Lompat ke konten

Yuk Belajar Mengenal dan Membuat Koloke

Pengertian Koloke
Daging ayam dapat digunakan untuk berbagai macam masakan. Salah satu olahan daging ayam ialah koloke. Koloke adalah kuliner yang menggunakan fillet ayam yang dilumuri tepung lalu digoreng dan disiram kuah asam manis. Koloke ayam mempunyai rasa yang gurih di samping manis dan sedikit  asam. Koloke ayam memiliki tekstur yang sedikit basah dari saus asam manis yang kental. Perpaduan antara saus dan daging ayam menciptakan rasa yang lezat.

Sejarah Koloke
Koloke merupakan salah satu chinese food yang mulai populer di Indonesia. Makanan ini menjadi populer lantaran mampu menawarkan rasa yang sangat lezat. Berbeda dengan kuliner khas Cina lainnya, untuk koloke ini bisa dibuat dari beragam bahan daging. Daging yang digunakannya mulai dari daging ayam, daging ikan kakap, udang, dan masih banyak lagi. sedangkan bagi yang sedang diet, biasanya menggunakan jamur yang dibalut dengan tepung sebagai bahan utama pembuatan kuliner lezat satu ini. Di negara asalnya, makanan ini biasanya disebut sebagai Gou Lao Rou. Sedangkan di Indonesia, masyarakat lebih suka menyebutnya sebagai koloke, keluyuk, atau kuluyuk.

Di daerah asalnya tersebut, koloke lebih sering dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging babi. Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam. Daging ayam tersebut dipotong kecil-kecil, dilumuri tepung, lalu digoreng. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

Cara Membuat Koloke
Bahan-Bahan:
1 kg fillet ayam
500 gram terigu
500 ml minyak goreng
1 buah bawang bombay iris tipis
1 batang wortel, serut
5 sdm saus tomat Del Monte
5 sdm saus sambal Del Monte
1 sdt merica bubuk
Secukupnya garam
secukupnya gula pasir
2 sdm irisan daun bawang prai
1 butir telur
500 ml air

Langkah-Langkah Memasak :
1. Siapkan wadah. Campur tepung dengan air. Aduk rata. Tambahkan gula dan garam. Masukkan telur. Aduk hingga tidak bergelembung.  
2. Celupkan fillet ayam dalam adonan tepung. Goreng hingga matang di atas api kecil. Tiriskan. 
3. Siapkan wajan untuk membuat saus. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan sayur-sayuran. Tumis hingga layu. 
4. Masukkan saus. Tambahkan air. Beri gula, garam, dan lada. Setelah mendidih masukkan ayam goreng. Masak hingga mengental. Angkat. Sajikan.

Menu koloke merupakan salah satu menu olahan masakan dari berkah catering yang bisa kalian coba dan pilih sebagai menu olahan ayam kalian. Berkah Catering merupakan salah satu vendor catering surabaya yang sedang fenomenal saat ini, dan selalu berusaha untuk mencoba menu menu baru agar tidak monoton di setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *