Lompat ke konten

Konsep Bridal Shower dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Siapa sih yang tidak tau bridal shower, pasti kebanyakan sudah pada tau yaa konsep yang lagi trending belakangan ini. Nggak lengkap rasanya jika teman yang ingin menikah nggak diberikan perayaan bridal shower, yaitu sebuah selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya. Ini menjadi tren yang mulai digemari oleh generasi masa kini. Namun rupanya, tradisi yang sudah ada sedari dulu ini nggak berjalan seperti zaman sekarang, lho. Dan berikut ini adalah seputar fakta bridal shower yang wajib kamu tahu

Berdasarkan catatan Wikipedia, bridal shower adalah pesta pemberian kado pada calon pengantin perempuan sebelum hari pernikahannya. Tradisi yang sudah ada sejak tahun 1890an ini dilakukan ketika calon pengantin nggak memiliki mahar atau hadiah perkawinan karena kekurangan finansial, atau sang ayah nggak mau memberikan hal itu karena nggak merestui pernikahan anaknya. Maka pada kondisi ini, teman-teman dari calon pengantin berkumpul dan memberikan hadiah sebagai alternatif mas kawin dan memberikannya jalan untuk bisa menikahi lelaki yang dicintainya.

Seiring berjalannya waktu, tradisi bridal shower dijadikan sebagai pelengkap dalam paket pernikahan Jakarta, dan kini konsep ini berkembang dan mengalami perubahan, menyesuaikan budaya dari negara yang mengadaptasinya. Namun satu yang pasti adalah acara yang diterjemahkan sebagai “siraman pengantin” ini adalah perayaan untuk calon pengantin wanita saja. Acara ini biasanya digelar oleh teman-teman perempuan atau dapat disebut mereka yang menjadi bridesmaids. 

Calon pengantin pria bisa datang ke acara ini, namun hanya memunculkan dirinya di akhir pesta dengan membawa sedikit kejutan. Kalau mau seperti ini, pastikan pada pendamping pengantin wanita berdiskusi dengan pihak lelaki. Dilansir dari Brides.com, hal-hal yang perlu ada dalam pesta bridal shower ini bisa berupa makanan, minuman, dan beberapa permainan. Pokoknya, momen saat calon pengantin dapat dikelilingi oleh teman-teman tercintanya!

Bahkan, pesta nggak selalu perlu diadakan di restoran. Bridesmaids bisa membuat bridal shower seperti di tempat spa atau taman terbuka. Jadi diskusikan secara matang bersama teman-temanmu, dan calon pengantin yang ingin mendapat siraman. Bridal shower umumnya diselenggarakan antara 3 bulan-2 minggu sebelum hari pernikahan tiba. Jadi, pilih waktu ternyaman bagi semua orang untuk dapat menikmati pesta khusus perempuan ini.

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERAYAAN BRIDAL SHOWER

Bridal shower tampaknya dimaknai berbeda ketika masuk ke Indonesia. Fenomena bridal shower menjadi bergeser makna dan eksekusinya. Apalagi dalam sejumlah momen, bridal shower justru terkesan hanya sebagai ajang menghambur-hamburkan uang dan demi kepentingan konten sosial media. Lalu, ada momen mengerjai calon pengantin dengan melakukan hal-hal konyol yang memalukan. Tentu tidak semua perayaan bridal shower berlangsung demikian. Karenanya, ketika kalian mempunyai niat baik memberikan kesan tak terlupakan sebelum pernikahan sahabat, alangkah baiknya pelaksanaan bridal shower perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Luruskan Niat
Mengembalikan kembali konsep bridal shower sebagai upaya dukungan teman-teman dekat sebelum momen pernikahan sahabat mereka rasanya perlu dilakukan sebelum melakukan bridal shower. Niatkan bahwa perayaan tersebut merupakan bentuk perhatian dan support para sahabat.

Jangan Membuat Perayaan yang Merepotkan
Seharusnya bridal shower menjadi momen berkesan bersama sahabat. Oleh karena itu jangan sampai perayaan tersebut justru merepotkan banyak pihak, baik dari segi finansial maupun persiapan perayaan. Perlu diingat bahwa ini adalah momen personal dengan teman dekat untuk melepas salah satu dari mereka menuju pernikahan. Jangan sampai momen tersebut harus merepotkan banyak pihak. Bayangkan jika kamu memiliki banyak circle pertemanan yang dalam waktu bersamaan menyelenggarakan bridal shower, dan sumbangan berupa uang untuk menyelenggarakan itu tidak murah. Alih-alih mempererat pertemanan, yang ada justru kamu keteteran dengan masalah keuangan.

Lakukan Kegiatan dengan Sederhana
Perayaan bridal shower harusnya tidak perlu dilakukan secara wah seperti harus menyewa satu lokasi dengan membawa properti-properti tidak penting. Belum lagi memikirkan biaya makanan serta kostum yang harus disiapkan. Apalagi dengan barang-barang yang pada akhirnya tidak akan digunakan lagi. Kalaupun perlu membuat hiasan maupun properti, alih-alih menggunakan jasa party planner lebih baik dikerjakan bersama-sama sahabat lainnya. Namun, harus kembali pada aturan sebelumnya yakni jangan sampai kegiatan tersebut merepotkan sahabatmu yang lain ya, idewedding lovers.

Jangan Mempermalukan Calon Pengantin
Perayaan bridal shower yang umum terjadi di Indonesia, biasanya bermaksud untuk memberi kesan tak terlupakan dari para sahabat. Namun, pada praktiknya, kesan tak terlupakan tersebut justru mempermalukan sang calon pengantin. Seperti memberikan properti mencolok dengan wajah dicoret-coret yang tidak jarang dengan bentuk tak senonoh, lalu diarak ke sekeliling tempat perayaan. Belum lagi jika sahabat-sahabat mereka mengunggah momen itu di sosial media mereka. Alih-alih membuat bahagia, perayaan itu justru akan membuat malu sahabatmu dan memberikan kesan tak terlupakan tetapi dalam artian yang negatif.

Aihkan dengan Kegiatan yang Benar-benar Bermanfaat
Bridal shower yang memiliki kesan hura-hura seharusnya dapat dialihkan menjadi kegiatan yang bermanfaat. Banyak sekali aktivitas bersama sahabat yang bisa dilakukan dengan calon pengantin sebagai bentuk dukungan karena teman kalian akan melangsungkan pernikahan. Kalian bisa mengalihkan kegiatan dengan spa atau pergi ke salon bersama-sama. Selain membuat rileks dan mempercantik diri jelang pernikahan sahabat, momen itu tentu akan lebih berkesan bagi calon pengantin. Apalagi manfaatnya langsung terasa.

Kegiatan bridal shower dan segala biaya yang dikeluarkan juga dapat diganti dengan mengajak calon pengantin mengunjungi panti asuhan dan memberikan santunan kepada yang lebih membutuhkan. Salah satu kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama sahabat adalah melakukan pengajian. Kalian yang mempersiapkan sendiri tempat acaranya, makanannya, dan mengundang ustadzah, serta melakukan pengajian kecil bersama untuk mendoakan sahabat yang akan menikah. Dijamin kegiatan ini bisa membuat sahabat kalian terharu dan selalu terkenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version