Lompat ke konten

Jasa Boga dan Catering? Mana yang Lebih Sering di Dengar

Bicara mengenai istilah dalam dunia masakan, banyak sekali istilah yang sering dipakai tapi kita kurang mengerti artinya. Contohnya istilah jasa boga. Jasa boga atau catering berasal dari kata kerja “cater” yang berarti jasa menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum. Jasa tata boga atau yang lebih dikenal dengan jasa catering adalah jurusan atau istilah umum untuk para wirausaha yang mempunyai jasa melayani pemesanan berbagai macam masakan termasuk makanan dan minuman. 

Sedangkan untuk orang yang menyajikan makanan atau minuman dalam penyedia jasa catering inni disebut caterer. Untuk istilah tata boga sendiri adalah istilah untuk ilmu dengan seni dalam menyiapkan makanan, memasak, hingga menghidangkan makanan. Di Indonesia, ilmu ini dapat dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau tigkat sekolah tinggi terkait sekolah perhotelan dan pariwisata.

Seorang yang memiliki keahlian dalam jasa boga dinamakan sebagai koki, juru masak, atau chef. Seorang chef diwajibkan memiliki pengetahuan dalam ilmu pangan, nutris hingga diet dan juga harus memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyiapkan suatu hidangan agar menarik untuk dilihat. Ilmu jasa boga ini dibutuhkan karena bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai macam menu yang dapat disesuaikan oleh keinginan klien.

Dalam industri jasa boga atau catering ini terdiri dari bisnis yang ditujukan untuk menyediakan makanan atau minuman dalam berbagai acara. Tetapi ada pula berbagai catering yang memasok makanan rutin setiap hari. Atau yang hanya memasok makan siang untuk perusahaan.

Lingkup pekerjaan industri jasa boga ini sangat luas dan bervariasi. Mulai dari lingkup kecil hingga penyedia makanan berupa prasmanan. Selain itu keuntungan lain yang bisa didapat jika memulai bisni jasa boga ini adalah bisnis penyedia peralatan makanan, linen, tenaga pelayanan, da berbagai aspek lain yang menunjang suatu acara.

Dalam berbagai acara biasanya masyarakat lebih memilih menggunakan catering prasmanan demi menunjang suatu acara. Cara kerja catering prasmanan adalah menyediakan makanan di meja prasmanan dan pihak catering biasanya ada yang turut berada di meja untuk menyajikanan makanan, tetapi ada juga yang hanya menjadi pemeran dibalik layar atau hanya mengatur penyediaan makanan dan mengecek lalu menambahkan masakan saat sudah habis. 

Selain jenis prasmanan, jenis industry jasa boga yang lain adalah Privat Catering. Jenis jasa catering yang satu ini adalah perusahaan catering professional yang menghasilkan jasa privat catering yang dimana akan terdapat seoran pramusaji yang akan selalu siap memberikan pelayanan pada sebuah meja makan. Hal ini biasa ditemui pada jenis usaha catering pernikahan di Jakarta

Jenis indutri lain dari jasa boga adalah Self Service Catering. Jenis catering ini akan memberikan kesan mewah yang bisa tidak hanya diperoleh dalam pelayanan, tapi bisa sekaligus menekan dana yang perlu dikeluarkan. Dalam jenis catering ini, pihak penyedia jasa catering di Jakarta hanya akan menyediakan masakan atau perlengkapan makan untuk pemesan. Selanjutnya klien selaku pemilik acara akan menghadirkan dan melayani tamu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *