Lompat ke konten

Arti Makna dari Setiap Tema dan Dekorasi Pernikahan

Siapa sangka bahwa setiap pernikahan istimewa yang akan kalian gelar semua memiliki makna tersendiri, oleh karena itu jangan pernah salah memilih paket pernikahan Jakarta yang akan kalian pilih. Sebagai contohnya adalah  tema warna dari pernikahan, setiap tema warna dalam pernikahan selalu memiliki arti tersendiri. Kedua calon pengantin biasanya akan memilih tema pernikahan berdasarkan pada warna favorit mereka, namun tidak sedikit pula yang menyesuaikan dengan tren warna pernikahan yang sedang populer.

Dengan pemilihan warna maka akan menentukan pula dekorasi pernikahan, busana pengantin hingga busana keluarga. Tapi tahukah Anda jika warna tersebut terdapat arti atau maksud tersembunyi di belakangnya? Berikut ini adalah arti dari warna yang paling digemari sebagai tema pernikahan:

  • Putih
    Putih memiliki arti kesucian, keagungan, kemurnian dan kesegaran. Warna ini selalu hadir dalam setiap dekorasi resepsi pernikahan. Selain itu, warna ini juga bisa dipadupadankan dengan warna lain termasuk dengan busana pengantin itu sendiri. Bila Anda ingin mengenakan warna putih sebagai tema pernikahan, Anda akan terlihat bersinar.
  • Emas
    Warna emas melambangkan kesan elegan, kemakmuran, kegembiraan dan kemewahan. Tapi jika ingin memilih warna ini sebagai tema pernikahan, jangan sampai Anda salah pilih warna lain, agar tidak terkesan berlebihan.
  • Silver
    Pada dasarnya silver adalah warna dasar abu-abu yang melambangkan kesedihan. Namun kilau perak yang dipancarkan dari warna tersebut melambangkan keseriusan, kestabilan dan juga ada sisi glamor dalam pesta Anda. Tema warna ini cocok untuk Anda yang menginginkan gaya pernikahan yang lebih bersahabat.
  • Merah
    Merah selalu identik dengan pernikahan budaya China. Seperti saat Imlek, warna ini menjadi dominan dalam perayaan tahun baru tersebut. Merah dilambangkan dengan keberuntungan, kekuatan, serta keberanian. Padukanlah warna merah dengan warna lain yang sepadan untuk menghindari kesan berlebihan.
  • Biru
    Tak pelak biru menjadi alternatif tema warna di luar warna-warna yang sering digunakan di pesta pernikahan. Biru identik dengan lambang kedamaian, ketenangan dan kesejukan. Memilih warna ini sebagai tema pernikahan Anda akan memberikan kesan bahwa pesta Anda elegan di mata tamu undangan.
  • Kuning
    Apakah Anda punya rencana untuk menggelar pernikahan di kebun? Jika iya maka jadikan warna kuning sebagai pilihan untuk menggambarkan kecerahan, kegembiraan, dan ketegasan. Warna ini juga bisa memancarkan aura kegembiraan pasangan pengantin di momen bahagia.
  • Ungu
    Ungu identik dengan warna janda. Padahal warna ini punya lambang keajaiban, kekuasaan dan keagungan kaum bangsawan. Agar terlihat megah, pilih warna ungu tua dalam pesta pernikahan Anda.
  • Hitam
    Hitam tak selamanya suram. Warna ini punya lambang kekuatan, ketegasan dan solid. Namun, warna hitam juga dilambangkan sebagai sebuah eleganisme yang sophisticated. Jadikan ini sebagai warna dasar pada pesta pernikahan Anda.

Selain dari tema warna masih ada penyesuaian dari arti dari dekorasi pernikahan bedasarkan Adat dan bunga yang di pilih. Penasaran?? Simak ulasannya berikut ini.

Makna Dekorasi Pernikahan dari Bunga yang Dipilih

Selain memberikan kesan cantik dan indah, ternyata dekorasi bunga pada pernikahan memiliki makna tersendiri. Berikut adalah arti dari jenis-jenis bunga yang biasa digunakan sebagai dekorasi pernikahan.

  • Mawar
    Selain warnanya yang cantik dan beragam, bunga mawar sering dijadikan dekorasi pernikahan karena identik dengan mengungkapkan perasaan cinta dan hasrat.
  • Lili
    Bunga lili sering kita temui pada banyak acara pernikahan. Bunga ini dipilih karena memiliki makna yang baik seperti keagungan dan kejujuran, serta memiliki nuansa yang anggun. Beragam jenis bunga lili bisa dipilih untuk melengkapi momen istimewa Anda. Selain cocok menjadi dekorasi pernikahan baik indoor maupun outdoor, bunga lili putih juga sesuai untuk dijadikan sebagai buket pengantin.
  • Peony
    Memiliki makna cinta, kebahagiaan, dan kemakmuran, dekorasi bunga peony juga melambangkan keabadian pernikahan. Dengan menggunakan bunga peony, dekorasi pernikahan Anda akan terkesan berkelas dan chic. 
  • Krisan
    Berbagai warna bunga krisan bisa menjadi pilihan untuk mendekor acara pernikahan. Umumnya, bunga krisan putih yang menyiratkan makna kejujuran, kesetiaan, serta ketulusan cocok untuk dekorasi pernikahan modern maupun tradisional.
  • Melati
    Sejak dulu bunga melati sering dijadikan dekorasi pernikahan tradisional di Indonesia. Bunga melati memiliki makna kasih sayang, kesucian, keanggunan, dan ketulusan. ​

Makna Dekorasi Pernikahan dari Adat Istiadat yang Dipilih

Setiap adat di Indonesia juga memiliki dekorasi pernikahan yang penuh makna. Beberapa adat yang terkenal dengan dekorasi khasnya adalah sebagai berikut.

Adat Jawa
Pernikahan adat Jawa identik dengan dekorasi Gebyok. Dekorasi berbentuk pintu ini memiliki makna kehidupan baru yang akan dimasuki oleh pengantin. Ukiran yang ada pada Gebyok menggambarkan tujuan hidup, kesejahteraan, keharmonisan, dan kedamaian.

Adat Sunda

Dekorasi adat Sunda lebih didominasi dengan unsur kayu jati dan bambu terutama pada kursi pelaminan. Mirip dengan adat Jawa yang memiliki ukiran, adat Sunda juga memiliki ukiran namun lebih sederhana. Pelaminan adat Sunda juga menggunakan dekorasi bunga melati dan bunga sedap malam yang melambangkan kemurnian dan kesucian.

Adat Batak
Pelaminan adat Batak berbentuk seperti rumah panggung yang disebut “rumah bolon”. Rumah bolon menggambarkan peradaban manusia dan bagian atapnya melambangkan ucapan terima kasih. Tidak lupa juga, pada pernikahan adat Batak terdapat kain ulos dengan motif yang berbeda-beda dengan maknanya masing-masing, salah satunya adalah kain ulos ragi hotang yang diberikan kepada pengantin dengan maksud ikatan lahir batin pengantin dapat teguh.

Adat Minang
Dekorasi yang harus ada pada pernikahan adat Minang adalah pelaminan bagonjong yang merupakan replika rumah gadang, biasanya berwarna emas, merah, dan perak. Ornamen yang ada pada rumah bagonjong adalah tirai pada langit-langit tempat disandingkannya mempelai, kain bersulam emas, dan galuang. Makna simbolik pada pelaminan adat Minang berisikan ajaran tentang bagaimana tugas dan sikap seorang laki-laki dan perempuan yang sudah menikah.

Adat Bugis
Dekorasi pernikahan adat Bugis cenderung lebih cerah, seperti hijau cerah, merah, ataupun kuning. Selain itu warna emas juga biasa dijadikan warna pelaminan adat bugis yang mengesankan kemewahan dan keanggunan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version