Lompat ke konten
Langkah Merintis Usaha Rumahan Katering 1

Langkah Merintis Usaha Rumahan Katering

Usaha rumahan jika dilakukan dengan serius dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan membuka usaha rumahan, Anda memiliki beberapa keuntungan, selain tidak perlu membayar sewa toko, Anda pun dapat memiliki waktu yang fleksibel. 

Banyak jenis usaha rumahan yang bisa Anda lakoni, salah satunya yang makin banyak diminati adalah bisnis catering. Hal ini dipicu oleh makin meningkatnya pendapatan masyarakat, perubahan termasuk gaya hidup seperti melakukan berbagai perayaan di gedung dan memanfaatkan jasa katering. 

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha rumahan katering, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan: 

Konsisten dan menyukai yang Anda lakukan 

Hal utama yang harus Anda miliki adalah konsisten dan menyukai apa yang Anda lakukan. Bisnis apapun yang dijalankan tidak akan memperoleh hasil dalam waktu singkat. Konsisten, sabar, dan pantang menyerah adalah salah satu kunci dalam berbisnis. Selain itu, jika Anda memiliki minat atau hobi memasak, hal itu akan menjadi nilai plus dalam menjalankan usaha rumahan katering Anda. 

Tentukan jenis makanan dan modal yang dibutuhkan  

Tentukan dulu jenis makanan yang hendak Anda tawarkan pada para pelanggan. Anda perlu mencari tahu jenis makanan apa yang diminati oleh konsumen. Selain itu, siapkan modal agar bisa memenuhi permintaan pelanggan secara maksimal. Jika modal terbatas, fokuslah pada beberapa jenis makanan tertentu, misalnya katering untuk makan siang orang kantoran (Catering Kantor), katering pernikahan, atau katering nasi kotak. 

Modalnya dari mana? Anda bisa menabungnya sendiri atau dengan pinjaman. Perencana Keuangan Keluarga Ahmad Ghozali yang dikutip dari neraca.co.id (15/9/2011) menjelaskan, sebaiknya modal merupakan tabungan yang tidak dialokasikan untuk dana darurat atau tujuan lain. 

Beda dengan yang lain 

Usaha rumahan menuntut Anda untuk melakukan inovasi dan kreativitas agar produk Anda dapat bersaing. Anda dapat menciptakan menu sendiri atau menawarkan menu yang sudah ada di pasar dengan melakukan inovasi agar produk anda memiliki ciri khas. Anda bisa menawarkan katering dengan masakan khusus mereka yang ingin diet, catering anak dengan menu-menu bergizi dan sebagainya. 

Baca Juga  Rekomendasi Catering Pernikahan di Tangerang 2019

Berikan harga yang pantas 

Harga adalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesan penjualan produk usaha rumahan. Pertimbangkan dengan cermat sebelum menentukan harga, mulai dari harga bahan hingga harga yang ditetapkan pesaing untuk produk serupa. Pertimbangkan pula modal yang harus kembali dalam menentukan harga produk Anda. Harga yang tidak sesuai dengan rasa, kualitas, dan pelayanan membuat produk Anda tidak dilirik pembeli. 

Media sosial untuk promosi 

Kemajuan teknologi menjadi keuntungan tersendiri untuk usaha rumahan. Anda dapat memaksimalkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, menerima pemesanan secara online seperti email juga dapat membantu meningkatkan penjualan. 

Jangan lupa bahwa setiap bisnis punya risikonya sendiri, termasuk usaha rumahan seperti katering. Sebelum menjalankan bisnis sampingan sebaiknya diskusikan terlebih dulu kepada pasangan dan keluarga Anda karena dukungan mereka memberikan pengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *