buat, sehingga pada saat event catering pernikahan nanti kalian tidak perlu bingung lagi menghitungnya. 

Untuk metode memasak dalam jumlah besar kalian harus pandai-pandai untuk memilih bahan baku, biasanya kebanyakan pelaku catering prasmanan menggunakan jasa supplier dalam mengatur pembelanjaan. Supplier inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatur sirkulasi keuangan catering kalian, karena biasanya supplier dapat dibayar mundur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version