Lompat ke konten

Deretan Menu Favorit untuk Berbuka Puasa di Surabaya 2019

Bayangkan bagaimana rasanya menyegarkan segelas teh mint panas atau betapa manisnya kurma Medjool yang lengket jika Anda kekurangan air dan makanan sejak saat matahari terbit. Bagi jutaan Muslim di seluruh dunia, itu adalah kepuasan yang mereka rasakan ketika mereka duduk untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan.

Seperti makan malam Natal untuk umat kritiani atau sederver bagi orang Yahudi, buka puasa sering kali merupakan urusan keluarga dan alasan bersilahturahmi untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih dan anggota komunitas seseorang. Setelah matahari terbenam, piring-piring ditumpuk dengan hidangan lezat, mulai dari gorengan bakwan, es the manis, es buah, kurma hingga kolak untuk berbuka puasa sebelum shalat. Berpuasa selama Ramadhan, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam, dimaksudkan untuk mengajarkan seseorang disiplin, membantu mereka berhubungan kembali dengan kerohanian mereka, dan mengingat mereka yang kurang beruntung. Selama bulan ini, umat Islam memotong makanan, minuman, rokok, dan seks dari fajar hingga matahari terbenam. Mereka juga menghindari bergosip dan bersumpah.

Berbuka puasa ada di tingkat paling dasar yang sangat dinantikan untuk dihidangkan tanpa pengecualiani. Kegembiraan itu meningkat ketika dibagikan dengan orang lain. Memiliki “pesta satu hidangan buka puasa” dengan teman-teman sehingga kita dapat berbagi dalam memberi makan orang lain karena buka puasa selalu menjadi fitur klasik Ramadhan. Aspek indah lain dari Ramadhan adalah bertukar buka puasa dengan tetangga. Selain itu, buka puasa ramadhan dapat diisi dengan kegiatan menyediakan makanan secara betumpuk dan dibagikan pada masjid terdekat dari rumah. Penyediaan makanan tersbeut dapat berbentuk nasi kotak Surabaya atau nasi bungkus. 

Nah, lalu apa saja menu favorit yang selama ini disantap oleh masyarakat Indonesia?

  1. Es Kelapa
    Siapa yang tidak kenal dengan es kelapa dibalut dengan gula cair dan es batu yang sangat dingin? Tentu sebagian orang yang sedang berpuasa akan menantikan hal tersebut untuk dinikmati. Masyarakat Indonesia yang selama ini cederung dengan menyantap minuman dalam bentuk es sebagai pelega dahaga tentu akan mencari menu buka puasa ini. 
  2. Sop Buah
    Kuah kental yang berasal dari susu tentu akan menjadi hal yang sangat didambakan oleh berbagai umat muslim. Umumnya sop buah disajikan dalam mangkok berisi dengan buah lengkap seperti melon, nanas, strawberry hingga buah segar lainnya dibalut dengan sirup yang menambah kesegaran dari hidangan tersebut. 
  3. Kurma
    Siapa juga yang tidak kenal dengan buah kesukaan Rasulullah ini? Hampir disetiap rumah-rumah dan dijalanan tentu akan ditemukan buah kurma sebagai salah satu menu buka puasa favorit. Kandungan zat besinya mampu mengembalikan kadar kalori yang menghilang saat berpuasa seharian. Buah ini juga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat. 
  4. Kolak Pisang 
    Hidangan wajib yang segar ini tentu akan digemari oleh banyak orang. Karbohidrat dan nutrisi yang terdapat dalam kolak pisang tentu dapat menjadi pelengkap berbuka puasa. 

Menu-menu favorit di atas dapat ditemui dan dibeli diberbagai penjual yang berada disekitar daerah tempat tinggal. Namun, bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan jasa catering di Surabaya tentu dapat melakukan pemesanan secara rutin untuk kebutuhan berbuka puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version