Lompat ke konten

Kelebihan Kekurangan Catering Prasmanan dan Gubugan

Bagi yang akan segera menikah, sudah pasti semua pasangan akan direpotkan dengan berbagai persiapan pernikahan. Hal ini bahkan membutuhkan sebuah perencanaan yang sangat panjang, sehingga tidak heran jika sebagian besar pasangan akan merencanakan pernikahan mereka sejak jauh-jauh hari. Pernikahan membutuhkan sejumlah persiapan yang sangat detail dan bahkan seringkali rumit, di mana hal ini akan membutuhkan perhatian dan juga penanganan khusus dari tenaga-tenaga yang ahli di bidangnya. Terlebih lagi jika kamu berada di Jakarta, Depok, dan Bogor yang lagi mencari catering pernikahan ada baiknya menyimak artikel ini sampai habis.

Selain busana pernikahan, maka makanan yang disajikan di dalam pesta pernikahan adalah hal yang paling sering menjadi perhatian bagi para tamu undangan. Hampir di semua pesta pernikahan hal ini menjadi sebuah poin penting yang menarik perhatian para tamu, dan tentu saja ini wajib menjadi perhatian khusus bukan?

Dalam catering pernikahan biasanya di sajikan 2 cara penyajian yaitu  prasmanan dan gubukan. Catering prasmanan atau buffet adalah sebuah cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkannya. Prasmanan sangat populer di Indonesia karena praktis dan mengurangi jumlah pelayanan yang diperlukan dalam suatu resepsi. Catering prasmanan sering kali digunakan dalam acara resepsi pernikahan, yang biasa khusus kita kenal sebagai jasa catering pernikahan di Jakarta.

Catering gubukan adalah hasil modifikasi dari caterig pernikahan masa kini dengan menyajikan makanan pada meja yang terpisah utuk masing-masing menu. Meja ini dapat pula didekorasi sehingga berbentuk depot atau seringkali berupa gubug kecil. Dalam berbagai istilah sering disebut menu foodstall atau Joglo. Biasanya makanan ini menjadi hidangan pelengkap dalam acara pernikahan.

Membahas tentang catering prasmanan biasanya menu catering prasmanan disajikan dalam meja panjang. Biasanya terdiri atas menu rumahan dengan tampilan dan rasa yang lebih istemewa dan lezat. Biasanya dalam satu meja terdiri dari nasi, lauk pauk (ayam, daging sapi, sate dsb), sayuran (sop, capjay dll), dan minuman serta beberapa hidangan penutup.

Kelebihan Catering Prasmanan :

  • Menu catering prasmanan biasanya memberi harga yang lebih terjangkau dibandingkan menu catering gubugan.
  • Rasa dan pilihan menu telah sesuai dengan lidah orang Indonesia, sehingga tidak perlu khawatir menu catering prasmanan tidak disukai para tamu.
  • Pilihan ragam menu yang disajikan bisa disesuaikan dengan keinginan calon mempelai.
  • Para tamu lebih fokus mengambil makanan di bagian prasmanan saja, sehingga perhitungan jumlah menu lebih praktis dan menghindari kejadian kurang hidangan atau makanan habis duluan.

Kekurangan Catering Prasmanan :

  • Menu yang disajikan biasanya dianggap standar oleh para tamu.
  • Beberapa orang memberi kesan mewah atau terlalu berlebih-lebihan.

Sedangkan untuk catering gubugan atau hidangan pondok adalah menu yang dihidangkan dalam pondok-pondok kecil. Biasanya satu pondok menyediakan satu menu saja. Menu yang disajikan biasanya berupa sate kambing, sop kikil, soto daging, gado-gado dan sebagainya. Hidangan gubukan ini sering kali dipilih sebagai hidangan pelengkap dari catering pernikahan di Jakarta dan juga hampir di semua kota besar.

Kelebihan Menu Gubugan :

  • Menu gubuk yang terdiri dari menu istimewa dan spesial biasanya lebih disukai para tamu.
  • Para tamu bisa memilih memilih hidangan mana yang disuka.
  • Memberi kesan mewah sebagai pelengkap dari hidangan prasmanan.

Kekurangan Menu Gubugan :

  • Biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan harga menu prasmanan.
  • Ada kemungkinan satu gubuk dengan menu yang disukai habis terlebih dahulu dibandingkan menu di gubuk lain. Hal ini biasanya mengecewakan tamu undangan.
  • Karena berupa gubuk-gubuk dengan menu berbeda, perhitungan jumlah hidangan lebih merepotkan dibandingkan prasmanan.
  • Bahkan ada kemungkinan satu tamu mengambil beberapa porsi hidangan di gubuk-gubuk berbeda, sehingga walaupun sudah dihitung secara cermat, ada kemungkinan tamu yang datang belakangan kehabisan hidangan.

Itulah sedikit perbandingan dalam memilih paket catering prasmanan dan juga menu gubukan yang cocok untuk menjadi konsumsi event kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *