Lompat ke konten

Inilah Persiapan Menikah Untuk Wanita Yang Perlu Diperhatikan

Menikah adalah peristiwa penting dalam hidup manusia yang akan dikenang seumur hidupnya. Memasuki dunia pernikahan memerlukan banyak persiapan, baik persiapan secara fisik, mental maupun persiapan keuangan. Pertanyaannya, apa saja persiapan menikah untuk wanita dan pria agar bisa tercapai dengan baik?

Bagi para pengantin wanita ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sepekan sebelum menjelang pesta pernikahan. Persiapan pernikahan calon pengantin wanita tentunya berbeda dengan pengantin pria. Untuk pengantin wanita biasanya lebih banyak hal – hal yang harus dilakukan dan juga lebih ribet, karena memang lebih detil pada pelaksanaanya. Untuk itu Sputnik akan memberikan Tips Untuk Pengantin Wanita Menjelang Hari Pernikahan yang bisa mulai kamu lakukan dari sekarang.

Hingga tidak dipungkiri stress melanda pikiranmu. Kalau sudah begitu, apa saja yang perlu dilakukan untuk sebuah persiapan pernikahan menjelang hari H? Agar Anda dapat memasuki pernikahan dengan matang, banyak hal yang harus Anda siapkan dan lakukan. Mulai dari persiapan fisik seperti perawatan tubuh, persiapan tempat, gaun, tata rias, undangan, souvenir, dekor dan masih banyak lagi. Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui berbagai info penting persiapan pernikahan Anda.

1. Menjaga Kondisi Kesehatan dan Pola Makan
Kesehatan fisik wajib untuk kita jaga agar kita tetap dapat melakukan tugas dan pekerjaan dengan maksimal. Demikian pula dengan pasangan yang hendak menikah, menjaga kesehatan fisik sangat penting untuk kebaikan mereka. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan stamina yang lebih dalam mempersiapkan pernak pernik pernikahan mereka.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan berolah raga. Anda dapat melakukan olahraga sendiri atau mengajak calon suami atau istri. Kegiatan ini selain memberi dampak sehat bagi tubuh, juga akan mempererat hubungan Anda berdua.

Selain olah raga, pola makan juga harus dijaga untuk menunjang stamina tubuh. Dengan banyaknya hal yang harus dipikirkan menjelang pernikahan, biasanya kita rentan untuk makan secara tidak teratur. Usahakan agar pola makan Anda terjaga sehingga tubuh tetap fit hingga hari H pernikahan dan seterusnya.

2. Melakukan Perawatan Sebelum Menikah
Bagi wanita, perawatan wajah dan tubuh sebelum menikah boleh dibilang wajib dilakukan. Mulai dari perawatan rambut, wajah, seluruh tubuh hingga jari tangan dan kaki memerlukan perhatian khusus. Perawatan di atas dapat dilakukan secara bertahap beberapa bulan sebelumnya.

Anda dapat melakukan pemasangan bulu mata paling lambar 2 minggu sebelum hari H untuk hasil terbaik. Perawatan wajah dapat mulai dilakukan 4 bulan sebelumnya untuk mendapatkan kulit wajah yang rata dan halus. Mulai memberi bentuk pada alis Anda dapat mulai dilakukan 3 hingga 4 bulan sebelumnya. Lakukan pengecekan terhadap hasilnya seminggu sebelum hari H.

Anda juga diharapkan sudah menentukan jenis tata rias wajah dan model rambut yang ingin dikenakan di hari pernikahan minimal 4 bulan sebelumnya. Tata rias dan model rambut tersebut sebaiknya disesuaikan dengan gaun yang akan dikenakan nantinya. Pelengkap lain yang dari aksesoris pernikahan Anda juga sebaiknya sekalian disiapkan dan masuk dalam daftar persiapan pernikahan Anda.

3. Membagi Tugas
Stres dalam persiapan pernikahan adalah tantangan terberat bagi para pasangan calon pengantin, berusahalah untuk sharing dengan sahabat atau keluarga atau bahkan dengan para vendor pernikahan kamu yang terlibat, jangan sampai beban mempersiapkan pernikahan justru akan mengganggu kelancaran acara pernikahan itu sendiri.

Cobalah untuk tidak khawatir berlebihan dalam mengurus pesta pernikahan. Para calon pengantin wanita bisa mendelegasikan dan percayakan tugas yang sudah dibagi pada panitia keluarga ataupun tim bridesmaids, hal ini dilakukan agar pikiranmu tidak menumpuk memikirkan semua persiapan.

Jika persiapan pernikahan kamu menggunakan wedding organizer, artinya tugas dan pikiran kamu akan berkurang. Saatnya kamu percayakan pada tim WO, sehingga kamupun tak terbebani oleh berbagai hal.

Pastikan segala kebutuhan sudah diserahkan pada wedding organizer. Jadi hal – hal  berbau teknis bisa kamu sampaikan kepada mereka. Selebihnya biarkan tim WO kamu yang membantu mewujudkan impian pernikahan kalian berdua. Kalaupun kamu terlibat hanya pada saat meeting dengan WO untuk memastikan persentase kesiapan pelaksanaan pernikahanmu.

4. Wedding Mood Boards
Wedding mood boards adalah kumpulan inspirasi berupa foto-foto yang menginspirasi pernikahan yang kamu inginkan.  Foto-foto inspirasi ini bisa dari berbagai sumber yang menjadi acuan kamu dalam berkomunikasi dengan berbagai vendor pernikahan.

Manfaat dari wedding mood boards ini akan sangat terasa ketika kamu menjalani persiapan pernikahan. Karena selain memudahkan kamu untuk menyampaikan apa yang diinginkan tentunya juga memudahkan para vendor pernikahan untuk mewujudkan mimpi pernikahan kalian.

​5. Konsumsi Jamu
Seorang pengantin wanita dianjurkan mengonsumsi jamu 4 kali seminggu. Jamu biasa dikonsumsi antara lain kunir asem, temu lawak, dan beras kencur. Semua jamu mempunyai manfaat berbeda dan dianjurkan mengkonsumsi bergantian dalam seminggu.

6. Konsumsi daun sirih
Kandungan fenol daun sirih menjadi antiseptic efektif dibanding dengan fenol pada zat lain. Caranya daun sirih direbus, dikunyah agar gigi tetap sehat, dan uapnya digunakan untuk mandi. Untuk pengantin, daun sirih dianjurkan untuk mengurangi keringat berlebih dan badan tetap wangi.

7. Konsumsi kemangi
Untuk para pengantin, lebih baik mengkonsumsi kemangi yang dapat menghilangkan bau mulut, badan, dan ganggunan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version