Lompat ke konten

Belajar Menata Usaha Catering Pernikahan

Merintis usaha katering pernikahan merupakan salah satu bisnis yang bisa dibilang tidak pernah mati. Semakin hari semakin banyak orang yang memanfaatkannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidangan acara pernikahan. Memang, usaha katering pernikahan termasuk bisnis cukup menjanjikan, hal ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya orang yang melirik bisnis ini.

Bagi mereka yang memiliki hoby memasak dan tertarik dengan dunia kuliner, katering pernikahan bisa menjadi bisnis rumahan yang berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan usaha ini juga memiliki potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi sehingga bisa menjadi bisnis yang besar.

Merintis usaha katering pernikahan bisa dimulai dari bisnis kecil-kecilan, maupun langsung membuat bisnis dalam skala besar. Sedangkan modal usaha yang dibutuhkan juga sangat tergantung dari skala usaha katering yang akan dirintis. Semakin besar usaha yang akan dijalankan maka akan semakin membutuhkan modal yang banyak.
Ada banyak cara dan langkah yang bisa dilakukan untuk merintis dan mengembangkan usaha katering pernikahan. Beberapa contoh dan langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

1. Market mapping / mengukur pasar

Pada bagian ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah mendata siapa saja perusahaan yang bermain di peluang bisnis yang akan Anda masuki. Semakin banyak yang menggarap peluang bisnis tersebut maka semakin jelas bahwa ada pasar yang tengah tumbuh. Namun sepi pemain bukan berarti tak asyik, karena Anda punya kesempatan lebih untuk menang di peluang bisnis tersebut.
Peluang bisnis Katering surabaya misalnya, tengah tumbuh cukup baik beberapa tahun terakhir. Pertanyaannya adalah, siapa saja perusahaan atau pengusaha di sekitar Anda yang sudah menggarap peluang bisnis ini. Semakin banyak data yang Anda dapatkan maka semakin baik. Selain data kompetitor hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum terjun mengolah sebuah peluang bisnis Adalah, seberapa besar market share yang tersedia untuk produk/layanan Anda.

Cobalah meriset, apakah memang Ada yang membutuhkan produk/ jasa Anda? Karena tidak semua ide yang brilian akan sukses di pasaran. Semakin banyak orang yang butuh terhadap produk Anda maka akan semakin bagus untuk masa depan. Ingat hati-hati terjebak dalam peluang bisnis musiman seperti demam batu akik, gelombang cinta dan sebagainya.

Peluang bisnis yang besar tentunya harus berkelanjutan, coba perhatikan, apakah peluang bisnis Katering yang akan Anda rintis ini Akan berkelanjutan ? lihatlah jumlah pasar yang kemungkinan untuk digarap

2. Analisis SWOT untuk peluang bisnis Katering Prasmanan

a. Kekuatan dan kelemahan Katering Rumahan Anda

Bila Anda sudang mengetahui kompetitor dan besarnya market share pada peluang bisnis Katering yang ingin Anda garap, maka level pertama pada analisis swot yang harus Anda lakukan adalah memetakan kekuatan produk Anda. Coba cari apa yang membedakan produk Anda dari produk yang telah tersebar di pasaran ?

Menggarap peluang bisnis Katering tidak boleh setengah hati, kompetitor tidak datang hanya untuk mencoba coba dan kemudian pergi, kompetitor anda datang dengan sejumlah strategi dan menawarkan keunggulan produk / jasa yang tentu saja menurut mereka akan disukai oleh pasar. Buatlah sesuatu yang unik agar produk / jasa yang Anda tawarkan mampu menjadi bintang di peluang bisnis baru yang Anda garap.

Jika ada kelebihan otomatis ada kelemahan produk. Apa kelemahan Katering Anda dengan Katering lainnya ? sangat wajar untuk mendata kelemahan produk anda Agar Anda sangat paham dimana letak titik lemah, sehingga dapat segera Anda perbaiki.

Jangan santai, karena jika kelemahan produk anda diketahui oleh kompetitor maka akan jadi materi iklan perbandingan dengan produk mereka, sudah pasti iklan yang dimaksud menjatuhkan Anda. Selebihnya , mengetahui kelemahan produk adalah upaya untuk jujur pada customer, jika Ada yang mengkomplain terkait kelemahan tersebut. Untuk masuk pada peluang bisnis baru anda butuh fitur produk yang bagus sekaligus perisai untuk melindungi kelemahan produk yang Anda tawarkan.

Oh ya keunggulan juga bisa masuk dalam keunggulan harga. Apakah produk Anda lebih murah ? saat ini masyarakat indonesia sangat konsen terhadap isu harga, jika Anda mampu memberikan harga murah dengan kualitas yang justru lebih baik, walapun Anda pemain baru bisa dipastikan pasar akan merapat pada produk Anda. Mungkinkah anda mampu menawarkan harga lebih murah ? silahkan cari tahu cara produksi yg murah.

Selanjutnya, sisi ergonomis bisa menjadi keunggulan, apakah produk Anda menawarkan sesuatu yang lebih simple. Jika Anda menawarkan tempat maka pertanyakan apa keunikan, apa nilai lebih dari tempat yang Anda tawarkan. Jika produk Anda adalah produk rumah tangga pikirkan sisi ergonomisnya, apakah lebih simple? Dan lain sebagainya .

Ada banyak hal dari sisi produk yang harus diketahui lebih detail agar produk Anda berjaya di setiap peluang bisnis yang Anda garap.

b. Kesempatan pengembangan produk / jasa

Selanjutnya jika kelemahan dan keunggulan dapat mulai Anda kendalikan, perhatikan kembali peluang bisnis yang Anda garap, coba lihat apakah ada kesempatan untuk pemasaran, pengembangan produk, dan kerjasama yang terbuka untuk membesarkan produk Anda, atau bahkan memperluas daya jangkau penjualan Anda. Di bisnis Katering misalnya, apakah mungkin membuka kesempatan partner untuk investasi ?

Selain itu, adakah kesempatan meningkatkan penjualan melalui kerjasama dengan perusahaan lain ? contohnya ada coca cola yang bekerjasama dengan adidas meningkatkan penjualan produk coca cola , lion air dengan grup sinarmas yang bekerjasama untuk menaikkan pengguna bank sinarmas, dan masih banyak lagi contoh . tentunya kerjasama yang dijalin menguntungkan kedua belah pihak.

c. Ancaman eksternal terhadap keberlangsungan produk / jasa

Apakah mungkin ada acaman pada peluang bisnis yang kita garap ? Ada !. Bayangkan bagaimana isu minyak babi yang menjatuhkan penjualan solaria resto, isu yang sama pernah menerpa ajinomoto. Contoh lainnya misalnya pesawat lion air yang diterpa isu pilot menggunakan narkoba, susu bayi mengandung bakteri dan masih banyak lagi.

Ancaman bisa berasal dari mana saja, pastikan ketika menggarap peluang bisnis anda siap untuk menghadapai ancaman yang muncul. Ancaman bisa dari kompetitor, dari kelalaian internal bahkan dari kebijakan pemerintah. Coba bayangkan bagaimana penjualan hotel rontok setelah peraturan baru pemerintah Jokowi melarang pegawai negeri melakukan meeting di hotel. Data setiap kemungkinan ancaman dan buatlah skenario penyelamatan jika ini terjadi.

Selamat mencoba tips di atas untuk mengelola peluang bisnis Katering yang Anda idamkan

Berkah Catering 
Catering Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *