Lompat ke konten

Estimasi Biaya Pernikahan di Gedung yang Harus Kamu Ketahui

Pernikahan adalah salah satu momen sekaligus perayaan yang diinginkan orang terjadi sekali seumur hidup. Mengadakan pesta pernikahan tidak hanya bisa dilakukan di rumah, outdoor, tetapi juga bisa di dalam gedung, bahkan hotel. Namun, mereka yang berencana mengadakan pesta pernikahan di gedung, harus sudah siap dengan anggaran biaya dan juga otomatis plus minusnya.

Anggaran biaya pernikahan di gedung memang tidak hanya terdiri dari biaya sewa gedung juga ada biaya dekorasi, makanan/catering, undangan, souvenir, hiburan, pakaian, dan lainnya. Tetapi, jika Anda memilih mengadakan pesta pernikahan di gedung, biaya sewa gedung tentu harus dipikirkan.

Kini, Anda mungkin tidak perlu terlalu pusing memikirkan gedung yang bisa dijadikan tempat pesta pernikahan. Hal yang mungkin bisa menjadi persoalan adalah mengenai ketersediaan tempat, yang dicocokkan dengan rencana Anda, pasangan, dan keluarga.

Pemilihan gedung biasanya harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan Anda undang. Jangan sampai menyewa gedung berukuran kecil dengan total undangan mencapai 1.000 orang. Sebaliknya, jangan pula buang-buang uang dengan memaksakan diri menyewa gedung super besar di hotel berbintang lima padahal Anda hanya akan mengundang sekitar 200-300 tamu undangan saja.

Jika Anda memilih mengadakan pesta pernikahan di gedung, tentu saja harus dipikirkan juga biaya sewa gedungnya. Kini sudah banyak tersedia pilihan gedung yang bisa kamu pilih dan tidak terlalu pusing memikirkan gedung yang bisa dijadikan tempat pesta pernikahan.

Sebaliknya juga tidak menyewa gedung dengan kapasitas banyak padahal kamu hanya mengundang sedikit tamu undangan. Berikut beberapa rincian dari kisaran biaya pernikahan di gedung yang wajib kamu ketahui.

Rincian Estimasi Biaya Pernikahan di Gedung

1. Biaya Catering Pernikahan

Dalam pernikahan, hal yang penting adalah mengurus makanan. Jika makanan yang kamu suguhkan ternyata kurang enak atau jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan para tamu yang datang catering bisa menjadi bahan pergunjingan. Biaya catering pernikahan merupakan aspek yang terbesar, oleh karena itu kalian harus pintar untuk memilih catering pernikahan murah Jakarta yang berkualitas.

Kamu juga harus memperkirakan tamu yang datang. Misalnya jika tamu yang diundang 500 orang, maka makanan yang harus disediakan harus cukup untuk 1.000 tamu. Sebab biasanya tamu yang diundang akan membawa pasangan atau teman untuk diajak ke hajatan. Kamu bisa memperkirakan untuk biaya catering 1.000 orang  Rp43 jutaan.

2. Rias Pengantin

Daripada membuat baju pengantin yang cukup mahal, lebih baik sewa baju pengantin saja agar lebih murah. Biaya rias dan sewa baju pengantin biasanya sekitar Rp10 jutaan yang sudah termasuk rias dan baju untuk mempelai pria dan wanita, orang tua, hingga penerima tamu.

3. Biaya Undangan & Souvenir Nikah

Daripada mengeluarkan biaya banyak untuk membeli undangan mahal yang akan dibuang oleh sang penerima undangan, biaya pernikahan di gedung untuk undangan lebih baik membeli undangan sederhana namun memuat informasi yang jelas.

Kamu juga bisa menggunakan undangan dalam bentuk digital yang saat ini sudah banyak mempelai yang menggunakannya dan menyebarluaskannya melalui sosial media atau aplikasi messaging.

Untuk undangan kamu bisa mencari yang harganya berkisar Rp10 ribuan saja. Sedangkan, untuk souvenir kamu bisa memberikan barang-barang berguna seperti kipas, handuk, atau sarung HP mulai dari harga Rp2.000 hingga Rp10.000 saja.

4. Biaya Dokumentasi Nikah

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah untuk dokumentasi pernikahan. Tidak hanya dalam bentuk foto, namun juga dalam video yang biasa para pasangan muda inginkan dalam acara pernikahan yang didokumentasikan secara menarik.

Saat ini juga bahkan sedang marak tren photobooth untuk berfoto selfie di gedung pernikahan. Untuk biaya sewa jasa fotografer ini bervariasi, mulai dari Rp. 2 juta sampai Rp20 jutaan. Untuk photobooth biasanya akan ditarik biaya tambahan sekitar Rp2 juta sampai Rp5 jutaan.

5. Hiburan Musik

Sewa gedung pernikahan rasanya tidak akan lengkap dan terasa ada yang kurang jika tidak ada hiburan music. Saat ini banyak band akustik yang bisa tampil untuk menyanyikan berbagai lagu-lagu romantis untuk mengiringi pernikahan kamu dengan tarif sekitar Rp2 juta sampai Rp7 jutaan. 

6. Biaya Pembawa Acara (MC) Nikah

Jangan lupa kamu juga harus memikirkan biaya sebagai ucapan terima kasih kepada MC, pembaca doa, sampai saksi dari pihak mempelai. Kamu bisa menyiapkan Biaya keperluan ucapan terima kasih ini sekitar Rp2 jutaan, atau bisa lebih atau kurang tergantung kesepakatan di awal dengan MC terkait. 

7. Biaya Lain-lain

Jika kamu mengundang saudara dari luar kota atau dari luar pulau, maka kamu harus mempersiapkan biaya pernikahan di gedung lain-lain misalnya biaya transportasi dan penginapan bagi saudara-saudara yang sudah datang jauh untuk menghadiri pernikahan kamu. Setidaknya, sediakan sekitar Rp.7 jutaan untuk keperluan ini.

Kelebihan dan Kekurangan dari Menggelar Pesta Pernikahan di Gedung

Ada baiknya sebelum kamu menentukan acara pernikahan di gedung, kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Nah untuk memudahkan kamu, berikut adalah beberapa kekurangan sekaligus kelebihan yang kamu dapatkan jika menggunakan gedung sebagai venue pernikahan.

  • Bisa menampung banyak tamu undangan dengan kapasitas ruangan yang luas
  • Lebih luas lahan parkir
  • Area yang luas memudahkan tamu untuk bergerak
  • Lokasi mudah dijangkau para undangan karena letaknya strategis
  • Bagi fotografer dan perekam video pernikahan akan bisa menghasilkan gambar yang sempurna dengan pencahayaannya

Sedangkan untuk kekurangannya untuk pernikahan yang diselenggarakan di gedung adalah

  • Untuk biaya sewa gedung cukup besar
  • Pihak gedung biasanya hanya memberikan batas waktu antara 2-3 jam saja sehingga waktu pesta pernikahan terbatas.​

Itu dia beberapa hal berkaitan dengan biaya pernikahan di gedung yang harus kamu siapkan jika berencana mengadakan pesta pernikahan di gedung. Selain itu tentunya kamu juga harus  memesan gedung pernikahan impian dari jauh-jauh sebelum hari H pesta. Jika kalian tidak mau budget membengkak dan ingin pernikahan diselenggarakan di gedung, kalian bisa memilih paket pernikahan Jakarta dari berkah group ! Karena, paket pernikahan yang kami jual sudah meliputi semua aspek diatas, termasuk gedung dan catering pernikahan. gak percaya?? yuuk segera hubungi kami untuk info lebih lanjutnya di 0811-3211-445 atau kalian bisa kepoin instagram kami di @berkahenterprise dan @berkahcatering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *