Lompat ke konten

Cara Cerdas Memilih Catering Pernikahan yang Tepat

Tidak ada hari yang paling bahagia melebihi saat acara pernikahan dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. Semua teman-teman dan keluarga berkumpul. Saling memberi doa terbaik untuk calon mempelai yang akan mengarungi bahtera rumah tangga. Namun tahukah Anda, dibalik kebahagiaan  pada suatu pesta pernikahan, terjadi banyak hal ribet yang harus  dipersiapkan oleh mempelai? Mulai dari gedung pernikahan, baju yang akan dikenakan, sampai jamuan yang akan dihidangkan. Salah satu hal vital yang harus diperhatikan dalam menyiapkan acara pernikahan adalah tentang catering untuk menjamu tamu-tamu undangan yang hadir pada saat itu. Jadi, Anda harus mengetahui cara cerdas memilih catering untuk acara pernikahan. Karena Anda perlu menghormati tamu undangan dengan menyediakan makanan yang terbaik pada mereka.

Agar acara pernikahan berjalan dengan lancar, Perhatikan cara cerdas memilih catering pernikahan di Jakarta untuk acara Resepsi pernikahan kalian berikut ini:

Survey Harga untuk Menyesuaikan Anggaran

Menjamurnya bisnis catering akhir-akhir ini, bisa meringankan Anda untuk mempersiapkan acara pernikahan. Jadi keluarga tidak perlu repot-repot menyiapkan hidangan yang akan disajikan kepada tamu undangan. Cukup hubungi dan datangi rumah makan atau vendor catering yang menyediakan catering untuk acara-acara besar. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari catering tersebut.  Untuk menentukan pilihan pada catering mana acara pernikahan Anda, lakukan dengan survey terlebih dahulu.   

Namun, harus memperhatikan budget yang dianggarkan untuk catering pernikahan Anda. Hitung berapa tamu yang akan diundang, apa saja yang ingin Anda sajikan. Pilih catering di Bogor yang harganya sesuai dengan anggaran Anda. Kalaupun ada selisih, pastikan tidak terlalu dengan anggaran yang Anda siapkan untuk catering. Karena jika terjadi pembengkakan, akan berpengaruh pada anggaran-anggaran lainnya. Berkah Catering siap membantu anda dengan menyesuaikan budget anda.

Pastikan Jadwal Pernikahan

Kalau boleh saya sarankan, hindari memilih tanggal dimana musimnya hari pernikahan digelar. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memilih hari pernikahan memakai penanggalan Hijriah  atau penanggalan Jawa. Oleh sebab itu, biasanya banyak sekali orang menikah di tanggal-tanggal yang sama.

Hal itu banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis catering di Tangerang dan gedung untuk menaikkan tarifnya. Jadi, bagi Anda yang mempunyai dana terbatas lebih baik menikah di tanggal lain, yang penting acara bisa dilaksanakan dengan sakral dan lancar. Kelebihan dana untuk sewa gedung dan biaya catering, bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Misalnya untuk bulan madu, atau untuk DP rumah baru yang bisa Anda tempati setelah menikah nanti.

Namun, jika Anda mempunyai dana yang cukup besar untuk biaya pernikahan, pastikan tanggal pernikahan jauh-jauh hari. Bukan sekedar harga akan mahal saat memesan secara dadakan, melainkan takutnya pada hari yang Anda tentukan gedung dan catering sudah full dipesan orang. Hal itu lebih menyakitkan.

Kualitas Sajian

Makanan sederhana yang bisa dikemas secara elegan dan berkelas, akan lebih menarik peminatnya untuk mencoba. Tidak harus memaksa memakai menu seperti orang-orang bule, cukup menyajikan makanan yang cocok di lidah rakyat Indonesia saja. Asal bisa mengemasnya dengan baik, tamu undangan akan senang melihatnya.

Kualitas Rasa

Orang zaman now, kadang tidak begitu memperhatikan harga melainkan lebih mementingkan kualitas. Dalam memilih catering, salah satu kualitas yang harus diperhatikan adalah tentang rasa dari makanan yang akan dihidangkan pada saat acara pernikahan nanti. Karena enak atau tidaknya sebuah hidangan, akan mempengaruhi penilaian tamu undangan. Banyak pebisnis catering yang memberikan tester kepada calon klien, untuk mencicipi makanan yang bisa mereka hidangkan saat acara berlangsung nantinya. Pastikan kualitas makanan sesuai selera Anda sebagai calon pasangan pengantin. Berkah Catering menyediakan tester untuk para client yang akan menggunakan jasa catering kami.

Kualitas Pelayanan

Jika acara pernikahan Anda dilaksanakan di gedung, biasanya pelayanan catering akan dilakukan oleh karyawan pebisnis catering tersebut. Pastikan mereka bisa dengan sabar dan ramah dalam melayani tamu undangan yang tidak sedikit itu. Karena banyaknya tamu undangan dengan berbagai karakter yang berbeda bisa membuat orang mudah emosi. Anda juga bisa menempatkan salah satu keluarga untuk sekedar membantu mereka melayani  tamu undangan. Paling tidak hanya membantu mengingatkan saja, agar keluarga juga tidak merasa capek saat pesta acara pernikahan Anda tersebut. Pastikan tamu undangan tidak pulang dengan wajah yang kesal.

Dekorasi Penyajian

Selain kualitas rasa yang baik, tampilan dekorasi penyajian juga perlu diperhatikan. Apakah akan dibuat seperti restoran dengan berbagai menu terkumpul jadi satu, atau satu menu dengan masing-masing booth, dan lain-lain. Kemukakan saja dekorasi seperti yang menjadi impian Anda.

Perhatikan juga alat masak, dan alat makan yang akan dipakai oleh tamu. Selain terlihat menarik agar tamu yang datang juga senang melihatnya. Sediakan juga spot dengan berbagai hiasana untuk berselfi ria. Karena banyak orang yang demam berfoto dimana saja akhir-akhir ini, termasuk mungkin di acara Anda tersebut.
Bonus atau diskon

Jangan pernah ragu untuk menanyakan bonus atau diskon yang bisa Anda dapatkan. Biasanya, semakin banyak porsi yang dipesan maka harga akan semakin murah. Atau bahkan ada yang memberi bonus hidangan untuk beberapa porsi lagi. Hitung jumlah  tamu yang diperkirakan akan datang menghadiri acara pernikahan Anda. Misalnya Anda menyebar 500 undangan, alangkah baiknya memesan 800 sampai 1000 porsi makanan. Karena biasanya tamu undangan yang datang akan hadir membawa serta pasangannya. Jika ada makanan yang lebih sekali pun, nanti bisa Anda berikan pada orang-orang yang ada disekitar lokasi acara pernikahan.Tapi, untuk menghindari membengkaknya anggaran, maka mintalah bonus atau diskon pada pebisnis catering tersebut. Misalnya Anda memesan 1000 porsi, tetapi hanya membayar 900 porsi karena 100 porsi lainnya itu sebagai bonus.

Kebersihan dan Kesehatan

Hal yang tidak kalah penting adalah kebersihan dan kesehatan. Jangan sampai makanan yang enak rasanya, tapi penyajiannya kurang bersih dan diolah dari bahan tidak sehat. Ada beberapa kasus setelah selesai makan-makan, semua tamu-tamunya berakhir di rumah sakit karena keracunan.

Seharusnya catering yang sudah terkenal, mereka akan menjaga kualitas makanan mulai dari rasa, penyajian, kebersihan, dan kesehatan. Namun tidak ada salahnya bertanya tentang bahan apa saja yang mereka pakai untuk mengolah makanan yang Anda pesan, bagaimana cara mereka mengolah, dan lain-lain. Banyak juga catering yang telah mencantumkan ijin usaha dan lisensi kesehatan.  

Lakukan jauh hari sebelum acara akan diselenggarakan, guna menghindari tidak mendapatkan gedung atau tempat catering karena sudah diisi oleh pasangan pengantin yang lain. Selamat mempersiapkan hari pernikahan.  kenangacatering.com siap membantu anda mempersiapkan acara bahagia anda. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah. Aamiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *