Lompat ke konten

Cara Tepat Memilih Katering Pernikahan

Pada masa pertumbuhan  terutama masa BALITA ,  sudah seharusnya kita sebagai orang tua lebih memperhatikan asupan makanan bergisi bagi anak . Makanan bergisi ini sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan  dan pertumbuhan anak.

Namun ada kalanya dalam suatu periode anak tiba tiba sulit sekali untuk makan makanan yang disajikan. Bahakan tak sedikit anak cenderung menggemari satu jenis masakan saja. Akhir akhir ini banyak ibu yang mengeluh,, anak tidak mau makan makanan lain selain mie.

Gejala di mana anak hanya menyukai satu jenis makanan saja terutama yang sedang trendy disebut faddy eating . Misalnya karena melihat iklan makanan di televisi.

Lalu strategi apa ya yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi hal ini? berikut bidancare tampilkan tentang menanggulangi anak yang mogok makan sayur dan lauk.

– TIPS atasi  anak sulit makan sayur, lauk dan minum susu

– Hidangkan sayur dalam bentuk  lain, misalnya diblender dan dicampurkan dalam adonan tepung  dan telur atau campuran ikan. Sayuran bisa sawi, bayam, wortel atau brokoli hijau.

– Mengundang teman atau sahabat anak anak dan hidangkan makanan berupa buah dan sayuran  yang menarik, misalnya

– Sayur taoge dan wortel dicampur kol lalu ditumis dan dibungkus kulit lumpia, goreng  sajikan dalam kondisi hangat. Buatkan saos sendiri .Blender tomat, bawang putih dan campuran satu sendok  tepung maesena untuk pengental. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Panaskan tomat yang sudah di blender di atas nyala api. Aduk sampai kental. Tambahkan satu sendek peres tepung maizena cair.

– Buat cerita menarik tentang sayuran ,misalnya dongeng tentang rabitto anak kelinci bermata cemerlang seperti contoh di bidan care, atau bisa gunakan tokoh film imajinasi seperti popeye yang suka makan bayam.

–  Sajikan dalm bentuk lain, contohnya  Bayam merah pilih yang lembarannya cukup besar, lumuri dengan tepung beras dan dibumbui lalu digoreng. bila tak ada bayam merah bisa bayam hijau. Jadikan camilan anak sambil bermain.

– Jadilah contoh yang baik. Nah ini sering kali kita lupakan. Sejak dini ketika anak  diperkenalkan dengan makanan tambahan , orang tua harus memberi contoh untuk tidak memilih makanan tertentu. Tunjukkan pada anak  bahwa orangtua  juga menyukai sayuran dan lauk pauk .

– Bila perlu sering  -sering memperlihatkan pada anak sejak dini bagaimana menyenangkannya makan sayuran dan lauk.

– Jangan membuat anak trauma dan merasa tertekan setiap kali makan. Misalnya membentak anak atau memukul anak. Jadikan pengalaman makan sayur dan lauk pauk menjadi sebuah pengalamn menyenangkan.

– Jangan putus asa, baca tentang makanan alternatif pengganti selain yang sehari hari kita hidangkan tapi tetap punya nilai gisi. misalnya anak bosan nasi, ganti dengan kentang goreng atau  umbi lain yang sejenis, buat nasi kuning rasa gurih, bubur ketan atau beras merah.

– Buat kue dari  jagung manis  campur wortel yang direbus lalu diblender dan di buat puding. Atau kacang hijau  di blender campur agar agar atau  tepung maesena beri aroma pandan lalu dituang dalam wadah yang unik .

– Sejak anak mengenal makanan tambahan, kombinasikan aneka hidangan agar bervariasi. Jangan hanya satu atau dua jenis makanan tertentu. Semakin anak mengenal banyak makanan maka anak tak akan mudah bosan.

– Hidangkan makanan dalam porsi sedikit – sedikit, jangan berharap anak langsung menghabiskan satu porsi seperti orang dewasa.

– Melatih anak agar makan teratur sesuai jam makan, agar tidak tergoda untuk  makan snack instan,  berikan hidangan selingan diantara jam makan  atau kudapan buatan sendiri  yang mempunyai nilai gisi.

– Bila anak tidak mau minum susu, bisa disembunyikan dalam putih telur yang dikocok dan diberi  bubuk coklat lalu di  buat puding dan tuang  dalam cetakan yang lucu dan unik.

– cara lain menyembunyikan susu adalah dalam hidangan es buah. Susu diberi air parutan pandan suji agar berwarna hijau dan tidak amis, lalu di cetak dalam bentuk aneka binatang atau bunga , campurkan dalam es buah.

– Bila anak menolak makan ikan, jangan cemas, kita bisa sembunyikan ikan dalam adonan tepung terigu dan di beri  telur kocok, lalu dibuat semacam tempura. Dihidangkan  ketika masih hangat dan bisa di celup dalam saos buatan sendiri.

– Pada saat anak sulit makan atau mogok makan mungkin anak mengalami kejenuhan dengan suasana di rumah. Sesekali buat acara pesta kebun sederhana atau makan di tempat yang berbeda di alam terbuka saat piknik.

Semoga tips tersebut dapat membantu, salam hangat dan persahabatan selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *