Lompat ke konten

10 Hal yang Perlu Dicermati Saat Memilih Catering Harian

Tidak semua orang bisa atau sempat memasak untuk keluarga tercinta. Misalnya karena harus bekerja atau berbagai kondisi lain.  Belum tentu juga, asisten rumah tangga dapat melakukannya.

Namun agar katering rumahan benar-benar bisa jadi solusi untuk kebutuhan keluarga sehari-hari, kita perlu cermat saat memilihnya.

Bagi kamu yang sibuk dengan rutinitas kerja, urusan makan mungkin jadi hal yang enggak terlalu diprioritaskan. Alternatifnya, kamu bakal beli makanan di kantin atau restoran terdekat tiap makan siang. Tapi bagi yang mau serba praktis, mungkin memesan catering harian sebagai bekal makan siang setiap harinya adalah solusinya. Apalagi tren makanan sehat saat ini jadi sesuatu yang gampang ditemukan di media sosial. Untuk itu, jika kamu mau pesan catering harian di Jakarta untuk bekal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  1. Kualitas dan Kesegaran Bahan 
    Tidak hanya menjadikan hidangan jadi lebih enak, bahan-bahan segar dan berkuliatas akan membuat makanan jadi lebih sehat.  Bahan-bahan segar juga bisa bertahan lebih lama. 
    Anda bisa menanyakan bagaimana penyedia katering rantangan memilih, menyiapkan dan mengolah bahan-bahan masakannya. Atau saat mencoba, perhatikan baik-baik masakan yang dikirim. 
  2. Bumbu Sehat
    Selain bahan, perhatikan juga bumbu yang digunakan. Misalnya apakah makanan dari katering tersebut dimasak dengan minyak yang sehat (bukan minyak jelantah). Atau tentang penggunaan MSG. Anda juga boleh lho, menanyakannya. 
  3. Variasi Menu yang Ditawarkan
    Kamu mungkin gak terlalu memikirkan menu makan siangmu hingga akhirnya membeli catering harian sebagai jalan pintasnya. Tapi jangan lupa untuk perhatikan variasi menu yang ditawarkan. Usahakan variasi menu tersebut mengandung gizi yang seimbang. Kehadiran buah-buahan di antara menu karbohidrat, protein nabati atau hewani bakal membuat nutrisi harianmu terpenuhi.
  4. Besar Porsi
    Porsi adalah hal yang tak kalah penting. Biasanya, penyedia katering rantangan memiliki beberapa pilihan porsi. Misalnya porsi untuk 2, 4 atau 5 orang dalam satu kali pengiriman. Coba ukur, apakah porsi tersebut cukup untuk kebutuhan keluarga Anda? 
  5. Cermat dalam Transparansi Menu
    Kamu juga perlu memerlukan transparansi menu catering yang akan kamu santap. Jangan sampai hanya ‘menyerahkan’ sepenuhnya urusan menu kepada penyedia catering di Jakarta , dan lupa meminta transparansi menu. Karena daftar menu harian yang diberikan, bakal berguna bagi kamu untuk memperhitungkan kalori dan sisi kesehatan dari tiap makanan.
  6. Sebaiknya Santap Menu tanpa MSG
    MSG atau monosodium glutamat yang berlebihan jadi hal yang dihindari oleh sebagian orang. Oleh karena itu, gak heran kini banyak catering yang menawarkan menu makanan bebas MSG supaya metabolisme terjaga. Kamu bisa memasukkan catering yang menawarkan menu tanpa penguat rasa sebagai yang bisa kamu pertimbangkan.
  7. Lauk untuk Anak
    Perhatikan juga apakah tersedia pilihan lauk untuk anak atau lauk yang tidak pedas.  Lain halnya bila Anda memesan katering rantangan hanya untuk orang dewasa saja.
    Kadang-kadang ada juga katering yang mau melakukan penyesuaian sedikit terkait kebutuhan anak. Misalnya, memisahkan sambal pada lauk telur belado atau sekaligus mengganti menu tersebut jadi telur dadar yang lebih mudah disukai anak.
  8. Semakin Banyak Pilihan, Semakin Baik
    Mungkin ada kalanya kamu ingin makan makanan yang kalorinya rendah. Atau mungkin ada kalanya kamu ingin menyantap makanan yang menunya bikin merasa segar. Untuk itu, catering yang memberikan banyak pilihan menu bakal menguntungkan kamu.
  9. Rasa ‘Rumahan’
    Soal rasa memang erat kaitannya dengan selera. Ada keluarga yang suka masakan dengan rasa kaya rempah misalnya, ada juga yang tidak. Atau ada keluarga yang suka dengan masakan yang cenderung manis, sementara keluarga lain lebih suka yang agak asin. 
  10. Harga Murah dan termasuk Transport
    Jangan sampai catering harian yang kalian pilih tidak menyertakan term harga dan transportnya secara transparan yaa.. karena kamu pasti akan bingung nantinya.. oleh karena itu pastikan total harga yang ditawarkan sudah termasuk dari biaya transportasinya yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *