Lompat ke konten

Lakukan Ini Sebelum Menentukan Tema Pernikahan Anda

Siapa yang tidak ingin tampil sempurna di hari pernikahan, hari yang berlangsung satu kali seumur hidup tersebut setiap pasangan pasti harus memilih setiap detailnya sesuai dengan konsep yang diinginkan, termasuk diantaranya adalah memilih tema pernikahan. Ada hal penting yang harus dipahami calon pengantin sebelum menentukan konsep pernikahan yang ingin mereka usung dan menu catering pernikahan , yaitu menentukan tema warna pernikahan.

Penentuan warna tersebut akan memengaruhi banyak hal dalam eksekusi pernikahan, seperti misalnya pemilihan undangan, bunga, gaun pengantin, dekorasi, dan lain sebagainya. Dalam hal pemilihan warna tersebut, rupanya tidak semudah memilih antara warna favorit kedua calon pengantin, atau memadupadankannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan tema warna pernikahan.

Memilih warna untuk pesta pernikahan merupakan elemen kunci yang akan menentukan garis merah keseluruhan tema. Warna sangatlah berpengaruh pada dekorasi pernikahan hingga detail elemen seperti bunga dan undangan. Selain itu, pemilihan warna juga dapat mempengaruhi suasana hati tamu yang hadir. Karenanya, sebelum memutuskan warna yang akan Anda pilih, pertimbangkan langkah-langkah berikut ini.

Pemilihan Venue Pernikahan

Venue menjadi pertimbangan penting dalam pemilihan tema warna. Memiliki palet warna impian dalam konsep pernikahanmu tetapi bertentangan dengan warna yang muncul pada venue akan memusingkan calon pengantin. Bayangkan kamu memilih perpaduan warna hitam-emas untuk pernikahan outdoor dengan pemandangan bukit hijau. Belum lagi, venue tersebut akan memunculkan tone alam yang mengandung unsur cokelat dan abu-abu. Hal itu akan memunculkan kontras yang tidak sesuai dalam dekorasi pernikahanmu.

Sebaiknya memilih tema warna yang cocok dan selaras dengan venue outdoor seperti itu dengan menggunakan warna putih atau rose gold.  Tema flower party akan cocok dengan venue ini sehingga warna-warna yang dimunculkan tidak akan jauh dari konsep tersebut. Bahkan tidak akan menjadi masalah ketika memasukkan dekorasi cokelat dan hijau dalam dekorasi pernikahanmu.

Venue di aula atau tempat tertutup menjadikan wedding organizer akan mudah merancang konsep pernikahan dengan tema warna yang lebih berani. Minimnya unsur warna luar akan mempermudah eksekusi pilihan warna yang diinginkan calon pengantin.

Suasana Pernikahan yang Diinginkan

Penentuan warna juga berpengaruh pada suasana seperti apa yang diimpikan oleh calon pengantin. Jika ingin mendapatkan kesan mewah dan glamor dalam acara pernikahan, pemilihan warna yang berani dan didukung oleh warna-warna glamor seperti emas, silver, atau merah, patut diperhitungkan. Namun, warna-warna berani dan mewah tersebut harus dipadukan dengan warna yang sedikit kalem, seperti misalnya perpaduan  ungu dan silver, atau emas dan hitam. Jika pengantin ingin menghadirkan nuansa rustic dalam konsep pernikahannya, warna-warna yang mendukung seperti cokelat, hijau, dan abu-abu sangat pas untuk dipilih.

Karakteristik Calon Pengantin

Memperhatikan karakteristik calon pengantin sangat penting dalam menentukan warna pernikahan. Calon pasangan yang memiliki karakteristik ceria akan lebih baik menggunakan palet warna yang colorful dan terang yang dipadupadankan dengan warna yang lebih soft. Apabila karakteristik pasangan tersebut adalah tipikal pasangan romantis, penggunaan warna-warna yang kalem dan elegan, seperti warna pastel yang dipadankan dengan sedikit berani dengan warna gold atau silver.

Kapan Warna Tersebut akan Digunakan

Awali dengan memutuskan kapan Anda akan menggunakan warna-warna yang dipilih. Apakah Anda akan menggunakannya sebagai warna utama di semua elemen dekorasi Anda, atau hanya sebagai sentuhan di beberapa elemen tertentu seperti pada serbet atau menu hidangan.

Sesuaikan dengan Waktu

Memilih warna berdasarkan jadwal pesta nantinya, sangatlah efektif dalam membangun kesan yang ingin ditonjolkan. Jika Anda akan menggelar pesta di pagi hingga siang hari yang cerah, warna-warna terang atau serba putih akan melengkapi suasana yang diinginkan. Untuk pesta di malam hari, maka warna-warna yang lebih kuat atau gelap dengan sentuhan metalik bisa membangun suasana mewah dan romantis pada pesta.

Hindari Menggunakan Warna Berlebihan

Memadupadankan warna kesukaanmu dan kekasihmu bukanlah sebuah ide buruk ketika warna itu cocok untuk dikombinasikan. Namun, bayangkan jika kamu pencinta kuning sementara pasanganmu menyukai warna biru, dan kalian memaksakan untuk menggunakan dua warna itu untuk konsep pernikahan? Belum lagi kamu ingin memasukkan warna favorit calon mertuamu. Yang ada hanyalah bencana. Penggunaan maksimal tiga warna adalah yang pilihan yang pas dalam penentuan tema warna pernikahan. Menggunakan lebih sedikit warna akan menampilkan kesan yang membosankan dalam dekorasi dan tampilan acara pernikahan. Namun, menggunakan lebih banyak warna akan menimbulkan kesan berlebihan dan tidak nyaman dipandang.


Menentukan tema warna pernikahan harus dilakukan di awal persiapan pernikahan agar tidak terjadi tabrak warna dan kesalahan konsep pada keseluruhan tema pernikahanmu. Meskipun pada pilihannya akan merujuk pada hal-hal teknis seperti waktu pelakasanan, tempat pernikahan, dan lain sebagainya, namun memastikan tema warna yang kamu inginkan adalah pilihan tepat. Hal tersebut tentu saja demi mewujudkan pernikahan impian dapat terealisasi dengan baik dan memuaskan.

Terima kasih sudah menyimak artikel ini, semoga dapat memberikan inspirasi dalam menyiapkan pernikahan bagi para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Untuk kalian yang sedang mencari paket pernikahan murah di Jakarta dan catering pernikahan Jakarta kalian bisa hubungi kami, berkah group siap membantu Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version